Analisis Pengaruh Dompet Digital, Viral Marketing dan Persepsi Keamanan terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Perilaku Konsumen Online Shop)
DOI:
https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i2.2409Keywords:
Dompet Digital, Viral Marketing, Persepsi Keamanan, Keputusan PembelianAbstract
Analisis Pengaruh Dompet Digital, Viral Marketing dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Perilaku Konsumen Online Shop) ialah artikel ilmiah studi pustaka dalam ruang lingkup bidang Ilmu Manajemen Pemasaran. Tujuan artikel ini ialah untuk membangun hipotesis pengaruh antar variabel yang akan digunakan pada riset selanjutnya. Objek riset pada pustaka online, Google Scholar, Mendeley dan media online akademik lainnya. Metode riset dengan library risearch bersumber dari e-book dan open access e-journal. Analisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil artikel ini: 1) Dompet digital berpengaruh terhadap keputusan pembelian; 2) Viral marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian; dan 3) Persepsi keamanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
References
Achmad Fauzi, Shifa Ashila Salwa, Aniar Safitri, Eka Amelia Chiesa Julianti, & Sindy Nur Fazriyah. (2022). Analisis Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Digital Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.56127/jekma.v2i1.409
Andora, M., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Pelanggan Pada Platform Shopee. Jurnal MANAJERIAL, 20(2), 208–216. https://doi.org/10.17509/manajerial.v20i2.29138
Ardialis, M. B., & Hayani, N. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Pembelian PADA MARKETPLACE LAZADA. IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management, 2(1), 1–8.
Atmaja, H. S., & Achsa, A. (2022). Analisis Harga, Kepercayaan, Keamanan, Dan Persepsi Resiko Dalam Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop. Jurnal Mirai Management, 7(1), 400–409.
Handayani. (2021). Pengaruh Metode Pembayaran Dan Mudahnya Transkasi Terhadap Keputusan Pembelian di Zalora Online Shopping. Universitas Gunadarma Jurnal, 15(4), 58–66.
Henriawan, D., Puspasari, D., & April, U. S. (2023). Pengaruh Dompet Digital dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Koaliansi : Cooperative Journal, 3(1), 71–86.
Khotimah, K., & Syafwandi, S. (2024). Analisis Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gratis Ongkir, dan Consumer Review terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Online Shop. Journal of Internet and Software Engineering, 1(2), 14. https://doi.org/10.47134/pjise.v1i2.2274
Nadella Aulia, K. M. (2023). PENGARUH LABELISASI HALAL, DOMPET DIGITAL, DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DARING MAKANAN IMPOR DI LOKAPASAR INDONESIA. Human Falah, 10(1).
Nurmalasari, N., & Latifah, L. (2023). Pengaruh Keamanan, Kualitas Informasi dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian Online pada Konsumen Tiktok Shop. Jurnal Perspektif, 21(1), 45–52. https://doi.org/10.31294/jp.v21i1.15285
Putri, yayang giana; hidayanti nur; rizal muhammad. (2022). Pengaruh Customer Review, Customer Rating dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia Di Malang). Jurnal Riset Manajemen, 11(2), 82–94.
Resmanasari, D., Ruswandi, W., & Setiadi, S. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Persepsi Akan Resiko terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online. Jurnal Ekonomak, VI(2), 16–23. http://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/153
Rimbasari, A., Widjayanti, R. E., & Thahira, A. (2023). Pengaruh Viral Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Platform Tiktok. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(2), 457. https://doi.org/10.25273/capital.v6i2.15304
Robbyatul Maulida, A., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh viral marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pada produk keripik pepaya amartha di bumdes amartha semboro. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 27–37. https://stia-binataruna.e-journal.id/PUBLIK/article/view/260
Rusilawati, E., Angkasa, C., Purwati, A. A., & Hamzah, M. L. (2022). Online Consumer Review , Keamanan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Disitus Jual Beli Shopee. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(2), 606–617.
Rusni, A., & Solihin, A. (2022). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Diskon Harga Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Di Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 167–179. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3841
Sari, A., E. (2014). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Spontan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Volume XIII, No.1, Mei 2014, Halaman 55-73.
Silalahi, P. R., Safira, R., Hubara, Z. A., & Sari, E. P. (2022). Pengaruh Dompet Digital Terhadap Budaya Belanja Individu di Kota Medan. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 869–878. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2673
Sismar, A., & Abdi, S. (2023). Dompet Digital Pada Keputusan Pembelian Produk Online. Financial and Accounting Indonesian Research, 3(2), 92–99. https://doi.org/10.36232/jurnalfairakuntansiunimuda.v3i2.5582
Siregar Srianjelina. (2022). Pengaruh Persepsi Harga Dan Tagline “ Gratis Ongkir ” Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Pada Masyarakat Pengguna Aplikasi Shopee Di Desa online yang dirumuskan sebagai berikut : ( 1 ) Apakah Persepsi Harga berpengaruh Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 2(2), 65–81.
Sombe, R., Pongtuluran, A. K., & Pagiu, C. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Diskon Harga terhadap Online Impulsive Buying Pengguna Shopee. 1(4).
Soraya, N. W. S. B. S. (2023). Pengaruh Promo Pengembalian Dana , Diskon Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Dompet Digital Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Intervening. 12, 3.
Susanto, D., Fadhilah, M., Bagus, I., Manajemen, N. U., & Ekonomi, F. (2021). Pengaruh Persepsi Keamanan. Jurnal Ilmu Manajemen, 89, 89–97.
Tanuwijaya, J., & Mulyandi, R. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc. Jurnal Sosial Sains, 1(5), 368–373. https://doi.org/10.36418/sosains.v1i5.81
Tesalonika, V. A., Salim, J. P., Wijaya, V., Buying, I., & Me, D. (2024). 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Sales Promotion dan Online Customer Review ’ s Terhadap Impulsive Buying Dazzle Me Pada Fitur Tiktok Shop 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline. 2(1), 439–447.
Utami. 2017. Manajemen Ritel Dan Strategi Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern. Jakarta: Salemba empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khusnul Khotimah, Syafwandi Syafwandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.