Teknik Relaksasi untuk Kecemasan dan Stres Pada Remaja: Kajian Sistemik
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2581Keywords:
Kecemasan, Relaksasi, Stres, Teknik RelaksasiAbstract
Artikel ini memuat hasil kajian yang dikaji secara sistematik, terkait artikel-artikel yang terbit antara tahun 2014 sampai dengan tahun 2024, yang secara khusus mengkaji teknik relaksasi untuk kecemasan dan stres pada remaja dengan rentang usia 13-20 tahun di Indonesia. Tujuan penellitian ini guna mengetahui pengaruh berbagai teknik relaksasi terhadap tingkat stres dan keecemasan pada remaja dengan rentang usia 13-20 tahun di Indonesia. Peneliti memutuskan dua kriteria utama dalam pemilihan artikel. Panduan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis (PRISMA) akan digunakan saat memilih artikel untuk ditinjau, hal ini mencakup: penentuan topik dan kriteria, penentuan sumber informasi, pemilihan literatur yang relevan, pengumpulan artikel, dan analisis artikel. Analisis sistematik ini menyediakan informasi komprehensif mengenai teknik relaksasi untuk kecemasan dan stress yang dapat mempengaruhi individu khususnya remaja. Peneliti menemukan lima teknik relaksasi yang mempengaruhi kecemasan dan stress yang dimiliki remaja yang meliputi teknik relaksasi deep breathing, terapi suportif, terapi relaksasi progresif, terapi relaksasi benson, dan relaksasi autonomous sensory meridian response (asmr). Memberikan teknik relaksasi dapat menurunkan tingkat kecemasan dan stress yang dialami remaja. Bukti empiris ini menjadi dasar pertimbangan bagi remaja untuk menerima informasi yang tepat mengenai teknik relaksasi sebagai pendekatan proaktif dalam mengatasi kecemasan dan stres agar tidak merugikan diri sendiri atau orang lain.
References
Aji, P. T., & Rizkasari, E. (2021). Efektifitas Terapi Afirmasi Positif Dan Relaksasi Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 4(2), 196-208. doi: https://doi.org/10.1186/1472-6874-14-15 DOI: https://doi.org/10.33061/js.v4i2.6716
Alimardani, F., & Yusuf, A. (2020). Hubungan antara Kecemasan dan Stres dengan Kesejahteraan Psikologis pada Individu Dewasa Muda. Jurnal Psikologi Terapan, 8(2), 123-135.
Amanah, S., Jauhari, R., & Sutja, A. (2023). Analisis Tingkat Stress Akademik pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4578-4581. doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5959
Andari, I. D., Zulfiana, E., Harnawati, R. A., & Arisanti, N. L. (2022). Peningkatan Pengetahuan Tentang Teknik Relaksasi Akupresur Untuk Mengurangi Stres Belajar Pada Siswa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4478-4485. doi: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.10824 DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.10824
Ariyanto, E. A. (2015). Pengaruh relaksasi otot progresif terhadap tingkat stress pada remaja di Lapas Anak Blitar. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1). doi: https://doi.org/10.30996/persona.v4i1.496 DOI: https://doi.org/10.30996/persona.v4i1.496
Atika, Y., & Purnamasari, A. (2023). Pengaruh Teknik Relaksasi Deep Breathing dan Terapi Suportif untuk Menurunkan Kecemasan pada Siswa dan Siswi. R.JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(11), 8772-8777. doi: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2675 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2675
Ayamah., & Kardina, A.(2022). The Effect Of Progressive Muscle Relaxation Techniques On Sleep Quality Among Adolescents. Journal Of Nursing Research, 2(1), 22-30.
Bunyamin, A. (2021). Mengelola Stres dengan Pendekatan Islami dan Psikologis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 145-159. doi: https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20971 DOI: https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20971
Cahyanti, L., Putri, D. S., Fitriana, V., & Yuliana, A. R. (2023). Terapi Relaksasi Benson Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Profesi Keperawatan (JPK), 10(2), 125-135.
