Pengaruh On Time Performance Kereta Api Bandara YIA terhadap Kepuasan Penumpang Pesawat di Bandar Udara Internasional Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.47134/railway.v1i2.2677Keywords:
On Time Performance, Kepuasan Penumpang, Kereta Bandara, Bandar Udara Internasional YogyakartaAbstract
Perkembangan moda transportasi semakin beragam dengan banyaknya alternatif untuk menuju atau keluar dari bandar udara salah satunya adalah kereta api bandara yang saat ini sangat digemari oleh penumpang pesawat yang akan bepergian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah On Time Performance kereta api bandara berpengaruh terhadap kepuasan penumpang pesawat dan indikator apa yang mempengaruhi kepuasan penumpang pesawat yang menggunakan kereta api bandara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah penumpang yang sudah pernah menggunakan jasa kereta api bandara untuk penumpang yang datang dan berangkat melalui Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Sampel berjumlah 100 responden dan pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat dua variabel yaitu On Time Performance (X) dan kepuasan penumpang (Y). Penelitian ini menunjukkan bahwa H0 di tolak dan Ha diterima di tunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 10,771 > t tabel dan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa variabel pengaruh on time performance (X) berpengaruh terhadap kepuasan penumpang (Y) di Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Adapun indikator yang telah diuji dan didapati bahwa yang mempengaruhi kepuasan penumpang dengan nilai persentase 70% dari 100 sampel yang diambil, menunjukkan sangat setuju atas pernyataan yang terdapat kuesioner penelitian ini bahwa “jadwal keberangkatan kereta api bandara yang sesuai dengan jadwal keberangkatan pesawat”.
References
Azis, R., dan Asrul. (2014). Pengantar Sistem dan Perencanaan Transportasi. Yogyakarta: Deepublish.
Anggraeni Putri, E. (2016). Evaluasi Kinerja PT. Gapura Angkasa Terhadap On Time Performance Maskapai Citilink Bulan Juni 2016 Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Skripsi Thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan.
Dispar, P. I. P. “Jadwal Kereta Api Bandara YIA”. https://visitingjogja.jogjaprov.go.id/id/. Diakses pada 05 Juli 2023
Elsanhoury, M. (2023). Emerging Wireless Technologies for Reliable Indoor Navigation in Industrial Environments. Proceedings of the 36th International Technical Meeting of the Satellite Division of the Institute of Navigation, ION GNSS+ 2023, 1706–1714. https://doi.org/10.33012/2023.19225 DOI: https://doi.org/10.33012/2023.19225
Ferdiansyah, E., & Risdiyanto, R. (2022). Layanan Kereta Bandara Yogyakarta International Airport Menurut Perspektif Penumpang. Rancang Bangun Teknik Sipil, 8(2), 23-28.
Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Semarang: UNDIP.
Gunturi, S. K. (2023). Real-Time Masked Face Recognition in the Wild with few shots. Proceedings - International Conference on Developments in ESystems Engineering, DeSE, 303–310. https://doi.org/10.1109/DeSE60595.2023.10469038 DOI: https://doi.org/10.1109/DeSE60595.2023.10469038
Haryono, Sigit. (2010). Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Bus Kota) di Kota Yogyakarta. Jurnal Transportasi. 7(2), 2-14.
Huang, K. W. (2023). IWGAN: Anomaly Detection in Airport Based on Improved Wasserstein Generative Adversarial Network †. Applied Sciences (Switzerland), 13(3). https://doi.org/10.3390/app13031397 DOI: https://doi.org/10.3390/app13031397
Ilyas, A. (2023). Deep Learning for Violence Detection in Surveillance: The Role of Transfer Learning and Pre-Trained Models. 2023 24th International Arab Conference on Information Technology, ACIT 2023. https://doi.org/10.1109/ACIT58888.2023.10453685 DOI: https://doi.org/10.1109/ACIT58888.2023.10453685
Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75. DOI: https://doi.org/10.34127/jrlab.v8i2.292
Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. (2002). Jakarta: PT. Prehalindo.
Paikrao, P. D. (2023). Smart Emotion Recognition Framework: A Secured IoVT Perspective. IEEE Consumer Electronics Magazine, 12(1), 80–86. https://doi.org/10.1109/MCE.2021.3062802 DOI: https://doi.org/10.1109/MCE.2021.3062802
Parmaksizoglou, I. A. (2023). Design of a Demand Responsive Transport service using Distributed Constraint Optimization for airport access. 2023 8th International Conference on Models and Technologies for Intelligent Transportation Systems, MT-ITS 2023. https://doi.org/10.1109/MT-ITS56129.2023.10241535 DOI: https://doi.org/10.1109/MT-ITS56129.2023.10241535
Priyastama, Romie. (2017). Buku Sakti Kuasai SPSS Pengelolaan data dan Analisis data. Yogyakarta: Start Up
PT.KAI. (2017). “Sejarah Perkeretaapian”. https://heritage.kai.id/page/sejarah-perkeretapian. Diakses pada tanggal 05 Juli 2023.
PT. Angkasa Pura I. (2020). “Bandar Udara Yogyakarta International Airport”. https://yogyakarta-airport.co.id/id. Diakses 05 Juli 2023
Sekaran, Uma dan Roger Bougie. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Ed. 6, Jakarta Selatan: Salemba Empat
Selvakumar, V. (2024). Blockchain-aware federated anomaly detection scheme for multivariate data. Artificial Intelligence, Blockchain, Computing and Security - Proceedings of the International Conference on Artificial Intelligence, Blockchain, Computing and Security, ICABCS 2023, 1, 690–698. https://doi.org/10.1201/9781003393580-102 DOI: https://doi.org/10.1201/9781003393580-102
Setiawan, A. H. (2016). Pengaruh Kondisi Fisik dan Nonfisik Kereta Api Bandara Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Railink di Medan. Skripsi Thesis, Universitas Medan Area.
Sharma, A. (2023). Designing, Modeling, and Fabrication of a Novel Solar-Concentrating Spittoon against COVID-19 for Antibacterial Sustainable Atmosphere. Sustainability (Switzerland), 15(12). https://doi.org/10.3390/su15129286 DOI: https://doi.org/10.3390/su15129286
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Syaifullah dan Mira. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Pegadaian (Persero) Batam. Skripsi Thesis, Universitas Putera Batam. DOI: https://doi.org/10.33884/jimupb.v6i2.682
Undang-Undang No 22 tahun 2009, Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Yoga Pratama, Febri. (2020). Pengaruh On Time Perfomance Kereta Api Bandara Solo Ekspres Terhadap Kemudahan Penumpang Pesawat Di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali. Skripsi Thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan.
Zhang, W. (2024). Air Traffic Flow Identification and Recognition in Terminal Airspace through Machine Learning Approaches. AIAA SciTech Forum and Exposition, 2024. https://doi.org/10.2514/6.2024-0536 DOI: https://doi.org/10.2514/6.2024-0536
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rosa Linda, Rahimudin Rahimudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.