Persepsi Pengikut Instagram @disperpusip_sidoarjo terhadap Promosi Perpustakaan

Authors

  • Arief Nur Ichsan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ainur Rochmaniah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/jlis.v1i1.2644

Keywords:

Promosi Perpustakaan, Instagram, Penelitian Kualitatif, Persepsi Pengikut, Strategi Media Sosial

Abstract

: Penelitian ini menyelidiki persepsi pengikut terhadap akun Instagram yang digunakan sebagai media promosi perpustakaan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara dan observasi mendalam, penelitian ini berfokus pada pengikut aktif yang terlibat dengan konten. Temuan mengungkapkan bahwa pengikut memandang upaya promosi secara positif, mencapai tujuan yang diharapkan yaitu memberi informasi, membujuk, dan mengingatkan audiens. Akun tersebut berhasil memberikan informasi komprehensif tentang layanan, fasilitas, dan kegiatan, serta efektif mempromosikan kunjungan melalui konten menarik tentang layanan perpustakaan keliling dan kunjungan sekolah. Meski ada beberapa hal yang memerlukan perbaikan, strategi promosi melalui Instagram dinilai berhasil. Implikasinya menyarankan peningkatan keterlibatan media sosial untuk lebih meningkatkan upaya promosi perpustakaan.

References

Achidah, N., Warso, M. M., & Hasiolan, L. B. (2016). Pengaruh promosi, harga dan desain terhadap keputusan pembelian sepeda motor Mio GT. Jurnal Manajemen, 2(2), 1–17.

Agustine, N., Kusumaningrum, R., & ... (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran UMKM Makanan@ Mochi_Momi Dalam Promosi Melalui Instagram. Innovative: Journal Of …. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3378

APJII. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Retrieved from apjii.or.id

Batubara, M. H., Nurmalina, N., & ... (2021). Pelatihan Media Sosial Instagram Untuk Sarana Promosi Ekowisata. JPMA-Jurnal …. https://jurnal-assalam.org/index.php/JPMA/article/view/253

Butar, M. B., Cangara, H., & Wahid, U. (2023). Strategi komunikasi penggunaan Instagram dalam kegiatan promosi kuliner@ Polkadotkitchen. Inter Komunika: Jurnal …. https://journal.interstudi.edu/index.php/InterKomunika/article/view/%231737

Chyntia, P., & Rahmadanita, S. (2021). Pengaruh konten Instagram story dan persepsi manfaat terhadap kepercayaan zodiak (Studi kasus pengikut Instagram). Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 178–185.

Effendi, M. W., Hendra, Y., & Matondang, A. (2019). Persepsi masyarakat tentang citra pemerintah kota Medan melalui akun media sosial Instagram @humas_pemkomedan. Perspektif, 8(1), 20. https://doi.org/10.31289/perspektif.v8i1.2541

Garaika, G., & Feriyan, W. (2019). Promosi dan pengaruhnya terhadap animo calon mahasiswa baru dalam memilih perguruan tinggi swasta. Jurnal Aktual, 16(1), 21. https://doi.org/10.47232/aktual.v16i1.3

Hasanah, M., Haris, M., Afandi, D. P., & ... (2024). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Dalam Meningkatkan Pengunjung Di UPT Rembangan. … Jurnal Multidisiplin Ilmu. https://gudangjurnal.com/index.php/gjmi/article/view/369

Insanni, I., & Febriana, P. (2022). Analisis persepsi pada followers akun @coffeeineseeker sebagai sumber informasi tentang coffee shop. Spektrum Komunikasi, 10(2), 148–159. https://doi.org/10.37826/spektrum.v10i2.240

Jati, A., & Sufyanto, S. (2024). Membuat Feed Instagram untuk Promosi Identitas Merek di Yo Kedai. INTERACTION: Communication Studies …. https://journal.pubmedia.id/index.php/interaction/article/view/2543

Kartini, K., Kumala, A., Amirah, U. A., & ... (2024). Pemanfaatan Sosial Media Instagram sebagai Alat Promosi Layanan Informasi Perpustakaan. … Dan PKM Bidang …. http://www.journal.ainarapress.org/index.php/ainj/article/view/336

Keliwar, S., & Nurcahyo, A. (2015). Motivasi dan persepsi pengunjung terhadap obyek wisata desa budaya Pampang di Samarinda. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure, 12(2), 10–27.

