Strategi Komunikasi Interpersonal Kepala Desa dalam Meningkatkan Pelayanan Bantuan Sosial Masyarakat di Desa Gunung Megang Kabupaten Muara Enim

Authors

  • Anggun Kanisa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang
  • Eni Murdiati Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang
  • Manalullaili Manalullaili Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.47134/interaction.v2i1.4085

Keywords:

Strategi Komunikasi Interpersonal, Kepala Desa, Bansos

Abstract

Tujuan dalam penelitian pertama, untuk mengetahui mengetahui Strategi Komunikasi Interpersonal Kepala Desa dalam meningkatkan pelayanan Bantuan Sosial Masyarakat. Kedua, untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat Kepala Desa dalam menanggapi aduan keluhan masyarakat tentang bantuan sosial di Desa Gunung Megang Kabupaten Muara Enim. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan yaitu pertama, aspek pemahaman: komunikasi antara masyarakat dan kepala desa membahas mengenai penjelasan bansos tepat sasaran, perangkat desa gunung megang wajib mutahirkan data kependudukan secara berkala, seperti halnya semua perangkat desa harus memiliki call center termasuk dinas sosial yang juga harus selalu memperbaharui data-data penerima bantuan sosial. Aspek kesenangan: masyarakat memberikan tanggapan mereka yang berbeda-beda mengenai bantuan sosial yang kadang dianggap tepat sasaran atau tidak sesuai dengan pemahaman dan kemampuan dalam mengenali secara luas tentang penerimaan bantuan sosial kepada masyarakat. Aspek pengaruh dan sikap: komunikasi yang terbentuk dengan menanggapi setiap keluhan mengenai bansos yang terkadang dianggap tidak tepat sasaran. Aspek hubungan: komunikasi masyarakat dengan petugas kantor desa sudah berjalan dengan optimal. Kedua, faktor pendukung: pelayanan masyarakat dan pemilihan media yang tepat dari kantor Desa Gunung Megang menggunakan aplikasi Sapawarga dan Website Solidaritas yang telah memenuhi kriteria administrasi, dianggap layak menerima bantuan sosial. Sedangkan faktor penghambat: komunikasi rendah dikarenakan ada juga masyarakat yang tidak mau mengeluhkan langsung permasalahan bansos, petugas kantor desa tidak memahami lingkungan sekitar dan terciptanya prangka buruk dari masyarakat mengenai bansos yang dianggap tidak tepat sasaran.

References

Ali, Shellma., & Aska Leonardi. 2022. “Peran Humas Pemerintah Desa Lambangsari Dalam menanamkan niat Baik (Goodwil) Tentang Bantuan Sosial Kepada masayraakt Di Masa Pandemi”, Gloval Komunika, 5, 1, 2022. DOI: https://doi.org/10.33822/gk.v5i1.4178

Ardial, H. 2014. Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta : Bumi aksara.

Arianda, Muhammad Agus. 2019. “Pola Komunikasi dalam Organisasi pada Yayasan Muatiara Azzam Palembang”,Skripi Prodi Ilmu Komunikasi. Palembang : Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

Arifin, Mohammad Miftahul., & M. Thamrin. 2024. “Strategi komunikasi Kepala Desa Dalam meningkatkan Pendapatan Masyarakat Melalui Wisata Kampung Melati Desa Talkandang Stibondo”, Publishing, 1, 2, 2024 : 1-12. DOI: https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i2.1924

Azizah, Fia Wardatul. 2023. “Stetegi Komunikasi Dalam Mengeatasi Konflik Internal Mengenai Perbedaan perspektif Pada CV. Adimas Mandiri”, Artikel Manajemen Haji Dan Umrah, Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang.

Dzikrillah, Ashri Bunga. et.al. 2018. “Peran Kepala Desa Dalam pemberdayaan perempuan melalui Gerakan PKK Di Desa Cihanjuang”, Jurnal Comm-Edu, 1, 3, September 2018. DOI: https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.2080

Fikri, Achmad Toyyibul., et.al. 2023. “Evaluasi implementasi program bantuan Sosial Dalam Menekan Angka Pengemis Di Kota Malang (Studi Kasus Di Dinas Sosial Kota Malang)”, Jurnal Respon Publik, 17, 9, 2023 : 11-21.

