Pengaruh Covid-19 pada Kesehatan Mental Peserta Didik Remaja dengan Kecenderungan Depresi: Sebuah Sistematik Review

Authors

  • Putri Angelia Universitas Negeri Jakarta
  • Raihan Ihsannudin Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2765

Keywords:

Kesehatan mental, Covid-19, Adolescent, Depression

Abstract

Kesejahteraan mental peserta didik adalah hal yang penting untuk dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pandemi Covid-19 terhadap kondisi kesehatan mental, khususnya depresi, di kalangan peserta didik. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur sistematis, di mana semua artikel yang ditemukan disaring berdasarkan kriteria inklusi, eksklusi, dan evaluasi kualitas. Data yang digunakan berasal dari basis data publikasi seperti PubMed, PNRI, ScienceDirect, dan Google Scholar, menggunakan beberapa kata kunci yaitu kesehatan mental, pandemi Covid-19, depresi, dan remaja. Berdasarkan tinjauan, dapat disimpulkan bahwasanya pandemi Covid-19 berdampak signifikan pada tingkat depresi peserta didik. Depresi juga dapat disebabkan oleh perubahan pola hidup seperti social distancing, pembelajaran daring, penutupan sekolah, dan lockdown di kalangan peserta didik. Penelitian ini memiliki implikasi yang penting dengan menyediakan landasan awal bagi peneliti yang tertarik pada masalah kesehatan mental landasan untuk penelitian lanjutan.

References

Ahmad,N.S.,2011.Pendidikandanmasyarakat.Yogyakarta:SabdaMediaDepartemenPendidikanNasional.

Andriani, J. A., Y. A. Romadhon, E. Herawati. (2021). Pengaruh bentuk keluargadan tingkat pendidikan orang tua terhadap tingkat depresi remaja di erapandemicovid-19.

Assidiqi,H.,2015.Membentukkarakterpesertadidikmelaluimodelpembelajaransearch,solve,createandshare.Banjarmasin:STKIPPGRIBanjarmasin.

Chen, Xu et al. (2021). Depression, anxiety and associated factors among chineseadolescents during the covid-19 outbreak: A comparison of two cross-sectional studies. Translational Psychiatry11(1).http://dx.doi.org/10.1038/s41398-021-01271-4.

Ellis, Wendy E., Tara M. Dumas, and Lindsey M. Forbes. (2020). Physicallyisolatedbutsociallyconnected:Psychologicaladjustmentandstressamongadolescentsduringtheinitialcovid-19crisis.Canadianjournalofbehaviouralscience 52(3): 177–87.

Febrianti, Dwinara, Neli Husniawati. (2021). Hubungan tingkat depresi dan faktorresikoidebunuhdiripadaremajasmpn.Jurnalilmiahkesehatan13(1):85–94.

Chen, Xu et al. (2021). Depression, anxiety and associated factors among chineseadolescents during the covid-19 outbreak: A comparison of two cross-sectional studies. Translational Psychiatry11(1).http://dx.doi.org/10.1038/s41398-021-01271-4. DOI: https://doi.org/10.1038/s41398-021-01271-4

Chafouleas,S.M.,&Marcy,H.M.(2020).RespondingtoCOVID‐19:Planningfortrauma‐informedassessmentinschools.

Corey, G. (2009). Teori dan praktek konseling dan psikoterapi. Bandung: PTRefikaAditama.

Ellis, Wendy E., Tara M. Dumas, and Lindsey M. Forbes. (2020). Physicallyisolatedbutsociallyconnected:Psychologicaladjustmentandstressamongadolescentsduringtheinitialcovid-19crisis.Canadianjournalofbehaviouralscience 52(3): 177–87.

Febrianti, Dwinara, Neli Husniawati. (2021). Hubungan tingkat depresi dan faktorresikoidebunuhdiripadaremajasmpn.Jurnalilmiahkesehatan13(1):85–94. DOI: https://doi.org/10.37012/jik.v13i1.422

Hartini, N., & Ariana, A. D. (2016).Psikologi konseling: Perkembangan danpenerapankonselingdalampsikologi.AirlanggaUniversityPress.

Hasanah,Uswatun,NuriLuthfiatilFitri,SupardiSupardi,danLivanaP.H.(2020).Depression among college students due to the covid-19 pandemic. Jurnalkeperawatanjiwa8(4): 421. DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.8.4.2020.421-424

Hendrik,H.,&Elmansyah,T.(2018).Meningkatkanketerampilaninterpersonal melalui konseling teman sebaya Sekolah Menengah AtasNegeri1Segedong.JBKI(JurnalBimbinganKonselingIndonesia),3(1),22–26. DOI: https://doi.org/10.26737/jbki.v3i1.531

Hidayatullah,F.,2010.Pendidikankarakter:Membangunperadabanbangsa.