Cahyanto, E. B., & Suratih, K. (2021). Effect of Progressive Muscle Relaxation on Anxiety. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 9(3). doi: https://doi.org/10.20961/placentum.v9i3.54783 DOI: https://doi.org/10.20961/placentum.v9i3.54783
Carisa, F. (2022). Pengaruh relaksasi otot progresif terhadap tingkat kecemasan mahasiswa Fakultas Kedokteran di Indonesia. e-CliniC, 10(2), 250-25. doi: https://doi.org/10.35790/ecl.v10i2.39185
Carisa, F., & Wahyuni, O. D. (2022). Effect of Progressive Muscle Relaxation on Anxiety Level of Medical Faculty Students in Indonesia. e-CliniC, 10(2), 250-256. doi: https://doi.org/10.35790/ecl.v10i2.39185 DOI: https://doi.org/10.35790/ecl.v10i2.39185
Dwitama, T. R. (2021). Efektifitas Teknik Relaksasi Otot Untuk Membantu Siswa Mengurangi Stres Belajar Pada Siswa Kelas Xi Di Sma N 1 Sewon. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 17-25.
Elly, N., Annisa, R., & Al Ghazali, S., Ervan. (2023). Literature Review: Terapi Relaksasi Benson Berpengaruh Terhadap Kualitas Tidur Lansia. Jurnal Ilmu Kesehatan Mandira Cendikia, 2(6), 1-7.
Furqan, A. (2016). Pengaruh Terapi Relaksasi Progresif Terhadap Stres Pada Remaja Penghuni Lembaga Pemasyarakatan. Psikoborneo, 4(2), 168-174. doi: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i2.3996 DOI: https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i2.3996
Ginata, A. J., Astuti, R. D. I., & Hartati, J. (2023). Tingkat Stres Berdasarkan Jenis Stresor pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Unisba. Jurnal Riset Kedokteran, 25-30. doi: https://doi.org/10.29313/jrk.vi.1915 DOI: https://doi.org/10.29313/jrk.vi.1915
Hafida, H., Effendi, Z., & Purwanto, S. (2023, November). Pengaruh Kombinasi Metode Butterfly Hug Dan Terapi Musik Terhadap Perubahan Tingkat Kecemasan Pada Remaja. In Proceeding Seminar Nasional Keperawatan (Vol. 9, No. 1, pp. 190-202).
Hasni, N. I., Supriatun, E., & Toruan, S. A. L. (2023). Penerapan Psikoedukasi Dalam Penanganan Stress Akademik Pada Siswa Di Sma N 1 Sliyeg Kabupaten Indramayu. Journal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 49-60. doi: https://doi.org/10.31884/nadimas.v2i1.21 DOI: https://doi.org/10.31884/nadimas.v2i1.21
Hayati, S. A., Aminah, & Prasetia, M. E. (2022). Pelatihan Progressive Muscle Relaxation Training Untuk Mengurangi Stress Academic Remaja Di Lingkungan Lahan Rawa Panti Asuhan Puteri Intan Sari Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 8(1), 68-79. doi: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i1.7258 DOI: https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i1.7258
Hernawaty, T. (2022). Teknik Relaksasi Menurunkan Kecemasan: Narrative Review. JCI: Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(3). doi: https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i3.4028 DOI: https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i3.4028
Juliawati, D., Ayumi, R. T., Yandri, H., & Alfaiz, A. (2019). Efektivitas relaksasi teknik meditasi untuk membantu siswa mengatasi stres sebelum menghadapi ujian nasional. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(1), 37-45. doi: doi.org/10.31960/ijolec.v2il.151 DOI: https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i1.151
Mayliyan, A. K. (2022). Pengaruh Afirmasi Positif Terhadap Depresi, Ansietas, Dan Stres Warga Binaan Di Rutan Pada Kasus Penyalahgunaan Napza. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 10(4), 683-688. doi:https://doi.org/10.26714/jkj.10.4.2022.683-690
Ningsih, D. R. (2020). Pengaruh Relaksasi Untuk Kontrol Emosi. Al-Isyrof Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1). doi: https://doi.org/10.51339/isyrof.v2i2.208 DOI: https://doi.org/10.51339/isyrof.v2i2.208
Ningsih, D. W., Rosita, T., & Yuliani, W. (2023). Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Deep Breathing Untuk Mengurangi Kecemasan Akademik Pada Peserta Didik Sman 1 Margaasih. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 6(5), 410-421. doi: 10.22460/fokusv6i5.20768 DOI: https://doi.org/10.22460/fokus.v6i5.20768
Noorrakhman, Y., & Pratikto, H. (2022). Relaksasi nafas dalam (deep breathing) untuk menurunkan kecemasan pada lansia. INNER: Journal of Psychological Research, 1(4), 215-222.
