Efektivitas Konseling Individu dalam menurunkan Burnout Akademik pada Mahasiswa

Authors

  • Muhammad Jamaluddin Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia
  • Anggita Candrani Dewi Kartika Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia
  • Rofi Naufal Suryawan Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.3078

Keywords:

Konseling Individu, Manajemen Diri, Kejenuhan, Mahasiswa

Abstract

Burnout adalah kondisi kelelahan emosional, depersonalisasi, dan berkurangnya rasa pencapaian diri yang diakibatkan oleh tekanan akademik yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling individu dengan menggunakan teknik self-management dalam menurunkan burnout akademik pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Pengambilan data menggunakan skala burnout akademik. Hasil menunjukkan terdapat 2 mahasiswa yang masuk dalam kategori tinggi. Setelah diberikan intervensi berupa konseling individu dengan menggunakan teknik self-management kepada 2 mahasiswa terjadi penurunan hasil dari sebelum diberikan intervensi. Hal ini menunjukkan hasil burnout akademik setelah diberikan intervensi menurun dari sebelum diberikan intervensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling individu dengan menggunakan teknik self-management efektif dalam menurunkan burnout akademik pada mahasiswa.

References

Abdillah, F., & Fitriana, S. (2021). Penerapan Konseling Cognitive Behaviour dengan Teknik Self Management untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2(1), 11-24.

Abdillah, M. (2021). Manajemen diri dalam konteks akademik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 78-89.

Adityaputra, A. A., & Simanjuntak, E. (2023). Academic Burnout dan Self-Regulated Learning pada Mahasiswa yang Bekerja di Masa Pandemi Covid-19. EXPERIENTIA: Jurnal Psikologi Indonesia, 11(2), 218-231.

Beck, J. S. (2011). Cognitive behavior therapy: Basics and beyond. Guilford Press.

Burnout Akademik Siswa dalam Pembelajaran di Era New Normal. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 1-10.

Corey, G. (2013). Theory and practice of counseling and psychotherapy. Cengage Learning.

Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 7(1), 67-78.

Farkhah, S. B., Hasanah, M., & Amelasasih, P. (2022). Pengaruh Academic Burnout Terhadap Prokrastinasi Akademik Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa. Conseils: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(1), 47-54.

Hasbillah, M. S. R., & Rahmasari, D. (2022). Burnout akademik pada mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(6), 122-132.

Hasbillah, R. (2022). Pengaruh pelatihan self-management terhadap burnout akademik pada mahasiswa semester akhir. Jurnal Psikologi Terapan, 14(3), 245-259.

LESTARI, F. A., NAWANTARA, R. D., & SETYAWATI, S. P. (2021). Teknik

Mahasiswa. Jurnal Ilkes (Jurnal Ilmu Kesehatan), 13(1), 48-62.

Marchella, F., Matulessy, A., & Pratitis,

N. (2023). Academic burnout pada mahasiswa tingkat akhir: Bagaimana peranan prokrastinasi akademik dan academic burnout?. INNER: Journal of Psychological Research, 3(1), 28-37.

Orpina, S., & Prahara, S. A. (2019). Self-efficacy dan burnout akademik pada mahasiswa yang bekerja. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 119-130.

Prabowo, A. A., Wardani, D. K., & Primastiwi, A. (2023). Pengaruh Efikasi Diri dan Perfeksionisme terhadap Prokrastinasi Akademik dengan Akademik Burnout sebagai Variabel Intervening yang Dilakukan oleh Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta di Masa Perkuliahan Daring. JPEKA: Jurnal Pendidikan

Purwanti, N., & Fitriasari, A. (2022). Efektifitas Self Management Terhadap Stres Dalam Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid–19 Pada

Rahmawati, A., & Firman, F. (2024). Hubungan Self-Management dengan

Schwartzhoffer, R. V. (2011). Psychology of burnout:Predictors and coping mechanisms. In Psychology of Burnout: Predictors and Coping Mechanisms

Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 1, 157-165.

Wasito, A. A., & Yoenanto, N. H. (2021). Pengaruh Academic Self Efficacy Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 112-119.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Jamaluddin, M., Kartika, A. C. D., & Suryawan, R. N. (2024). Efektivitas Konseling Individu dalam menurunkan Burnout Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 1(4), 8. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.3078

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.