Pengaruh Literasi Keuangan dan Literasi Digital terhadap Perilaku Impulsif Top up Game Online
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i2.3776Keywords:
Literasi Keuangan, Literasi Digital, Perilaku Impulsif, Top-Up Game Online, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh literasi keuangan dan literasi digital terhadap kecenderungan perilaku impulsif dalam melakukan top-up game online di kalangan mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan industri game online, kebiasaan top-up secara spontan menjadi isu yang menarik untuk dikaji, terutama dalam kaitannya dengan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap aspek keuangan dan teknologi digital. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi menggunakan perangkat lunak SPSS. Responden dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa yang aktif bermain game online dan memiliki pengalaman melakukan top-up. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara daring, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, serta regresi linear berganda.Hasil analisis menunjukkan bahwa literasi keuangan dan literasi digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulsif dalam melakukan top-up game online. Artinya, semakin tinggi tingkat literasi keuangan dan digital seseorang, semakin besar kecenderungan mereka untuk melakukan top-up secara impulsif. Temuan ini memberikan wawasan bagi mahasiswa, akademisi, serta pengembang industri game dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku transaksi digital yang bersifat impulsif.
References
Alfiyansyah, M. A., Alamsyah, S., & Tanjung, H. (2024). Pengaruh E-Commerce, Literasi Keuangan, dan Literasi Digital terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Revenue Jurnal Akuntansi, 5(1), 972–979.
Alfarizi, M. K. (2019, January 18). Pemain Mobile Legends Indonesia Terbanyak di Dunia. Tempo.Co. https://tekno.tempo.co/read/1166277/pemain-mobile-legends-indonesiaterbanyak-di-dunia
Ambarwati, Y. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Di PT. Bank Central Asia (BCA) Tbk Cabang Undaan Surabaya. Akrual: Jurnal Akuntansi, 6(1), 83–103.
Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of Marketing. Pearson Australia.
Aprilya, D., Sari, N., & Belianantiya, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Perilaku Belanja Online Pada. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 10, 181.
Chita, R. C. M., David, L., & Pali, C. (2015). Hubungan Antara Self-Control Dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011. Jurnal E-Biomedik, 3(1). https://doi.org/10.35790/ebm.3.1.2015.7124
Fauzi, I. S. N., & Sulistyowati, A. (2022). Literasi Keuangan Dan Perilaku Keuangan Berpengaruh Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Player Call Of Duty: Mobile. Jurnal Kajian Ilmiah, 22(2), 129–142. https://doi.org/10.31599/jki.v22i2.730
Herawan, M. H., & Rachman, M. Y. (2021). Pengaruh Nilai Virtual Item Terhadap Intensi Pembelian Virtual Item dalam Game Online PUBG Mobile. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i1.207
Ho, Cheng-Hsun, and Ting-Yun Wu. "Factors affecting intent to purchase virtual goods in online games." Int. J. Electron. Bus. Manag. 10.3 (2012): 204-212.
Karimah, M., Nurhayati, D., & Indarti, N. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Money, Fitur Live Streaming, dan Literasi Digital Terhadap Perilaku Konsumtif pada Pembelanjaan Online. Jurnal Equilibrium Nusantara, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.56854/jeqn.v1i1.26
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Marketing Strategy. London: London Business Forum.
Muttaqin, I., Puspita, P. D., Lubis, S. H., & Nur Anganthi, N. R. (2023). Kemandirian Literasi Pada Guru Melalui Pembuatan Perpustakaan Digital Berbasis Desain. Warta LPM, 26(4), 522–530. https://doi.org/10.23917/warta.v26i4.1980
Margaretha, Farah, and Reza Arief Pambudhi. "Tingkat literasi keuangan pada mahasiswa S-1 fakultas ekonomi." Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 17(1) (2015): 76-85.
Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528
Putri, A. D., Novita, D., & Maskar, S. (2022). Pengenalan Wawasan Bisnis di Era Digital bagi Siswa/I SMK Yadika Bandarlampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 213. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2129
Qurotaa’yun, Z., & Krisnawati, A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial di Kota Bandung. JAF - Journal of Accounting and Finance, 3(1), 46. https://doi.org/10.25124/jaf.v3i1.2167
Rani, D., Hasibuan, E. J., & Barus, R. K. I. (2019). Dampak Game Online Mobile Legends: Bang Bang Terhadap Mahasiswa. Perspektif, 7(1), 6–12.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Titik Ulfatun, U. (2016). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun Angkatan 2012-2014. Pelita, XI(2), 1–13.
Tololiu, Y. F. V., & Ahmad, M. J. (2023). Kedudukan Barang Virtual Menurut Hukum Benda Indonesia Yang Diatur Dalam KUH Perdata Buku Kedua Tentang Barang. Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 3(2), 1448–1464.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Nur Iqrom Pancar Gahara, Muhammad Nurjihadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.