Nurfitriyani, E., & Sugiyanto, E. P. (2022). Penerapan Relaksasi Otot Progresif Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Pada Remaja Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 6(2), 76–82. doi: https://doi.org/10.33655/mak.v6i2.133 DOI: https://doi.org/10.33655/mak.v6i2.133
Nurnaningsih. (2020). Teknik Relaksasi Teknik Relaksasi Progresif Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer. Syifa Al-Qulub, 4(2), 21-26. doi: http://dx.doi.org/10.15575/saq.v4i2.7576 DOI: https://doi.org/10.15575/saq.v4i2.7576
Palupi, T. N. (2020). Tingkat stres pada siswa-siswi sekolah dasar dalam menjalankan proses belajar di rumah selama pandemi covid-19. Jurnal psikologi pendidikan dan pengembangan sdm, 9(2), 18-29.
Pastari, M. (2023). Pengaruh Expressive Writing Therapy Terhadap Kecemasan Pada Pengguna Narkoba. (JPP) Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang, 18(1), 59-64. doi: https://doi.org/10.36086/jpp.v18i1.1686 DOI: https://doi.org/10.36086/jpp.v18i1.1686
Pratiwi, T. I. (2022). Penerapan teknik relaksasi untuk menangani kecemasan menghadapi ujian pada siswa. Jurnal BK Unesa, 12(2).
Rahayu, P., Sartika, M., & Nengsih, E. R. (2024). Pemberian Guide Imagery Sebagai Tatalaksana Respon Psikologis Pada Remaja Dengan Resiko Dm Di Sman 3 Tambun Selatan” Tahun 2023. PROFICIO, 5(1), 449-454. https://doi.org/10.36728/jpf.v5i1.2955 DOI: https://doi.org/10.36728/jpf.v5i1.2955
Rahmawati, F. N. (2021). Relaksasi Otot Progresif Terhadap Penurunan Tingkat Stres Akademik. Plakat (Pelayanan Kpd. Masyarakat), 3(2). https://doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6743 DOI: https://doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6743
Rasyidin, M. U., & Pratiwi, T. I. (2022). Penerapan teknik relaksasi untuk menangani kecemasan menghadapi ujian pada siswa.
Rizal, S. (2019). Implementasi Teknik Relaksasi Dalam Menurunkan Gejala Relapse Emosi Klien Id Di Desa Lembang Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat. Jurnal Ilmiah Rehabilitasi Sosial (Rehsos), 1(2).
Sari, I. D. A. (2020). Mereduksi Stres Dalam Belajar Dengan Menggunakan Strategi Relaksasi. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(2), 79-85. doi: https://doi.org/10.29407/nor.v7i2.15057 DOI: https://doi.org/10.29407/nor.v7i2.15057
Soeli, Y. M., Yusuf, M. N. S., & Lakoro, D. D. K. (2021). Tingkat Stres Siswa Pada Sekolah yang Menerapkan Sistem Full Day School. Jambura Nursing Journal, 3(1), 1-11. doi: https://doi.org/10.37311/jnj.v3i1.9822 DOI: https://doi.org/10.37311/jnj.v3i1.9822
Syatoto, I. A. (2018). Pengaruh Teknik Relaksasi Deep Breathing Terhadap Penurunan Kecemasan Akademik Siswa Kelas XI. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(8).
Wahono, W. S., Agustina, M., & Shifa, N. A. (2023). Pengaruh Relaksasi Autonomous Sensory Meridian Response (Asmr) terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Skripsi pada Mahasiswa Keperawatan Reguler Tingkat Akhir di Universitas Indonesia Maju. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 3(3), 145-156. doi: https://doi.org/10.55606/jrik.v3i3.2631 DOI: https://doi.org/10.55606/jrik.v3i3.2631
Wahyudianto, A., & Ruliyatin, E. (2020). Penerapan Konseling Individual Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kebiasaan Merokok Siswa XI DITF SMKN Pasirian. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 37(1), 16-22. doi: https://doi.org/10.36456/helper.vol37.no1.a2829 DOI: https://doi.org/10.36456/helper.vol37.no1.a2829
Yuliastini, N. K. S. (2020). Efektivitas model konseling behavioral dengan teknik relaksasi untuk meminimalisasi kecemasan dalam menghadapi mata pelajaran matematika. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 6(1), 1-5. doi: https://doi.org/10.21067/jki.v6i1.4922