Motivasi Mengikuti Blacklist Akun Penipu Referensi Akun Penipuan

Authors

  • Tesa Kurnia Wijayanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nur Maghfirah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/converse.v1i1.2847

Keywords:

Instagram, perilaku konsumen, belanja online, Pengaruh media sosial, kewaspadaan konsumen

Abstract

Studi ini menyelidiki dampak konten Instagram terhadap perilaku konsumen, khususnya mengenai peran akun @blacklist_akunpenipu. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana akun tersebut mempengaruhi keputusan pembelian dan meningkatkan kewaspadaan konsumen dalam berbelanja online. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini menganalisis interaksi dan tanggapan dari pengikut akun tersebut. Temuan menunjukkan bahwa akun @blacklist_akunpenipu memainkan peran penting dalam mengubah persepsi pengunjung dan mempromosikan keputusan pembelian yang hati-hati dan terinformasi. Pengikut melaporkan manfaat yang signifikan, menjadi lebih berhati-hati dan cermat dalam aktivitas belanja online mereka. Studi ini menyoroti pentingnya media sosial dalam meningkatkan keterlibatan konsumen dan mempromosikan praktik belanja online yang lebih aman.

References

N. A. Tama, S. Murdiningrum, and S. Rahayu, "Strategi Komunikasi Interpersonal Media Instagram @Dinkesdki Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Selama Pandemi Covid-19," J. Mhs. Bk An-Nur Berbeda, Bermakna, Mulia, vol. 8, no. 1, p. 79, 2022, doi: 10.31602/jmbkan.v8i1.6554.

M. Rachmansyah and L. P. Supratman, "Peran Media Instagram Dalam Memasarkan Produk Fashion Dollies," J. Stud. Komun. dan Media, vol. 24, no. 1, pp. 73–90, 2020.

A. Rahmadillah, "Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Di Kalangan Remaja Kecamatan Tambun Utara Bekasi Jawa Barat," J. Daring Mhs. Komun., vol. 1, no. 2, pp. 1–20, 2022.

L. Evanne, A. Adli, and N. Ngalimun, "Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Dan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Selatan," Al-Kalam J. Komunikasi, Bisnis dan Manaj., vol. 8, no. 1, p. 55, 2021, doi: 10.31602/al-kalam.v8i1.4158.

S. Shuqair and P. Cragg, "The Immediate Impact of Instagram Posts on Changing the Viewers’ Perceptions Towards Travel Destinations," Asia Pacific J. Adv. Bus. Soc. Stud., vol. 3, no. 2, 2017, doi: 10.25275/apjabssv3i2bus1.

M. F. Alfindra and M. Yahya, "Motivasi Mahasiswa Bergabung Dalam Media Sosial Instagram," Commun. Q., vol. 2, no. 1, pp. 559–77, 2017.

Roswita, "Motif Dan Kepuasan Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Pelajar Siswa SMA Negeri 5 Samarinda," Ejournal Ilmu Komun., vol. 3, no. 3, pp. 290–300, 2015.

E. P. Sari, D. A. Febrianti, and others, "Fenomena Penipuan Transaksi Jual Beli Online Melalui Media Baru Berdasarkan Kajian Space Transition Theory," Deviance J., vol. 6, pp. 153–168, 2022, doi: 10.36080/djk.v.

S. Setyawan and R. A. Putra, "Motivasi Subscriber Dalam Menonton Channel YouTube Gadgetin," Perspekt. Komun. J. Ilmu Komun. Polit. dan Komun. Bisnis, vol. 6, no. 1, p. 123, 2022, doi: 10.24853/pk.6.1.123-128.

S. Candrasari, "Komunikasi Interpersonal Melalui Penggunaan Media Sosial Antara Dokter Dan Pasien Di Klinik Medika Lestari Jakarta," Prof. J. Komun. dan Adm. Publik, vol. 6, no. 1, 2019, doi: 10.37676/professional.v6i1.836.

D. Halim, G. T. Dini, and S. Salim, "Analisis Komunitas Online Girl We Can Terkait Efektivitas Komunikasi Interpersonal Antara Pengurus Dan Anggota," vol. 22, no. 2, pp. 301–324, 2022.

S. S. Lestari and K. Kurniawati, "Analisa Kemampuan Komunikasi Interpersonal Najwa Shihab Melalui Akun Instagram @Najwashihab," Al-Ittizaan J. Bimbing. Konseling Islam, vol. 4, no. 2, pp. 65–72, 2021, doi: 10.24014/ittizaan.v4i2.16475.

D. J. Sari, M. H. Ritonga, and K. Jamil, "Perilaku Komunikasi Interpersonal Dalam Penggunaan Media Sosial YouTube Pada Anak Remaja," Algebra J. Pendidikan, Sos. dan Budaya, vol. 2, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.yana.or.id/index.php/algebra/article/view/388

D. Kushardiyanti, N. K. Khotimah, A. Humardhiana, R. Ika, and M. Binasdevi, "Literasi Digital Dan Teknologi Komunikasi Interpersonal (Studi Kasus Penipuan Melalui ‘Kencan Online’ Di Media Sosial)," vol. 6, no. 1, pp. 24–30, 2022.

Afwan Syahril Manurung, "Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara," Front. Neurosci., vol. 14, no. 1, pp. 1–13, 2021.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Wijayanti, T. K., & Maghfirah , N. (2024). Motivasi Mengikuti Blacklist Akun Penipu Referensi Akun Penipuan. CONVERSE Journal Communication Science, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.47134/converse.v1i1.2847

Issue

Section

Articles