Purwakarta:YumaPustaka.

Hinton, Rachael. (2019). Adolescent mental health: Time for action. WHO (8): 5.https://www.who.int/pmnch/knowledge/publications/AMH.pdf?ua=1.

Hurlock, E. B. (2005). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjangrentangkehidupan.Jakarta:Erlangga.

Indriyati, F. N. (2018). Pelaksanaan konseling sebaya (peer counseling) untukmembantupenerimaandiripadapenderitalupusdiYayasanTittariSurakarta.InstitutAgamaIslamNegeriSurakarta.

Khan, Y., 2010. Pendidikan karakter berbasis potensi diri. Yogyakarta: PelangiPublising.

Kristiawan, M., 2015. Telaah revolusi mental dan pendidikan karakter dalampembentukan sumber daya manusia Indonesia yang pandai dan berakhlakmulia.Bengkulu: ResearchGate. DOI: https://doi.org/10.31958/jt.v18i1.274

Kurniasih, N., Kuswarno, E., Yanto, A., & Sugiana, D. (2020). Media literacy toovercome cyberbullying: Case study in an elementary school in BandungIndonesia.Libraryphilosophyand practice,2020(February).

Kurniawan,M.I.,2015.Mendidikuntukmembentukkaraktersiswasekolahdasar:Studi analisis tugas guru dalam mendidik siswa berkarakter pribadi yangbaik.s.l.:JournalPendagogia ISSN. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.14

Levitt, J. M., Saka, N., Hunter Romanelli, L., & Hoagwood, K. (2007). Earlyidentificationofmentalhealthproblemsinschools:Thestatusofinstrumentation.Journalofschoolpsychology,45(2),163–191.https://doi.org/10.1016/j.jsp.2006.11.005 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jsp.2006.11.005

Lian, Q., Yu, C., Tu, X., Deng, M., Wang, T., Su, Q., & Zuo, X. (2021). Graderepetitionandbullyingvictimizationinadolescents:AglobalcrosssectionalstudyoftheProgramforInternationalStudentAssessment(PISA)datafrom

PLoSMedicine,18(11),1–17.https://doi.org/10.1371/journal.pmed

.1003846

Lindeman, A. K., & Clancy, K. L. (1990). Assessment of breakfast habits andsocial/Emotionalbehaviorofelementaryschoolchildren.JournalofNutritionEducation,22(5),226–231.https://doi.org/10.1016/S0022- DOI: https://doi.org/10.1016/S0022-3182(12)80723-0

(12)80723-0

Lindsey,M.,Brandt,N.,Becker,K.,Lee,B.,Barth,R.,Deleiden,E.,&Chorpita,

B.(2009).Identifyingthecommonelementsoftreatmentengagementinterventionsinchildren’smentalhealthservices.Journalofconsultingandclinicalpsychology,77(3),566–579.https://doi.org/10.1037/a0014565 DOI: https://doi.org/10.1037/a0014565

Magson, Natasha R. et al. (2021). Risk and protective factors for prospectivechangesinadolescentmentalhealthduringthecovid-19pandemic.Journalof youth and adolescence 50(1): 44–57. http://dx.doi.org/10.1007/s10964-020-01332-9. DOI: https://doi.org/10.1007/s10964-020-01332-9

Oosterhoff, Benjamin et al. (2020). Adolescents’ motivations to engage in socialdistancing during the covid-19 pandemic: Associations with mental andsocialhealth. Adolescent health 290 (January): 19–21. DOI: https://doi.org/10.31234/osf.io/jd2kq

Pradana,A.Y.,Suntoro,I.&Yanzi,H.,2014.PembentukanmoralsiswadiMTs.saraudlatulhudaal-islamysidomulyotahun 2013/2014.Sidomulyo:s.n.

Suhariati, Hindyah Ike. (2021). Hubungan peran keluarga dengan depresi remajabelajardaring selama pandemi covid-19. 19(1): 6. DOI: https://doi.org/10.35874/jkp.v19i1.841

Suranata, Kadek. (2013). Pengembangan model tutor bimbingan konseling sebaya(peercounseling)untukmengatasimasalahmahasiswafakultasilmupendidikan undiksha. Jurnal pendidikan indonesia, Vol. 2, No. 2, Oktober2013. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2170

Undang-UndangNomor20Tahun2003,TentangSistemPendidikanNasional.

Jakarta:Depdiknas.

Widiastuti, H., n.d. Peran guru dalam membentuk siswa berkarakter. Surakarta:UMS.

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Angelia, P., & Ihsannudin, R. (2024). Pengaruh Covid-19 pada Kesehatan Mental Peserta Didik Remaja dengan Kecenderungan Depresi: Sebuah Sistematik Review. Jurnal Psikologi, 1(4), 12. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2765

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.