Desain Pembelajaran Open-STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

Authors

  • Khoirotun Nida’ Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Rahmania Sri Untari Untari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2976

Keywords:

Hasil Belajar, Open-STAD, SMK

Abstract

Sebagian besar siswa tidak dapat menghubungkan antara apa yang telah dipelajari dan cara mengaplikasikan informasi tersebut dalam situasi nyata. Mereka mampu mengingat informasi dengan baik, namun kurang memahami secara mendalam mata pelajaran yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan Desain Pembelajaran Open-STAD (Student Teams Achievement Division). Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi-eksperimen, desain eksperimen One Group Pretest-Posttest satu kelas diberi perlakuan sebelum dan sesudah melakukan pretest-posttest, sehingga dapat dibandingkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan dengan Desain Pembelajaran Open-STAD. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ (Teknik Komunikasi Jaringan) SMK yang berjumlah 14 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Desain Pembelajaran Open-STAD terhadap hasil belajar siswa SMK memiliki pengaruh yang signifikan dengan presentase ketuntasan nilai pre-test mendapatkan hasil sebesar 39%, sedangkan presentase ketuntasan nilai post-test mendapatkan hasil sebesar 75%. Hal tersebut juga dinyatakan berdasarkan nilai rata-rata pretest < posttest dan nilai signifikansi yang didapatkan 0,000 < 0,05. Direkomendasikan pada penelitian selanjutnya adalah menggunakan kelas pembanding untuk melihat seberapa efektif dari desain  pembelajaran Open-STAD.

References

Anita Lie. (2002). Cooperative Learning. Grasindo.

Atar, T. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TRANSMISI TENAGA LISTRIK KELAS XI Di SMK N 2 BANDA ACEH.

Ayusya, A., Body, R., Studi, P., Teknik, P., Jurusan, B., Sipil, T., Teknik, F., Padang, U. N., & Belajar, H. (2021). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA. 2(2).

Budiarti, A. A., & Fikrati, A. N. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS XI PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA JOMBANG AGUSTUS 2020.

Campbell, D. T., & Stanley, J. C. (1963). Experimental and Quasi-Experimental Designs for Research.

Ching, Y. H., Yang, D., Wang, S., Baek, Y., Swanson, S., & ... (2019). Elementary school student development of STEM attitudes and perceived learning in a STEM integrated robotics curriculum. TechTrends. https://doi.org/10.1007/s11528-019-00388-0

Creswell, J. W. (1994). Research design : qualitative and quantitative approaches. Sage Publications.

Doorman, M., Bos, R., de Haan, D., Jonker, V., Mol, A., & ... (2019). Making and implementing a mathematics day challenge as a makerspace for teams of students. International Journal of …. https://doi.org/10.1007/s10763-019-09995-y

Ebe, R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 2 BAUBAU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. JURNAL AKADEMIK FKIP UNIDAYAN, 124, 21–31.

Elpisah, E., & Bin-Tahir, S. Z. (2019). Student team achievement division (STAD) model in increasing economic learning outcomes. International Journal of Scientific & …. https://www.researchgate.net/profile/Saidna-Bin-

Tahir/publication/336927764_Student_Team_Achievement_Division_STAD_Model_in_Increasing_Economic_Learning_Outcomes/links/5dbb614fa6fdcc2128f5dbd2/Student-Team-Achievement-Division-STAD-Model-in-Increasing-Economic-Learning-Outcomes.pdf

Fatdha, S. E., & Alamsyah, M. (2020). Penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dalam media pembelajaran multimedia kreatif. Jurnal Teknologi Dan Open Source. https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JTOS/article/view/807/656

Febriyanti, C., & Seruni, S. (2015). Peran Minat dan Interaksi Siswa dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 245–254. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161

Ginanjar, A., Mubarok, M. Z., & ... (2021). College students’ motivation after teaching using sport education season. International Journal of …. https://www.researchgate.net/profile/Nelson-Foster/publication/354330777_Teaching_Using_Sport_Education_Season/links/6131d52338818c2eaf7ae19e/Teaching-Using-Sport-Education-Season.pdf

Hariyanto, M., Mukhadis, A., & Isnandar. (2020). Pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan interaksi dalam proses dan hasil belajar mengefrais roda gigi lurus pada siswa SMK. Teknologi Dan Kejuruan, 35(1), 37–46.

Hosseini, S. M. H. (2019). Cognitive socio-political language learning theory, multiple input-output hypothesis and competitive team-based learning. Theory and Practice in Language Studies. https://www.academypublication.com/issues2/tpls/vol09/04/08.pdf

Karmila, S., & Efrizon. (2022). Pengaruh Pembelajaran Students Teams Achievement Division(STAD) terhadap Hasil Belajar Penerapan Rangkaian Elektronika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 2181–2189.

