Pengaruh Fasilitas LRT terhadap Kepuasan Penumpang menuju Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Authors

  • Intan Mega Utami Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Irwina Meilani Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/railway.v1i2.2608

Keywords:

Fasilitas, Kepuasan Penumpang, Light Rail Transit (LRT)

Abstract

Transportasi mempunyai peranan penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi, pembangunan daerah dan pemersatu daerah. Salah satu moda transportasi yang berperan dalam pembangunan daerah adalah transportasi udara. Dalam sistem transportasi udara, bandar udara diperlukan sebagai tempat pesawat udara melakukan aktivitasnya. Untuk menuju bandara diperlukan transportasi lain, salah satunya LRT. Dalam hal ini LRT memerlukan fasilitas yang dapat memberikan rasa kepuasan kepada penumpangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas LRT terhadap kepuasan penumpang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana melalui SPSS. Hasil penelitian menghasilkan hasil Uji T dengan nilai signifikansi 0,00 yang berarti H0 ditolak, Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh fasilitas LRT terhadap kepuasan penumpang Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Bandara dan besarnya pengaruh fasilitas LRT terhadap kepuasan penumpang. umpan balik adalah 62,9%. Dimana nilai signifikansi uji T sebesar 0,000 lebih kecil dari konstanta 0,05.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Indrawati. (2017). Perilaku Konsumen Individu. Bandung: Refika

Kemendishub. (2018). Naik LRT Palembang Cepat dan Murah Sampai Tujuan. https://dephub.go.id/post/read/naik-LRT-palembang,-cepat-dan-murah-sampai-tujuan?language=en. Diakses pada 6 September 2018

Kementrian Perhubungan (2012) Sistem Transportasi Nasional (Sistranas), Jakarta: Kementrian Perhubungan

Kotler, Philip, Gary Amstrong. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi dua belas jilid 1. Pearson education

Kusnadi, Moh. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (Lengkap dan Praktis) Edisi Terbaru. Surabaya: CV. Cahaya Agency

Kusumawardani, M. A., Adawiyah, R., Riyanto, B., & Insriastuti, A. K. (2013). Evaluasi Efektivitas dan Efisiensi Angkutan Umum di Kawasan Tembalang. Jurnal Karya Teknik Sipil, 2(1), 60-74.

Nasution, MN. (2015). Manajemen Transportasi. Bogor: Ghalia Indonesia

Peraturan Menteri Perhububgan No. PM 69 Tahun 2013 Tentang Kebandarudaraan Naisonal

Putra, A. Y & Heryati. (2020). Manajemen Transportasi: Faktor-Faktor Pemilihan Moda Terhadap Kinerja Angkutan Melalui Kualitas Pelayanan LRT (Light Rail Transit) Pada Masyarakat Kota Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 18(3), 195-212. DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v18i3.13061

Putra, Khalifah Gema. (2020).Analisi ketersediaan Moda Transportasi Darat Terhadap Kenyamanan Pengunjung di Bandar udara Jendal Ahmad Yani Semarang. Skripsi. STTKD Yogyakarta.

Rosana, Dolly. (2018). Selama April 2018 Bandara SMB didarati 1.918 Pesawat. https://sumsel.antaranews.com/berita/335313/selama-april-2018-bandara-smb-ii-didarati-1918-pesawat. Diakses pada 6 Juni 2018 pukul 12:48 WIB

Salim, Abbas. (2016), Manajemen Trasportasi, Jakarta: Radja Grafindo.

Sopiah. (2015). Perilaku Konsumen.Yogyakarta: Andi

Sugiyono. (2019), Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, dan R&D) Cetakan ke-8. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy. (2019). Service Manajement Mewujudkan Layanan Prima 2. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 tentang penerbangan dan pelayanan Bandar Udara.( 2009). Jakarta

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Nomor 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian. (2007). Jakarta

Wijaya., T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa (Desain servqual,QFS,dan kano. Jakarta Barat: Indeks.

Downloads

Published

2024-06-02

How to Cite

Utami, I. M., & Meilani, I. (2024). Pengaruh Fasilitas LRT terhadap Kepuasan Penumpang menuju Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Railway Journal, 1(2), 8. https://doi.org/10.47134/railway.v1i2.2608

Issue

Section

Articles