Analisis Pesan Dakwah Ustadz Taufiq Hasnuri Melalui Youtube Terhadap Masyarakat Kota Palembang

Authors

  • Fadel Ferdinand Rizal Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Abdur Razzaq Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Selvia Assoburu Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.47134/converse.v1i3.3630

Keywords:

Pesan Dakwah, Youtube, Ustadz Taufiq Hasnuri

Abstract

Dakwah merupakan kebutuhan bagi manusia. baik itu umat Islam maupun non Islam. Umat Islam harus menyadari bahwa arti penting dari sebuah agama adalah melakukan segala kebaikan dengan terus menyampaikan dan menyiarkan pesan-pesan keislaman. Pesan dakwah diharapkan mampu tersampaikan kepada masyarakat tak hanya kepada mereka yang hadir menyaksikan kegiatan dakwah, tetapi mereka juga diharapkan mampu menyampaikan kepada yang tidak hadir pada acara kegiatan dakwah. Dengan hadirnya berbagai media komunikasi digital dapat memudahkan masyarakat dalam menyebarkan dan memperoleh informasi dan wawasan baru serta dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah. Pesan dakwah yang disampaikan oleh Ustadz Taufiq Hasnuri memiliki kualitas isi yang baik, dengan materi yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Hal ini membantu audiens memahami ajaran Islam dalam konteks yang lebih luas. Ustadz Taufiq Hasnuri menggunakan metode penyampaian yang menarik dan mudah dipahami, seperti penggunaan bahasa sehari-hari, cerita, dan analogi, sehingga pesan dakwah dapat diterima dengan baik oleh berbagai kalangan dari anak muda hingga dewasa. Pemanfaatan platform YouTube sebagai media penyampaian memungkinkan jangkauan yang lebih luas, sehingga pesan dakwah dapat diakses oleh masyarakat di berbagai lokasi dan latar belakang.

References

“Adi, La. ‘Konsep Dakwah Dalam Islam.’ Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid 7.3 (2022).,” n.d.

Adita Nurkholiq, Oyon Saryono, Iwan Setiawan. “Analisis Pengendalian Kualitas Dalam Meningkatkan Kualitas Produk” 6 (2019): 393–99.

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, and Octavia Chotimah. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka” 6, no. 1 (2022): 974–80.

“Ahmad Rian Lisandi ‘Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Buku Pejuang Subuh Karya Hadi E.Halim’ UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.,” 2022.

“Aisyah, Nur, and Sawiyatin Rofiah. ‘Dakwah Modern Pada Era Konvergensi Media: Studi Kasus Youtube Pondok Pesantren Nurul Jadid.’ Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam 8.2 (2022): 110-126.,” n.d.

“Andrian, Bob. ‘Komunikasi Dakwah Dalam Tinajauan Sosiologi komunikasi.’ Tasâmuh 18.2 (2020): 211-224.,” n.d.

“Ayu Asnani Burhanuddin, Analisis Isi Pesan Dakwah Pada Media Sosial Instagram Dalam Akun Kartun Muslimah, (Parepare: IAIN Parepare, 2020), h.11,” n.d.

Aziz Septiatin. “Pengaruh Return On Investment Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return Saham” 4, no. 2 (2018): 121–30.

Benny, Ngajudin Nugroho, Fauzi Akbar, Maulana Hutabarat, and Arwin Arwin. “Motivasi Kerja Karyawan PT Abdi Wibawa Press Medan,” 2021, 251–54.

“Dianne, E. R., Rohaini, R., Yulia Kusuma Wardani, & Siti Nurhasanah, S. N. (2022). Monograf Hukum Dan Era Digital.,” n.d.

“Effendy, Erwan, et al. ‘Mengenal Sistem Informasi Manajemen Dakwah (Pengertian Sistem, Karakteristik Sistem).’ Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5.2 (2023): 4343-4349.,” n.d.

Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif” 1271 (2021): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

“Fenti Mariska. ‘Mural Sebagai Media Penyampai Pesan Sosial Bagi Masyarakat Dalam Perspektif Semiotika Charles Sanders Pierce.’ Jurnal Komunikasi 1.2 (2021): 60-74.,” n.d.

Fitriani, Anis. “Analisis Isi Pesan Dakwah Ustadz Hanan Attaki Dalam Akun Youtube Pemuda Hijrah,” 2020.

“Hanafi, Rudi, et al. ‘Strategi Komunikasi Persuasif Antara Da’i Dan Mad’u Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah.’ International Journal of Islamic Communication 1.2 (2022): 152-202.,” n.d.

“Harahap, Nursapia, and Syahrul Abidil. ‘ANALISIS PESAN DAKWAH SYAFIQ RIZA BASALAMAH DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM.’ SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan 2.4 (2023): 1327-1336.,” n.d.

“Hariyanto, Arif, and Aditya Putra. ‘Konten Kreator Youtube Sebagai Sumber Penghasilan (Telaah Kritis Hukum Ekonomi Syari’ah).’ Al-Hukmi: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Keluarga Islam 3.2 (2022): 243-262.,” n.d.