Komang, N., Novianti, A., Desak, N., Sri, M., & Masdarini, L. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ( STAD ) STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JASA BOGA PADA MATA AJAR SINGARAJA. 10, 64–73.

Kurni, M., & Saritha, K. (2021). Applying collaborative learning for enhancing the teaching-learning process in online learning through social media. International Journal of Emerging …. https://www.researchgate.net/profile/Nguyen-Giang-18/publication/354075854_Evaluating_Feasibility_and_Effectiveness_of_Digital_Game-Based_Instructional_Technology/links/6125ddc50c2bfa282a6b5e95/Evaluating-Feasibility-and-Effectiveness-of-Digital-Game-Based-Instructional-Technology.pdf#page=251

Liyanage, D., Lo, S. M., & Hunnicutt, S. S. (2021). Student discourse networks and instructor facilitation in process oriented guided inquiry physical chemistry classes. Chemistry Education Research and …. https://pubs.rsc.org/en/content/articlehtml/2021/rp/d0rp00031k

Manwell, A. K., Johnson, J. E., & ... (2021). International Hispanic intercollegiate student-athletes in NCAA Division I: A qualitative exploration of culture in the student-athlete experience. Journal of Issues in …. https://scholarcommons.sc.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1351&context=jiia

Munawar, H. (2019). The application of STAD-Cooperative Learning Model: Efforts to increase motivation and Learning Outcomes of students in Class 5 SD N 07 Ledok Salatiga in …. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam. https://pdfs.semanticscholar.org/3ff0/c91e7b2c38dad6db402525adef7bb3668349.pdf

Murtiyasa, B., & Hapsari, S. N. (2020). The effect of TAI and STAD strategy towards learning outcomes reviewed from mathematical communication skill. Universal Journal of …. https://pdfs.semanticscholar.org/6966/20a513c249ee238e42bda091530da5751190.pdf

Murtiyasa, B., & Karomah, I. I. Al. (2020). The impact of learning strategy of problem solving and discovery towards learning outcomes reviewed from students learning motivation. Universal Journal of Educational …. https://www.academia.edu/download/64806694/UJER36_19516658.pdf

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. 1989, 9–16.

Nugroho, U., & Edi, S. S. (2019). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe stad berorientasi keterampilan proses. 5, 108–112.

Nwaukwa, F. C., & Okolocha, C. C. (2020). Effect of think-pair-share instructional strategy on students’ academic achievement and self-efficacy in financial accounting in Abia State. International Journal of Recent …. https://www.academia.edu/download/62194319/Faith_Faith_Efficacy20200225-79750-1nps0ke.pdf

Reni, S. A., Praherdiono, H., & Soepriyanto, Y. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI DESAIN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD SECARA. 4(3), 270–279. https://doi.org/10.17977/um038v4i32021p270

Rompegading, A. B., Safitri, M., & Irfandi, R. (2021). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4, 205–211. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2245

Rooney, S. I., & Scott, R. A. (2021). Promoting effective student teamwork through deliberate instruction, documentation, accountability, and assessment. Biomedical Engineering Education. https://doi.org/10.1007/s43683-020-00038-5

Sumartini, A., Tsani, A., Agustin, S., Khaq, M. D., Matematika, P., Keguruan, F., & Pekalongan, U. (2020). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK DIPONEGORO KARANGANYAR. 127–132.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

Suwondo, A. (2023). Apakah Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivements Division ( STAD ) Masih Mampu Meningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas ? 7(1), 45–50.

Syaiful Sagala. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran : untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar (cet. 13). Bandung,Alfabeta.

Torrents, C., Balagué, N., Hristovski, R., Almarcha, M., & ... (2021). Metastable coordination dynamics of collaborative creativity in educational settings. Sustainability. https://www.mdpi.com/2071-1050/13/5/2696

Untari, R. S., Su, F., & Liansari, V. (2020). OPEN PROJECT BASED LEARNING ( OPjBL ) PADA ANIMASI DASAR 2D MENGGUNAKAN PENDEKATAN POLYA. 9, 281–291.

Yendrita, & Soprina, N. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI. 8(1), 156–163.

Yuliani, N. (2019). Classroom Action Research. Classroom Action Research Journal. https://core.ac.uk/download/pdf/297818611.pdf

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

Nida’, K., & Untari, R. S. U. (2024). Desain Pembelajaran Open-STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Jurnal Psikologi, 1(4), 13. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2976

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.