Efektivitas Teknik Konseling Client-Centered dalam Menurunkan Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa

Authors

  • Winandya Ayu Kemalla Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • M Rizqon Kamil Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Jamaluddin Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjp.v2i3.4102

Keywords:

Mahasiswa, Prokrastinasi Akademik, Konseling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas teknik konseling dalam menurunkan perilaku prokrastinasi akademik yang sering dialami oleh mahasiswa. Prokrastinasi akademik merupakan kebiasaan menunda-nunda dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Dalam konteks ini, konseling dengan pendekatan client-centered dipilih sebagai metode intervensi yang diharapkan dapat membantu mahasiswa mengatasi prokrastinasi akademik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen kuantitatif dan Single Subject Research, yang memungkinkan untuk mengukur efektivitas teknik konseling secara lebih terperinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi konseling mampu efektif dalam menurunkan tingkat prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang menjadi subjek penelitian. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang bagaimana teknik konseling dapat digunakan sebagai strategi untuk mengatasi prokrastinasi akademik di kalangan mahasiswa.

References

Burka, J. B., & Yuen, L. M. (2008). Procrastination: Why you Do It, What To Do About It. New York: Perseus Books.

Danni Rosada, U. (2016). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling Model Pendekatan Konseling Client Centered Dan Penerapannya Dalam Praktik.

Fatimatuzzahroh, S., & Muhid, A. (2022). Pentingnya Pendekatan Client Centered Therapy Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 : Literatur Review. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 7(1), 1-10.

Mayasari, M. D., Dewi, M., & Weni, E. W. (2010). Hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap metode pengajaran dosen dengan kecenderungan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya. Jurnal Insan, 12(2) 95-103.

Mulyadi, Y., M., & Sulaiman, F. (2017). Penerapan teknik manajemen diri dapat mengurangi kebiasaan prokrastinasi akademik mahasiswa STKIP Muhammadiyah Enrekang. Jurnal Edumaspul, 1(2), 92–103.

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45-52. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868

Pertiwi., D. F. & Sa’adah., N. (2022). Dampak Client Centered Counseling Terhadap Regulasi Diri Siswa Yang Mengalami Prokrastinasi Akademik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman 2(1), 70-80.

Premadyasari, D. 2012. Prokrastinasi dan Task Aversiveness Tugas Makalah pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Online). Jurnal. Calyptra, 1(1), 1-16, https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/arti cle/viewFile/6/4, diakses 23 Oktober 2013, pukul 19.20.

Rajapakshe, W. (2021). The Impact of Academic Procrastination, Self-Efficacy, and Motivation on Academic Performance: Among Undergraduates in Non-State Universities in Sri Lanka. Asian Journal of Education and Social Studies, 14(3), 25-38. https://doi.org/10.9734/ajess/2021/v14i33035 6

Rizvi, A., Prawitasari, J. E., & Soetjipto, H. P. (1997). Pusat kendali dan efikasi-diri sebagai prediktor terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 2(3), 51-66. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol2.iss3.art6

Rusdana, N. L., Fitriana, S., & Mujiono, D. (2022). Analisis Deskriptif Tingkat Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X MIPA Empati Bimbingan Dan Konseling , 9(1), 36±43.

Solomon, L. J. & Rothblum, E. D. 1984. Academic Procrastination: Frequency and Cognitive Behavioral Correlates (Online). Journal of Counceling Psychology 31(4), 503-509, http://wwwrohan.sdsu.edu/~rothblum/doc_pdf/procrastina tion/AcademicProcrastinationFrequency.pdf, diakses 23 Oktober 2013, pukul 20.45.

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65-94.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Surianti, Mulkiyan, & Nur., M. J. (2020). Teori & Teknik Bimbingan dan Konseling. Sinjai: Cv. Latinulu.

Triyono, “Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Regulasi Emosi Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA,” Skripsi thesis, Univ. Muhammadiyah Surakarta., no. January, p. 43, 2014.

Yulia, A.M.I. (2018). Efektifitas Konseling Client Centered Untuk Meningkatkan Kemandirian Mengambil Keputusan Siswa. Pendidikan Budaya dan Sejarah “Dibalik Revitasi Budaya,” 71-78.

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Kemalla, W. A., Kamil, M. R., & Jamaluddin, M. (2025). Efektivitas Teknik Konseling Client-Centered dalam Menurunkan Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 2(3), 9. https://doi.org/10.47134/pjp.v2i3.4102

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.