Kurniawan, T., & Muqtabar, M. F. G. (2023). PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI CURUG LEUWI HEJO. Bogor Hospitality …. https://ojs.bogorhospitalityjournal.com/index.php/bhj/article/view/74

Latif, A. A. (2022). Rancangan penerapan strategi promosi melalui instagram di perpustakaan (Action Research Tentang Strategi Promosi Perpustakaan melalui Instagram di Dinas …. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/489

Mainanda, R. (2021). Pemanfaatan Instagram sebagai media promosi hotel di kota Pekanbaru (Studi akun Instagram @mitrahotelpku).

Mulyana, D. (2005). Ilmu komunikasi: Suatu pengantar (Cet. 2). Bandung, Indonesia: PT. Remaja Rosdakarya.

Pangaribuan, T. P. (2021). Pengaruh kredibilitas Vanesha Prescilla sebagai celebrity endorser terhadap proses persepsi konsumen atas merek Oppo (pp. 1–125).

Pratama, Y. B., & Suryawati, I. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi. PANTAREI. https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/827

Purwa, N. D., & Suksmawati, H. (2022). Persepsi generasi milenial terhadap hari belanja online nasional pada e-commerce Shopee. Expo: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 16. https://doi.org/10.33021/exp.v5i1.3533

Rakhmat, J. (2018). Psikologi komunikasi (Edisi Revisi, 1st ed.). Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.

Rizaty, M. A. (2022). Pengguna Instagram Indonesia terbesar keempat di dunia. Retrieved from https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-instagram-indonesia-terbesar-keempat-di-dunia

Sahafaruddin, R. D. (2013). Scholar perception of library Tanjungpura University. Jurnal Tesis PMIS-UNTAN-PSS-2013, 1–12.

Soleha, F., Susanti, N., & Jailani, M. (2023). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Wisata Bukit Indah Simarjarunjung Danau Toba. … : Jurnal Ilmiah Bidang …. https://www.publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIBATIK/article/view/703

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (26th ed.). Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN kuantitatif, kualitatif, dan R&D (26th ed.). Alfabeta.

Suharso, P., & Pramesti, A. N. (2020). Promosi perpustakaan melalui Instagram: studi di perpustakaan Universitas Airlangga. Publication Library and Information …. http://litabmas.umpo.ac.id/index.php/PUBLIS/article/view/2074

Suyuthie, H. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berkunjung Followers Ke Kota Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2220

Triyanto, S., & Sa’idah, Z. (2023). Pemanfaatan Akun Instagram@ jogja24jam Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta. Innovative: Journal Of Social Science …. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6636

Utami, A. D., Farid, M., & Sonni, A. F. (2019). Persepsi ibu rumah tangga terhadap serial drama televisi Elif di SCTV (Riset audiens di Kelurahan Caile Kabupaten Bulukumba). Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 150–168.

Vazwan, M. R. (2024). EFEKTIVITAS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA “DAN INI KOPI” DENGAN PENDEKATAN SWOT. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi. http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca/article/view/1311

Wati, S. K., Pristiyono, P., & Gulo, N. (2024). Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat promosi Ditinjau Dari Instagram, Facebook, Tiktok dan WhatsApp. EKOMA: Jurnal Ekonomi …. https://journal-nusantara.com/index.php/EKOMA/article/view/3628

Widiastuti, R. N., & Meiningsih, S. (2018). Memaksimalkan penggunaan media sosial dalam lembaga pemerintah (Cetakan 1). Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Ichsan, A. N., & Rochmaniah, A. (2024). Persepsi Pengikut Instagram @disperpusip_sidoarjo terhadap Promosi Perpustakaan. Journal of Library and Information Science, 1(1), 12. https://doi.org/10.47134/jlis.v1i1.2644

Issue

Section

Articles