Tingkat Self Efficacy Pada Mahasiswa Yang Melakukan Pementasan Di Lingkup UKM Seni Perguruan Tinggi Di Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjp.v2i1.3238Keywords:
Mahasiswa, Self Efficacy, SeniAbstract
Mahasiswa yang sadar untuk mengembangkan potensi dirinya dalam pendidikan tinggi untuk menjadi pemikir. ilmuwan anggota UKM menghindar dan merasa tidak mampu untuk mengambil langkah sebagai pemain, beberapa dari mereka mengatakan takut tidak bisa mengingat gerakan tari, untuk penyanyi khawatir tidak bisa menyesuaikan dengan nada dan lupa lirik pada musik, dan untuk yang berpuisi takut tidak bisa membawakan emosi yang sesuai penelitian kuantitatif dan desain deskriptif. Penelitian ini untuk mengetahui berada dimana tingkat self efficacy mahasiswa yang melakukan pementasan di lingkup UKM Seni perguruan tinggi.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang tergabung didalam UKM Seni Perguruan tinggi tingkat Univeritas di Banjarmasin yang berjumlah 112 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah pengambilan sampel jenuh dengan pengambilan sampel nonprobabilitas. responden yang kurang dari 70 tegrolong rendah. Responden yang termasuk dalam kategori menengah adalah mereka yang skor. Hal ini mewakili 18 atau 18,2% dari semua responden. 80 atau 80,8% responden termasuk dalam kategori efikasi diri tinggi, dengan skor diri 110 atau lebih tinggi. Studi ini menggunakan total 99 respons dengan sebanyak 80 subjek yang memiliki self efficacy pada tingkat tinggi. Hasil ini menunjukkan sebanyak 99 subjek dengan persentase 80,8% mahasiswa yang berpartisipasi dengan jumlah 80 subjek memiliki tingkat self efficacy pada kategori tinggi. Dalam penelitian yang dilakukan juga peneliti memberikan kategori yaitu jenis kelamin, jenis seni yang dimainkan, serta lamanya bergabung dalam komunitas. Hasil yang dilakukan pada kategori jenis kelamin, laki-laki memiliki skor tertinggi, jenis seni yang dimainkan, serta lamanya bergabung
References
Azwar, S. (2019). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bandura, A. 1997. Self Efficacy The Exercise of Control (Fifth Printing, 2002). New York: W.H. Freeman & Company
Baron, A. Robert & Byrne, Don. (2003). Psikologi Social Jilid I. Jakarta. Erlangga.
Fitteria, Kadir & Aris Badara, 2019, Pengaruh Gerakan Seniman Masuk Sekolah Terhadap Selfefficacy, Motivasi Berprestasi, Dan Hasil Belajar Seni Budaya Siswa, Jurnal Pembelajaran dan Seni, Jurnal Pembelajaran Seni & Budaya Vol. 4 No. 1, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara.
Hartaji, Damar A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.
Hsia, Lu-Ho, Iwen Huang & Gwo-Jen Hwang, 2015, A Web-Bassed Peer-Assessment Approach To Improving Junior High School Student Performance, Self Efficacy And Motivation In Performing Arts Courses, British Journal Of Educational Technology, Taiwan. DOI: https://doi.org/10.1111/bjet.12248
Saragih, J. H., & Valentina, T. D. (2015). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi akademik pada mahasiswa aktivis organisasi kemahasiswaan di lingkungan universitas udayana. Jurnal Psikologi Udayana, Vol. 2, No. 1. Universitas Udayana, Bali. DOI: https://doi.org/10.24843/JPU.2015.v02.i02.p13
Bistolen, J., & Setianingrum, M. E. (2020). Hubungan antara self efficacy dengan subjective well being pada mahasiswa baru di Etnis Timur (IKMASTI) di Salatiga. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/284 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.284
Darsana, I. M., & Koerniawaty, F. T. (2023). Peran Pembelajaran Kewirausahaan dalam Memoderasi Pengaruh Self-Efficacy terhadap Intensi Wirausaha Mahasiswa Bidang Pariwisata di Denpasar Bali. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/11657
Fajar, P., & Aviani, Y. I. (2022). Hubungan Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2912
Harahap, J. Y., Hayati, R., & Yarshal, D. (2021). Pengaruh Self Efficacy dalam Belajar pada Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Diskusi Kelompok. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2249
Husna, A. N., & Zainuddin, K. (2023). Hubungan Antara Self-Efficacy dan Kecemasan Dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Universitas Negeri Makassar. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora.
Manesi, D. (2022). Meningkatkan Efikasi Diri (Self Efficacy) Pada Kadet Mahasiswa Pendidikan Paramiliter. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/2767 DOI: https://doi.org/10.36312/jime.v8i1.2767
Maulidya, N. N., & Patrikha, F. D. (2022). Pengaruh mata kuliah kewirausahaan dan family environment terhadap interest entrepreneurship melalui self-efficacy pada mahasiswa feb universitas negeri …. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4680
Putri, D. E., & Alwi, M. A. (2023). Pengaruh Academic Self-Efficacy Terhadap Student Engagement Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Madani: Jurnal Ilmiah …. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/1136
Putri, M. G., & Primanita, R. Y. (2023). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Pengambilan Keputusan Karir pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6194
Safitri, S., Usdeldi, U., & Ridho, M. T. (2024). Pengaruh Pengetahuan, Motivasi Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/14257
Sidik, R., & Gandi, M. Y. (2021). Pengaruh Self-Concept Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Dimoderasi oleh Self-Efficacy. Jurnal Pendidikan Indonesia. https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/226 DOI: https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.226
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hans Bunyamin Yassin, Fikrie, Ceria Hermina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.