Gemiharto, Ilham., & Elfira Rosa Juningsih. 2021. “Komunikasi Pemerintahan Dalam Implementasi Kebijakan Bantuan Sosial Tunai Di Kabupaten Bandung”, Jurnal Manajemen Komunikasi, 6, 1, Oktober 2021 : 1-22. DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v6i1.35510

Hamandia, Muhmmad Randhicha. 2022. “Strategi Komunikasi Organisasi Dalam meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan RRI Palembang”, J-KIS, 3, 1 (Juni 2022) DOI: https://doi.org/10.53429/j-kis.v3i1.423

Handayani, Sri. 2022. “Strategi Kepemimpinan Kepala Desa Dalam meningkatkan Pembangunan Dan Partisipasi Masyarakat Desa”, Sawala, 2, 2, Agustus 2022. DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v2i2.26221

Ikhsan, I’tibar. 2023. “Strategi Komunikasi Public Relation Dalam meningkatkan Kinerja Karyawan Seles (PT Indoffod)”, Artikel UIN Walisongo Semarang, 2023.

Madhani, Luluk Makrifatul., et.al. 2021. “Dampak Penggunaan media Sosial Tiktok Terhadap perilaku Islami Mahasiswa Di Yogyakarta”, At-Thullab Jurnal, 3, 1 (2021) DOI: https://doi.org/10.20885/tullab.vol3.iss1.art7

Nasran, Mochamad Akbar Maulana. 2023. “Strategi Komunikasi Penangan Keluhan Aduhan Masyaraakt melalui (Diskominfo) Program Lapor Bupati Pemerintah kanupaten Wonosobo”, Skripsi Ilmu Komunikasi. Semarang : Universitas Islam Sultan Agung.

Novita, Dian. 2019. “Konstruksi Realita Sosial Profesi Duta Pada Niai-nilai Keagamaan Di Kota Kayuagung (Studi Pada Kelurahan Paku Kayuagung OKI)”. Skripsi Komunikasi Penyiaran Islam. Palembang : Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

Pratama, Rozi. 2021. “Strategi Komunikasi Hotel Resty Menara Pekan Baru Dalam Mempertahankan Pelanggan Hotel Di Era New Normal”. Skripsi Ilmu Komunikasi. Riau : Perpustakaan UIN Sultan Syarif Kasim.

Rudiansyah. 2020. “Strategi Komunikasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru”, Pedagodika, 11, 2 (2020) DOI: https://doi.org/10.37411/pedagogika.v11i2.172

Saputra, Umar Hadi. 2018. “Religiusitas Duta Kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir”, Skripsi Psikologi Islam. Palembang : Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

Sariani, Ni Luh Putu. 2019. “Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di BHR Law Office”, Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 4. 2 (Desember 2019) DOI: https://doi.org/10.38043/jimb.v2i2.2313

Sartika, Yesi. 2020. “Strategi Komunikasi BKKN Kabupaten Muara Eninm Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Mengenai Program KB Di Kecamatan Semende Darat Tenagah”, Skripsi Komunikasi Penyiaran Islam. Curup : Perpustakaan IAIN Curup

Sasih, Baiq Ely. 2022. “Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Kinerja Yang Efektif Di Kantor Camat Lembar Kabupaten Lombok Barat”. Skripsi Konsentrasi Administrasi Pembangunan. Mataram : Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prananda Media Grup.

Tendry, et.al. 2019. “Peran Kepala Desa Dalam meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Laronaha Kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara”, Jurnal online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 4, 4, Oktober 2019. DOI: https://doi.org/10.36709/jopspe.v4i4.13787

Zulvia, Elvi. 2023. “Peran Kepala Desa Perempuan Dalam Mensejahterakan Masyarakat”. Skripsi Pemikiran Politik Islam. Lampung : Perpustakaan UIN Raden Intan.

Downloads

Published

2025-05-28

How to Cite

Kanisa, A., Murdiati, E., & Manalullaili, M. (2025). Strategi Komunikasi Interpersonal Kepala Desa dalam Meningkatkan Pelayanan Bantuan Sosial Masyarakat di Desa Gunung Megang Kabupaten Muara Enim. Interaction Communication Studies Journal, 2(1), 8. https://doi.org/10.47134/interaction.v2i1.4085

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.