Perbandingan Elektabilitas Kandidat Presiden 2024 di Detik.com dan CNN Indonesia

Authors

  • Putri Permatasari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Totok Wahyu Abadi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/converse.v1i2.2991

Keywords:

Pembingkaian Media, Elektabilitas, Pemilihan Presiden, Analisis Kualitatif, Liputan Berita

Abstract

Penelitian ini mengkaji bingkai berita mengenai elektabilitas kandidat pemilihan presiden tahun 2024 oleh dua platform media online terkemuka, menggunakan metode kualitatif deskriptif dan model analisis framing yang diusulkan oleh Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Dengan menganalisis 10 judul berita dari media pertama dan 8 dari media kedua, yang mencakup periode Januari hingga April 2023, penelitian ini mengungkap bahwa kedua platform terutama berfokus pada hasil survei elektabilitas. Namun, terdapat perbedaan dalam pendekatan jurnalistik mereka: platform kedua lebih mengikuti pelaporan faktual, menyajikan analisis yang tajam dan bermakna, serta memudahkan akses gratis terhadap laporannya, yang meningkatkan keterlibatan pembaca. Sebaliknya, platform pertama hanya memiliki kehadiran online dan sangat bergantung pada iklan, yang mempengaruhi konten redaksionalnya. Temuan ini menekankan peran penting framing media dalam membentuk persepsi publik terhadap kelayakan kandidat, mengusulkan implikasi untuk literasi media dan perilaku pemilih.

References

A. Ghoffar, “Hak Konstitusional Partai Politik Dan Konsekuensi Calon Presiden-Wakil Presiden Tunggal Di Indonesia,” J. Huk. Ius Quia Iustum, vol. 25, no. 2, pp. 359–378, 2018, doi: 10.20885/iustum.vol25.iss2.art8.

A. Riewanto, “Demokrastis: Evaluasi Pencalonan Capres/Cawapres Pemilu Tahun 2019,” no. 2, pp. 1–20, 2019.

A. Suherman, “Sang Pencerah,” vol. 2, pp. 1–7, 2016.

B. Bastulbar and H. Setiawan, “Analisis Framing Model Pan Dan Kosicki Terhadap Pemberitaan Golkar Siap Tampung Ganjar Pranowo Di Tahun 2024 Pada Media,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 3, pp. 9912–9917, 2021, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2555.

B. S. Adiwibowo, “Analisis Framing Berita Kelompok/Partai Pendukung Dua Pasang Capres-Cawapres Pada Pilpres 2014 dalam Surat Kabar Media Indonesia dan Surat Kabar Sindo,” J. Komunikologi, vol. 14, no. 2, pp. 123–129, 2017.

B. Siregar, “Framing Berita Capres-Cawapres pada Pilpres 2019 di Harian Umum Republika dan Koran Tempo,” Komunikologi, vol. 16, no. 1, pp. 7–17, 2019.

D. K. Dessita Chairani, “Media Terhadap Isu: Teori yang Digunakan dalam Penelitian Ini adalah Teori Konstruksi Realitas Sosial oleh Peter L. Berger dan Luckmann serta Teori,” vol. 3, pp. 121–139, 2014.

I. Hasan and F. Fathan, “Analisis Framing Berita Politik Menjelang Pilkada Klaten Tahun 2020 Pada Solopos.Com,” Acad. J. Da’wa Commun., vol. 1, no. 2, pp. 479–500, 2020, doi: 10.22515/ajdc.v1i2.2726.

I. Permatasari, “Analisis Framing Model Pan Dan Kosicki Terhadap Pemberitaan Ganjar Pranowo Nyapres Di 2024: Pada Media Online Cnnindonesia.Com Dan Tempo.Co,” Perspektif, vol. 1, no. 6, pp. 616–624, 2022.

M. I. Khatami, “Eksistensi ‘Baliho 2024’ dalam Pertarungan Elektabilitas: Analisis Pencitraan Tokoh Politik,” J. Ilmu Sos. dan Ilmu Polit. Univ. Jambi, vol. 5, no. 2021, pp. 14–24, 2021, [Online]. Available: https://online-journal.unja.ac.id/jisip/article/view/14624/11907.

P. Pramelani and T. Widyastuti, “Persepsi Milenial terhadap Gaya Kepemimpinan Calon Presiden Tahun 2024,” Nakhoda J. Ilmu Pemerintah., vol. 20, no. 2, pp. 1–13, 2021, doi: 10.35967/njip.v20i2.196.

R. A. Octovina, L. Agustino, and D. S. Kartini, “Strategi Kampanye Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dalam Debat Calon Presiden pada Tahun 2019,” Perspektif, vol. 11, no. 1, pp. 385–393, 2022, doi: 10.31289/perspektif.v11i1.5656.

S. Damayanti, D. K. S. Putra, and I. D. Mayangsari, “Framing Analysis of News About Jakarta’s Northern Coast Reclamation on Harian Kompas and Aktual.com In 2015,” e-Proceeding Manag., vol. 3, no. 3, pp. 3928–3936, 2016, [Online]. Available: https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/3785.

W. Presiden and T. Periode, “Analisis Framing Terhadap Pemberitaan Isu Presiden Tiga Periode Pada Portal Media Online Kompas.com dan Republika.co.id,” vol. 1, no. 2, pp. 37–46, 2002.

Y. R. Hakiki, “Relevansi Gagasan Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden Jalur Perseorangan terhadap Prinsip Negara Hukum dan Demokrasi,” Undang J. Huk., vol. 3, no. 1, pp. 139–171, 2020, doi: 10.22437/ujh.3.1.139-171.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Permatasari, P., & Abadi, T. W. (2024). Perbandingan Elektabilitas Kandidat Presiden 2024 di Detik.com dan CNN Indonesia . CONVERSE Journal Communication Science, 1(2), 103–110. https://doi.org/10.47134/converse.v1i2.2991

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.