Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram @Potret_ Ranau Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Objek Wisata Danau Ranau
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjise.v1i3.3139Keywords:
Media Sosial, Instagram, Pariwisata, PromosiAbstract
Penelitian ini membahas tentang penggunaan media sosial instagram @potret_ranau terhadap pertumbuhan dan perkembangan objek wisata danau ranau. Danau Ranau merupakan suatu objek wisata yang harus di kembangkan potensinya. Hal ini di karenakan danau ranau memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah dan juga memiliki banyak tempat yang indah sehingga menarik banyak para wisatawan untuk berkunjung. Dalam meningkatkan pengembangan tersebut, tentu di butuhkan keterlibatan media sosial instagram untuk membantu perkembangannya agar bisa menarik banyak orang untuk berkunjung ke wisata Danau Ranau. Hal inilah yang menjadi latar belakang penelitian ini di mana peneliti ingin mengetahui bagaimana penggunaan media sosial instagram @potret_ranau terhadap pertumbauhan dan perkembangan objek wisata Danau Ranau, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial instagram @potret_ranau terhadap pertumbuhan dan perkembangan objek wisata Danau Ranau. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melaui teknik dokumentasi akun instagram @potret_ranau dan wawancara. Sampel penelitian diambil menggunakan snowball sampling sehingga didapat empat informan yang merupakan followers akun instagram @potret_ranau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun instagram potret_ranau menggunakan kecanggihan teknologi melalui fitur-fitur instagram yang ditawarkan guna menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan objek wisata baik secara visual maupun verbal dengan melewati tahap: persiapan promosi, implementasi promosi, serta evaluasi dari proses promosi.
References
Airlangga, Universitas. (2013). No title. Volume 2, Issue 2, 1–14.
Al-ikhlas. (2020). No title. Jurnal Pengabdian, 5(April).
Anandhyta, A. R. (2020). Jurnal Nasional Pariwisata, 12(IV). DOI: https://doi.org/10.22146/jnp.60398
Angga, H. D. (2017). Pengembangan objek dan daya tarik wisata alam sebagai daerah tujuan wisata di Kabupaten Karanganyar, 32(1), 34–44.
Ayu, S., Supradono, B., & Hanum. (2011). Peran sosial media untuk manajemen hubungan dengan pelanggan pada layanan e-commerce. Jurnal VALUE ADDED, 7(2).
Danis, P. (2011). Menciptakan penjualan melalui social media. Elex Media Komputindo.
Daniswari, D. (2022). Mengenal Danau Ranau, lokasi, daya tarik, dan manfaat. Kompas.com. Retrieved from https://medan.kompas.com/read/2022/01/11/200346478/mengenal-danau-ranau-lokasi-daya-tarik-dan-manfaat
Dewi, P. P., & Kurniawan, R. (2021). Optimalisasi media sosial sebagai sarana promosi wisata Tukad Unda berbasis partisipasi pengunjung. Jurnal Pengabdian Masyarakat. DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v4i03.4404
Fajri, J. (2017). Dimensi interaktivitas media sosial, 5(3), 87–101.
Fellayati, H. (2022). Apa itu Instastory? Pengertian, ukuran, hingga cara membuatnya. Retrieved from https://blog.rumahweb.com/instastory-adalah/
Ferry Darmawan, M. A. (2012). Pola penggunaan sistem komunikasi ‘synchronous’ dan ‘asynchronous’ di internet di kalangan pengusaha kecil-menengah, 246. Retrieved from file:///C:/Users/qq computer/Downloads/460-494-1-PB (1).pdf
Fikriansyah, I. (2023). Danau Ranau, pesona alam yang indah di Sumatera Selatan. Detik Sumbagsel. Retrieved from https://www.detik.com/sumbagsel/wisata/d-6758457/danau-ranau-pesona-alam-yang-indah-di-sumatra-selatan
Flynn, D., & Druzdzel, M. J. (2011). Decision support systems. In Understanding Information Retrieval Systems: Management, Types, and Standards (pp. 461–472).
G, S. (1997). Dasar-dasar pariwisata. Edited by Andi Offset. Yogyakarta.
Hamson, Z. (2020). Ekliptis teori komunikasi.
Hasan, K., Utami, A., Eni, S., Izzah, N., & Cahya, S. (2023). Komunikasi di era digital: Analisis media konvensional vs new media pada kalangan mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Malikussaleh angkatan 2021, 2(1), 56–63. DOI: https://doi.org/10.47431/jkp.v2i1.302
Hurcombe, E., & Burgess, J. (2019). Digital journalism as symptom, response, and agent of change in the platformed media environment. Digital Journalism, 7(3). DOI: https://doi.org/10.1080/21670811.2018.1556313
Ida Bagus Kade Yoga Pramana, & Widaswara, Y. R. (2021). Difusi inovasi dan adopsi media sosial sebagai media komunikasi di era pembelajaran daring, 23–24.
