Teori Pengambilan Keputusan: Implikasi Teori Pengambilan Keputusan dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.47134/par.v2i2.3501Keywords:
Pengambilan Keputusan dalam Pendidikan, Teori Pengambilan Keputusan, PendidikanAbstract
Penerapan teori pengambilan keputusan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas proses pendidikan. Dengan memahami dan menerapkan teori ini, pendidik dapat meningkatkan efektivitas pendidikan, keterlibatan siswa, dan kualitas manajemen pendidikan. Di sisi lain, penguasaan teori ini juga akan membantu para pendidik dan pengambil kebijakan mengatasi tantangan kontemporer seperti perubahan teknologi dan kebutuhan masyarakat. Pendekatan yang sistematis dan kolaboratif membantu kita membuat keputusan yang lebih baik dan berkelanjutan. Mengingat tantangan-tantangan ini, penting bagi para pendidik untuk lebih mengembangkan pemahaman mereka tentang teori keputusan dan menerapkannya dalam praktik sehari-hari. Dengan cara ini, kami tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan, namun juga mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global di masa depan. Dalam konteks ini, pendidikan tidak hanya sekedar alat untuk memperoleh ilmu pengetahuan, tetapi juga sarana pembentukan kepribadian dan sikap peserta didik terhadap dunia yang selalu berubah.
References
Bhatia, A., & Kumar, V. (2020). Decision-Making in Education: A Systematic Review. Education and Information Technologies, 25(5), 3943-3964.
Kahneman, D., & Klein, G. (2009). Conditions for intuitive expertise. American Psychologist.
Kauffman, D., & Dempsey, M. (2021). Data-Driven Decision Making in Education: Implications for Practice. Journal of Educational Administration, 59(3), 293-310.
Lee, J., & Choi, H. (2022). The Role of Decision-Making Theories in Educational Leadership. Educational Management Administration & Leadership, 50(4), 635-651.
Phelps, R., & Wiggins, R. (2020). Enhancing Student Engagement Through Decision-Making Strategies. International Journal of Educational Management, 34(6), 1203-1215.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational Behavior. Pearson Education.
Sadler-Smith, E. (2008). Inside Intuition: Understanding How Intuition Works in Decision- Making. Routledge.
Simon, H. A. (1972). Theories of Bounded Rationality. In C. B. McGuire & R. Radner (Eds.), Decision and Organization. Amsterdam: North-Holland.
Smith, L., & Jones, T. (2021). Challenges and Opportunities in Educational Decision- Making. Journal of Policy and Practice in Education, 2(1), 25-44.
UNESCO (2021). Futures of Education: Learning to Become. Paris: UNESCO.
Von Neumann, J., & Morgenstern, O. (1944). Theory of Games and Economic Behavior. Princeton University Press.
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications. Sage.
Zhang, Y., & Hu, L. (2023). The Impact of Technology on Educational Decision-Making: A March, J. G., & Simon, H. A. (1993). Organizations (2nd ed.). Wiley.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adella Alma Sari, Adinda Ekita Wahyu Kirana, Risma Amelia Jean Susilowati, Rusdi Hidayat, Indah Respati Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.