Pengaruh Fasilitas LRT terhadap Kepuasan Penumpang menuju Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang
DOI:
https://doi.org/10.47134/railway.v1i2.2608Keywords:
Fasilitas, Kepuasan Penumpang, Light Rail Transit (LRT)Abstract
Transportasi mempunyai peranan penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi, pembangunan daerah dan pemersatu daerah. Salah satu moda transportasi yang berperan dalam pembangunan daerah adalah transportasi udara. Dalam sistem transportasi udara, bandar udara diperlukan sebagai tempat pesawat udara melakukan aktivitasnya. Untuk menuju bandara diperlukan transportasi lain, salah satunya LRT. Dalam hal ini LRT memerlukan fasilitas yang dapat memberikan rasa kepuasan kepada penumpangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas LRT terhadap kepuasan penumpang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana melalui SPSS. Hasil penelitian menghasilkan hasil Uji T dengan nilai signifikansi 0,00 yang berarti H0 ditolak, Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh fasilitas LRT terhadap kepuasan penumpang Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Bandara dan besarnya pengaruh fasilitas LRT terhadap kepuasan penumpang. umpan balik adalah 62,9%. Dimana nilai signifikansi uji T sebesar 0,000 lebih kecil dari konstanta 0,05.
References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Indrawati. (2017). Perilaku Konsumen Individu. Bandung: Refika
Kemendishub. (2018). Naik LRT Palembang Cepat dan Murah Sampai Tujuan. https://dephub.go.id/post/read/naik-LRT-palembang,-cepat-dan-murah-sampai-tujuan?language=en. Diakses pada 6 September 2018
Kementrian Perhubungan (2012) Sistem Transportasi Nasional (Sistranas), Jakarta: Kementrian Perhubungan
Kotler, Philip, Gary Amstrong. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi dua belas jilid 1. Pearson education
Kusnadi, Moh. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (Lengkap dan Praktis) Edisi Terbaru. Surabaya: CV. Cahaya Agency
Kusumawardani, M. A., Adawiyah, R., Riyanto, B., & Insriastuti, A. K. (2013). Evaluasi Efektivitas dan Efisiensi Angkutan Umum di Kawasan Tembalang. Jurnal Karya Teknik Sipil, 2(1), 60-74.
Nasution, MN. (2015). Manajemen Transportasi. Bogor: Ghalia Indonesia
Peraturan Menteri Perhububgan No. PM 69 Tahun 2013 Tentang Kebandarudaraan Naisonal
Putra, A. Y & Heryati. (2020). Manajemen Transportasi: Faktor-Faktor Pemilihan Moda Terhadap Kinerja Angkutan Melalui Kualitas Pelayanan LRT (Light Rail Transit) Pada Masyarakat Kota Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 18(3), 195-212. DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v18i3.13061
Putra, Khalifah Gema. (2020).Analisi ketersediaan Moda Transportasi Darat Terhadap Kenyamanan Pengunjung di Bandar udara Jendal Ahmad Yani Semarang. Skripsi. STTKD Yogyakarta.
Rosana, Dolly. (2018). Selama April 2018 Bandara SMB didarati 1.918 Pesawat. https://sumsel.antaranews.com/berita/335313/selama-april-2018-bandara-smb-ii-didarati-1918-pesawat. Diakses pada 6 Juni 2018 pukul 12:48 WIB
Salim, Abbas. (2016), Manajemen Trasportasi, Jakarta: Radja Grafindo.
Sopiah. (2015). Perilaku Konsumen.Yogyakarta: Andi
Sugiyono. (2019), Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, dan R&D) Cetakan ke-8. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy. (2019). Service Manajement Mewujudkan Layanan Prima 2. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 tentang penerbangan dan pelayanan Bandar Udara.( 2009). Jakarta
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Nomor 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian. (2007). Jakarta
Wijaya., T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa (Desain servqual,QFS,dan kano. Jakarta Barat: Indeks.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Intan Mega Utami, Irwina Meilani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.