Persepsi Mahasiswa terhadap Iklan Menu Hemat Spesial BTS GoFood

Authors

  • Dinda Nur Aini Alfatikhah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nur Maghfirah Aesthetika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/converse.v1i2.2988

Keywords:

persepsi mahasiswa., iklan menu hemat, dukungan selebriti, studi kualitatif, rangsangan iklan

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana persepsi mahasiswa Ilmu Komunikasi terhadap iklan menu hemat yang menampilkan figur BTS pada platform pengiriman makanan populer. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan purposive sampling untuk memilih informan dengan karakteristik spesifik yang relevan dengan penelitian, temuan mengungkapkan bahwa informan memiliki persepsi positif terhadap iklan tersebut, setuju dengan pesan "Lebih Hemat." Persepsi dipengaruhi oleh rangsangan iklan, termasuk elemen auditori (kata-kata, efek suara, musik) dan visual (kata-kata, gambar, warna, gerakan). Sensasi dipicu oleh pertemuan dengan iklan di YouTube, yang secara efektif menarik perhatian karena penggunaan bahasa Indonesia yang unik dan popularitas BTS. Interpretasi ini menghasilkan peningkatan minat dalam menggunakan layanan pengiriman makanan, didorong oleh pesan persuasif dan dukungan selebriti. Studi ini menyoroti peran penting dukungan selebriti dan rangsangan multi-sensori dalam efektivitas iklan.

References

"Gojek." Available: https://www.gojek.com/id-id/products/

A. B. Prasetiyo, "Gambaran Maskulinitas dalam Iklan Kopi Caffino di Instagram," J. Communio J. Jur. Ilmu Komun., vol. 11, no. 1, pp. 50-62, 2022.

A. J. Siswanto and P. W. Widiarti, "Persepsi Iklan Gojek Versi Para Penjaga Amanah di Youtube Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta," 2018.

A. Larasatiningtyas and N. M. Aesthetika, "Perception of Followers Account @modelmuslimahindonesia About Hijabers Contest Photo on Instagram Social Media," Indones. J. Cult. Community Dev., vol. 13, pp. 10-21070, 2022.

A. Setianing, L. Hijriah, and K. D. Dwivayani, "Persepsi Remaja Putri Terhadap Iklan Clean and Clear Versi 1000 Suku Indonesia, Warna Kulit Berbeda di YouTube," Dunia Komunikasi-Jurnal Ilmu Komun. Univ. Mulawarman, vol. 7, 2019.

D. Hariyanto, "Persepsi Penonton Televisi Terhadap Tayangan Reka Ulang Peristiwa Kriminal," Kalamasi, 2009.

F. Benedicta and A. C. Paramita, "Fashion Sebagai Identitas Masyarakat Urban pada Konten Youtube Yoshiolo," J. Communio J. Jur. Ilmu Komun., vol. 11, no. 2, pp. 220-240, 2022.

F. C. Santoso, I. P. Hadi, and D. Yoanita, "Sikap Generasi Milenial Terhadap Pesan Budaya Korea Dalam Iklan Mie Sedaap Selection 'Korean Spicy Chicken' di Televisi," J. e-Komunikasi, vol. 8, no. 2, 2020.

F. L. Whitney, "The Elements Of Research," New York: Prentice Hall Inc, 1960.

G. K. H. Adi, "Korean Wave (Studi Tentang Pengaruh Budaya Korea Pada Penggemar K-Pop di Semarang)," Fakultas Ilmu Budaya, 2019.

I. S. Rosalinda, "Persepsi Siswa Pondok Pesantren Terhadap Akun Youtube Chanel Bangtantv," Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2022.

M. D. S. Donny Ermawan T., "Pengaruh Globalisasi Terhadap Eksistensi Kebudayaan Daerah di Indonesia," J. Kaji. LEMHANNAS RI, 2017.

M. F. Helmi, "Di Balik Fenomena BA Korsel Dalam Promosi Perusahaan Rintisan di Indonesia," Universitas Paramadina, 2023. Available: https://m.kumparan.com/amp/universitas-paramadina/di-balik-fenomena-ba-korsel-dalam-promosi-perusahaan-rintisan-di-indonesia-1zYGu5144OG

M. Nazir, "Metode Penelitian," Bogor: Ghalia Indonesia, 2017.

N. N. Sari, "Opini: Memahami Generasi Z dari Fandom BTS Army," Harian Jogja, 2021. Available: https://opini.harianjogja.com/read/2021/07/15/543/1077047/opini-memahami-generazi-z-dari-fandom-bts-army

N. R. Safitri, M. R. Ramli, and B. Siregar, "Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Burger King Versi 'Pesanlah dari McDonald's,'" J. Sci. Communication, vol. 3, no. 2, pp. 120-131, 2021.

Newswire, "Dipakai 93.8% Pengguna Internet Indonesia, Youtube Jadi Medsos Terpopuler," Solopos.com, 2021. Available: https://www.solopos.com/dipakai-938-pengguna-internet-indonesia-youtube-jadi-medsos-terpopuler-1107625

Prof. Deddy Mulyana, "Ilmu Komunikasi Sebagai Pengantar," Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

R. R. P. Raharja, "Persepsi Remaja Mengenai Youtuber Indonesia Studi Kualitatif Persepsi Remaja Mengenai Youtuber Indonesia di Komunitas Youtuber Bandung," PERPUSTAKAAN, 2018.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Aini Alfatikhah, D. N., & Aesthetika , N. M. (2024). Persepsi Mahasiswa terhadap Iklan Menu Hemat Spesial BTS GoFood. CONVERSE Journal Communication Science, 1(2), 70–79. https://doi.org/10.47134/converse.v1i2.2988

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)