Indika, D. R. (2017). Media sosial Instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen, 01, 25–32. DOI: https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296
Kerkhof, M. (2021). Analyzing cultural tourism promotion on Instagram: A cross-cultural perspective. Journal of Travel and Tourism Marketing, 326–340. https://doi.org/10.1080/10548408.2021.1906382 DOI: https://doi.org/10.1080/10548408.2021.1906382
Lidya, S. J. (2013). Political branding Jokowi selama masa kampanye pemilu gubernur DKI Jakarta 2012 di media sosial Twitter. Jurnal E-Komunikasi, 1(2).
Manoban, B. (2022). Apa itu caption? Ini pengertian, fungsi, tips membuat, dan contohnya. Retrieved from https://www.idntimes.com/life/education/seo-intern/caption-adalah?page=all
Nopriansyah, A. (2022). Wisata pantai Pelangi Danau Ranau, eksotika pantai dengan air tawar destinasi liburan keluarga. Sripoku.com. Retrieved from https://palembang.tribunnews.com/2022/11/20/wisata-pantai-pelangi-danau-ranau-eksotika-pantai-dengan-air-tawar-destinasi-liburan-keluarga
Nopriansyah, A. (2023). Mengenal wisata air Ranau rafting di Danau Ranau yang masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia. Sripoku.com. Retrieved from https://palembang.tribunnews.com/2023/09/06/mengenal-wisata-air-ranau-rafting-di-danau-ranau-yang-masuk-nominasi-anugrerah-pesona-indonesia
Perdana, A. (2022). Instagram Reels: Apa itu, fitur-fitur, manfaat, dan tips menggunakan. Retrieved from https://glints.com/id/lowongan/instagram-reels-adalah/
Rachmawati, M. (2014). Rekreasi alam dan ekowisata. IPBPress.
Ratnamulyani, F. (2018). Efektivitas promosi destinasi wisata rekreasi Gunung Pancar melalui postingan Instagram media sosial. Jurnal Komunikatio, 27–40. https://doi.org/10.30997/jk.v4i1.1210 DOI: https://doi.org/10.30997/jk.v4i1.1210
Remaja, E. S. (n.d.). Mahendra: Eksistensi sosial remaja dalam Instagram, 16(01), 151–160.
Rulli, N. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Iriyanti, H., & Universitas Muslim Indonesia. (2018). Komunikasi dan media sosial. No issue, December.
Satria Putri, A. (2018). Penggunaan akun Instagram sebagai media informasi wisata kuliner. Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 39. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.11683 DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.11683
Setiawan, A. (2023). Mengungkap pesona Ranau, danau kedua terbesar di Sumatra. Indonesia.go.id. Retrieved from https://indonesia.go.id/kategori/pariwisata/7001/mengungkap-pesona-ranau-danau-kedua-terbesar-di-sumatra?lang=1
Skavish, K. (2024). Ruang live Instagram: Yang perlu Anda ketahui untuk memulai. Retrieved from https://wave.video/id/blog/instagram-live-rooms/
Soemanagara. (2008). Strategi pemasaran di media sosial Instagram.
Sri Ekowati, P., & Naningsih, D. (2022). Peran humas dalam meningkatkan citra Muslimahdaily.Com melalui media sosial Instagram. IKON Jurnal Ilmu Komunikasi, XXVII(02), 124. DOI: https://doi.org/10.37817/ikon.v27i2.1898
Sudrajat, H., & Atiko. (2016). Analisis strategi promosi pariwisata melalui media sosial oleh Kementerian Pariwisata RI (studi deskriptif pada akun Instagram @indtravel). Jurnal Sosioteknolog, 378–389. DOI: https://doi.org/10.5614/sostek.2016.15.3.6
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tisna. (2023). Pati Marga salah satu pantai yang mendapatkan keindahan panorama Danau Ranau. Buktipetunjuk.id. Retrieved from https://buktipetunjuk.id/pati-marga-salah-satu-pantai-yang-mendapatkan-keindahan-panorama-danau-ranau/
Universitas Arsitektur, & Winaya Mukti. (n.d.). Pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi objek wisata Bumi Almira. Utilization of social media as a promotional facility for Bumi Almira tourism objects, 4(2), 91–103.
Virtanen, H. (2017). Follow for follow: Marketing of a start-up company on Instagram. BMC Public Health, 1–8.
Wekke, I. S. (n.d.). No title.
Yahya, A. (2017). Motivasi mahasiswa bergabung dalam media sosial Instagram. Communication Quarterly, 2(1), 77–559.
Yolanda, A. (2023). Wisata air panas Danau Ranau: Pengalaman berenang yang menyegarkan. Indonesiabagoes.com. Retrieved from https://www.indonesiabagoes.com/wisata-air-panas-danau-ranau-pengalaman-beren
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ghairun Nisya Indah Islami, Fifi Hasmawati, Muhammad Randicha Hamandia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.