Hitimala, Izzudin. “Analisis Pesan Dakwah Islam Melalui Channel Youtube Ustadz Das ’ Ad Latif” 1, no. 4 (2023).

“Hoerudin, Cecep Wahyu, et al. ‘Komunikasi Pelayanan Publik Perspektif Psikologi Komunikasi.’ omunikasi Pelayanan Publik Perspektif Psikologi Komunikasi (2020).,” n.d.

“Ibid., https://youtu.be/yN3YeWWcYGM.,” n.d.

“Ilham Maulana Sakti, Efektivitas Komunikasi Dakwah Ustadz Taufiq Hasnuri Dalam Berdakwah Menggunakan Bahasa Daerah (Studi Pada Majelis Raudhotul Ilmi Di Kelurahan 12 Ulu Palembang), Palembang 2019, Hlm. 58.,” n.d.

Kuantitatif, Kualitatif. “Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyakat,” 2021, 36–45.

Listrik, Teknik, Kelas X Jurusan, Audio Video, and D I Smk. “Media Pembelajaran Berbasis Livewire,” 2021, hal.49.

Lubis, Nur Amina, and Fauziah Nasution. “Penerapan Media Movie Maker Dalam Mengenalkan Pendidikan Seksual Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Rasyid” 11, no. 2 (2023): 197–207.

Mekarisce, Arnild Augina, and Universitas Jambi. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat Data Validity Check Techniques in Qualitative Research in Public Health” 12, no. 33 (2020).

NajamuddiN. “Strategi Dakwah Dan Faktor Pengaruh Pendahuluan Dalam Konstelasi Kehidupan Di Dunia Ini Manusia Tentunya,” 2020, hal 42.

Octavia, Apriani. “Rumah Produksi Usaha Anda Jaya Samarinda” 1, no. 1 (2020): 30–43.

Oktaviani, Nurwulan. “Strategi Bauran Pemasaran Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence Dan Proses Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Toko Jesse Factory Tulung Agung,” 2020, 61–69.

“Pimay, Awaludin, and Fania Mutiara Savitri. ‘Dinamika Dakwah Islam Di Era modern.’ Jurnal Ilmu Dakwah 41.1 (2021): 43-55.,” n.d.

Provinsi, Palembang, Sumatera Selatan, Farhan Pranata, and Endang Rochmiatun. “Peranan KH . Ahmad Taufiq Hasnuri Dalam Dakwah Islam,” 2022.

“Rafiq, Ahmad. ‘Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu masyarakat.’ Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 3.1 (2020): 18-29.,” n.d.

Raya, Iain Palangka. “Memahami Teknik Pengolahan Dan Analisis Data Kualitatif” 1 (2021): 173–86.

Ridwan, Muannif, Bahrul Ulum, Fauzi Muhammad, and Universitas Islam Indragiri. “Pentingnya Penerapan Literatur Riview Pada Penelitian Ilmiah” 2 (2021).

“Rifai, Ach. ‘Hukum Berdakwah Dalam Perspektif Al-Qur’an Surah Ali Imran Ayat 104.’ Al-Qolamuna: Journal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 1.1 (2024): 15-24.,” n.d.

“Sadam Huse ‘Mengenal Lebih Dekat Ustadz Taufiq Hasnuri, Berbekal Rp 70 Ribu Sebulan Di pesantren’ Di Uggah Youtube Sripotv Pada 25 Februari 2021 https://youtu.be/yN3ye WWcYGM.,” n.d.

“Salam, Abdul, Muliaty Amin, and Kamaluddin Tajibu. ‘Dakwah Melalui Youtube (Analisis Pesan Dakwah Ustadz Hanan Attaki).’ Washiyah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Komunikasi 1.3 (2020).,” n.d.

Semiotika, Analisis, Charles Sanders, Charles Sanders, Peirce Semiotics, Indira Fatra Deni, and Khoirul Jamil. “REPRESENTASI PESAN MORAL DALAM FILM PENYALIN CAHAYA” 1, no. 3 (2022): 121–30.

“Suherdiana, Dadan. ‘Konsep Dasar Semiotika Dalam Komunikasi Massa Menurut Charles Sanders Pierce.’ Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 4.12 (2022): 371-407.,” n.d.

“Sukanda, Ukon Furkon, and Reno Riando. ‘Makna Logo Pt. Eigerindo Multi Produk Industri (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce).’ Dialektika Komunika: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah 7.1 (2019): 68-76.,” n.d.

“Tya Pirdha, ‘Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Kanal Youtube Majelis Lucu Indonesia Konten Pemuda Tersesat’ UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2022 h.40,” n.d.

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

Fadel Ferdinand Rizal, Abdur Razzaq, & Selvia Assoburu. (2025). Analisis Pesan Dakwah Ustadz Taufiq Hasnuri Melalui Youtube Terhadap Masyarakat Kota Palembang. CONVERSE Journal Communication Science, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/converse.v1i3.3630

Issue

Section

Articles