Analisis Komunikasi Persuasif pada Konten Self Love di Akun TikTok @ananzaprili
DOI:
https://doi.org/10.47134/interaction.v1i2.2879Keywords:
Komunikasi Persuasif, Tiktok, Cinta diri, Analisis Konten, Media SosialAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi penerapan teknik komunikasi persuasif oleh kreator TikTok @anzaprili dalam konten cinta diri yang dibuatnya, dengan menggunakan teori komunikasi persuasif Carl Hovland. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan analisis konten, kami mengamati konten video spesifik yang membahas cinta diri. Temuan menunjukkan bahwa @anzaprili secara efektif menggunakan teknik komunikasi persuasif dari Onong Uchana Effendy, termasuk teknik asosiasi, integritas, hadiah, pengaturan, dan red-herring. Strategi ini sangat berperan dalam menarik perhatian penonton dan mempromosikan cinta diri, memberikan wawasan tentang penggunaan efektif komunikasi persuasif dalam konteks media sosial. Implikasinya menyoroti potensi kreator untuk mendorong perubahan perilaku positif melalui pembuatan konten yang strategis.
References
A. Faidlatul Habibah and I. Irwansyah, "Era Masyarakat Informasi Sebagai Dampak Media Baru," J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 350-363, 2021, doi: 10.47233/jteksis.v3i2.255. DOI: https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.255
D. A. Kadek Claria and N. K. Sariani, "Metode Komunikasi Persuasif untuk Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Masyarakat di Desa
D. P. R. Adawiyah, "Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang," J. Komun., vol. 14, no. 2, pp. 135-148, 2020, doi: 10.21107/ilkom.v14i2.7504. DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504
E. T. Endarwati and Y. Ekawarti, "Pengguna Aktif Tiktok," vol. 4, pp. 112-120.
F. U. Rizky and N. Syam, "Komunikasi Persuasif Konten Youtube Kementerian Agama Dalam Mengubah Sikap Moderasi Beragama," J. Ilmu Komun., vol. 11, no. 1, pp. 16-33, 2021, doi: 10.15642/jik.2021.11.1.16-33. DOI: https://doi.org/10.15642/jik.2021.11.1.16-33
I. Mirawati, "Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E-Commerce Di Era Digital," Medium, vol. 9, no. 1, pp. 58-80, 2021, doi: 10.25299/medium.2021.vol9(1).7443. DOI: https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(1).7443
J. Ahmad, "Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis)," J. Anal. Isi, vol. 5, no. 9, pp. 1-20, 2018, doi: 10.13140/RG.2.2.12201.08804. Aderibigbe, "Komunikasi Persuasif Dalam Membangkitkan Motivasi Orang Dengan HIV AIDS (Studi Deskriptif Kualitatif Pendukung Sebaya di Yayasan Victory Plus Yogyakarta) Skripsi," Energies, vol. 6, no. 1, pp. 1-8, 2018. [Online]. Available: http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8.
Kesiman Kertalangu pada Masa Pandemi Covid-19," Linguist. Community Serv. J., vol. 1, no. 1, pp. 1-8, 2020, doi: 10.55637/licosjournal.1.1.2281.1-8. DOI: https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.1.2281.1-8
M. S. Perdianti and V. Valiant, "Pengelolaan Konten Tiktok Sebagai Media Informasi," Fikom UPI YAI, vol. XXVII, no. September, pp. 1-19, 2022. [Online]. Available: http://repository.upi-yai.ac.id/4706/1/Pengelolaan%20Konten%20Tiktok%20sebagai%20Media%20Informasi.pdf.
N. Z. Septiana and J. Darina, "Membangun Self Love Pada Remaja Pengguna Instagram Ditinjau Dari Perspektif Dramaturgi (Studi Fenomenologi Remaja Pengguna Instagram Di Desa Ngebrak)," Shine J. Bimbing. Dan Konseling, vol. 2, no. 1, pp. 1-17, 2021, doi: 10.36379/shine.v2i1.181. DOI: https://doi.org/10.36379/shine.v2i1.181
P. Airlanda, "Pengaruh Konten Edukasi Tiktok Terhadap Pengetahuan Mahasiswa: Sebuah Kajian Sosiologi Pendidikan," J. Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1683-1688, 2021
R. A. Mutiara and I. Wenerda, "Analisis Isi Feminisme Dalam Akun Instagram @kalis.mardiasih," Communication, vol. 13, no. 2, pp. 166-176, 2022. DOI: https://doi.org/10.36080/comm.v13i2.1766
S. Sofkhatin, "Komunikasi Persuasif Dalam Konten Youtube Analisa Channel: Self Love Day 1-7 (Analisis Hermeneutika Gadamer)," vol. 7, 2021.
V. Valiant, "Pengelolaan Konten Tiktok Sebagai Media Informasi (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Pengelolaan Konten Tiktok Pada Akun @Iben_Ma)," J. Ilmu Komun., no. September, pp. 1-21, 2020. [Online]. Available: http://repository.upi-yai.ac.id/4706/1/Pengelolaan%20Konten%20Tiktok%20sebagai%20Media%20Informasi.pdf.
W. N. Aji, "Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia," Univ. Widya Dharma Klaten, vol. 431, p. 136, 2018.
Y. Hartawan, "Komunikasi Persuasif Disnakertrans Kota Bogor Mengatasi Masalah Pengangguran Generasi Milenial," J. Ilmu Komun., vol. 3, no. 2, pp. 80-98, 2020.