Strategi Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa SMK Kelas 10 Jurusan Pemasaran Melalui Pendekatan Bimbingan Kelompok

Authors

  • Bintang Arif Permana Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjp.v2i2.3788

Keywords:

Kepercayaan Diri, Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling Partisipan

Abstract

Kepercayaan diri merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan belajar siswa, terutama bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Pemasaran yang membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan rasa percaya diri mereka, yang berdampak pada keterampilan sosial dan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling partisipan dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas 10 jurusan Pemasaran di SMK Negeri 1 Purwojati. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui bimbingan kelompok, siswa mengalami peningkatan signifikan dalam keberanian berbicara, partisipasi aktif dalam diskusi, dan interaksi sosial. Faktor utama yang mempengaruhi peningkatan kepercayaan diri adalah dukungan sosial dari teman sebaya, pengalaman positif dalam berbicara di depan umum, serta peran fasilitator dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung. Namun, beberapa siswa masih menghadapi tantangan dalam mengatasi kecemasan saat berbicara di depan kelompok besar. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan berkelanjutan dan lebih variatif dalam bimbingan kelompok untuk membantu siswa mengatasi hambatan tersebut.

 

References

Darmayanti, N. (2024). Peran Konseling Kelompok untuk Pengembangan Diri Siswa: Studi Literatur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 607-618.

Fatoni, R. R. N. (2024). Pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar siswa di MTS Negeri 1 Pamekasan (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Madura).

Indawasih, N., Retnaningdyastuti, M. T. S., & Setiawan, A. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik Terhadap Efikasi Diri Siswa. JANACITTA, 2(1).

Insani, H. (2025). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa pada Anak Usia Dini Pemalu Melalui Pendekatan Teori Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) Vygotsky. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 14-14.

Januaripin, M. (2024). Kepercayaan Diri Sebagai Prediktor Prestasi Akademik Siswa. KAMALIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 114-128.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.

Mardiah, A. (2023). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying Melalui Konseling Individual Rational Emotif Behaviour Therapy Teknik Home Work Assigment Pada Siswa Kelas Vii a Smp Negeri 1 Amuntai Selatan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(1), 184-204.

Monika, I., Suhaemi, K., & Kosasih, I. (2025). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa MTS Negeri 1 Kota Serang. Indonesian Journal of Educational Counseling, 9(1), 103-114.

Mulyoto, G. P., & Fitriah, N. (2019). Bimbingan kelompok teknik modeling untuk meningkatkan percaya diri pada anak usia dini. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 43-52.

Nadila, E., Mahmudi, I., & Maria, R. Y. (2024, July). Peningkatan Self Esteem melalui Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Discussion pada Siswa Kelas VIII D SMPN 2 Madiun. In SEminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) (Vol. 3, No. 3, pp. 331-338)

Ningrum, D. U. (2024). Analisis Zone of Proximal Development (ZPD) kemampuan kognitif dan kemampuan afektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTsN 1 Bojonegoro (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Pawijiya, S. (2025). Langkah Kecil, Perubahan Besar: Pengaruh Bimbingan Konseling dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial pada Anak Introvert. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 3(2), 237-247.

Rahayu, F. (2019). Efektivitas self efficacy dalam mengoptimalkan kecerdasan dan prestasi belajar peserta didik. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 2(2), 119-129.

Sakina, U. P., Gunawan, G., & Irsal, I. L. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Scaffolding Pada Zone Of Proximal Development (ZPD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MIN 03 Kepahiang (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Seprianto, S., Ristianti, D. H., & Fadila, F. (2024). Implementasi Layanan Bimbingan Konseling dalam Mewujudkan Kesejahteraan Psikologis Siswa di SMPIT An-Nida’Lubuklinggau (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Setiawati, D., Sukma, F. F., Murtadlo, W. N., & Firmansyah, A. H. (2024). Efikasi Diri Layanan Dasar Bimbingan Kelompok Dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Di Smp Negeri 10 Surabaya. Jurnal Psikologi Revolusioner, 8(5).

Setiawati, D., Sukma, F. F., Murtadlo, W. N., & Firmansyah, A. H. (2024). Efikasi Diri Layanan Dasar Bimbingan Kelompok Dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Di Smp Negeri 10 Surabaya. Jurnal Psikologi Revolusioner, 8(5).

Silvia, T., Yandri, H., & Juliawati, D. (2022). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Berbicara di Depan Kelas Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 9-15.

Siregar, S. D., Harahap, S. R., Amalia, Y., Nazirah, R., Sa’diah, H., Alfani, N., ... & Syofyan, H. (2024). Pendampingan Bimbingan Konseling Islam Dalam Membangun Karakter Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 4(5).

Susilowati, P. S., Rakhmawati, D., & Hartini, T. (2022). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 250-257.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Downloads

Published

2025-03-13

How to Cite

Permana, B. (2025). Strategi Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa SMK Kelas 10 Jurusan Pemasaran Melalui Pendekatan Bimbingan Kelompok. Jurnal Psikologi, 2(2), 13. https://doi.org/10.47134/pjp.v2i2.3788

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.