Analisis Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gratis Ongkir, dan Consumer Review terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Online Shop

Authors

  • Khusnul Khotimah STIE Tuah Negeri Dumai
  • Syafwandi Syafwandi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjise.v1i2.2274

Keywords:

Motivasi Belanja Hedonis, Gratis Ongkir, Consumer Review, Pembelian Impulsif

Abstract

Analisis Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gratis Ongkir, dan Consumer Review terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Online Shop adalah artikel ilmiah studi pustaka dalam ruang lingkup bidang Ilmu Manajemen Pemasaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk membangun hipotesis pengaruh antar variabel yang akan digunakan pada riset selanjutnya. Objek riset pada pustaka online, Google Scholar, Mendeley, dan media online akademik lainnya.  Metode riset dengan library research bersumber dari e-book dan open access e-journal. Analisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini: 1) Motivasi belanja hedonis berpengaruh terhadap pembelian impulsif; 2) Gratis ongkir berpengaruh terhadap pembelian impulsif; dan 3) Consumer review berpengaruh terhadap pembelian impulsif.

References

Afif, M., & Purwanto, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2(2), 34. https://doi.org/10.47201/jamin.v2i2.51 DOI: https://doi.org/10.47201/jamin.v2i2.51

Ali, H. L. (2013). Metode Penelitian Petunjuk Praktis untuk Memecahkan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Andina Wulandari, D., & Primasatria Edastama. (2022). Pengaruh Gratis Ongkir, Flash Sale, Dan Cashback Atas Pembelian Impulsif Yang Dimediasi Emosi Positif. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 29–36. https://doi.org/10.30640/jumma45.v1i2.320 DOI: https://doi.org/10.30640/jumma45.v1i2.320

Baladini, N., Syarief, N., & Gunaedi, J. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan, Pemasaran Media Sosial dan Motivasi belanja hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif. Korelasi: Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 1323–1337.

Barokah, S., Asriandhini, B., & Putera, M. M. (2021). Emotional Shopping Sebagai Variabel Mediasi Gaya Hidup Dan Motivasi Belanja Hedonis Pada Keputusan Pembelian Impulsif Produk 3Second. Maker: Jurnal Manajemen, 7(2), 156–167. https://doi.org/10.37403/mjm.v7i2.360 DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v7i2.360

Consumer, P., Value, P., Online, D., Terhadap, R., Buying, I., Melalui, T., & Sebagai, B. (2021). Peran consumer perceived value dalam online review terhadap impulse buying tendency melalui browsing sebagai variabel intervening. 9(2012), 601–616. DOI: https://doi.org/10.26740/jim.v9n2.p601-616

Fadila, Y. (2022). Pengaruh Motivasi Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Dengan Gaya Hidup Berbelanja Sebagai Variabel Mediasi. 20. http://eprints.ums.ac.id/98847/

Irawan, A., Mahfudoh, R., Lestari, Y. W., Shyfa, M. T., Bangsa, U. P., Regresi, A., & Klasik, A. (2024). Pengaruh Diskon Gratis Ongkos Kirim , Influencer , & Online Customer Review Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Di E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa. 2, 364–371.

Keputusan, T., & Impulsif, P. (2023). Jurnal Baruna Horizon Vol. 6, No. 1 Juni 2023. 6(1). DOI: https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v6i1.91

Kevin, K., Wdayatmoko, W., & Pribadi, M. A. (2019). Pengaruh Fungsi Iklan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek. Prologia, 3(1), 169–176. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6235 DOI: https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6235

Lara. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 2(8.5.2017), 2003–2005. www.aging-us.com

Mulyana, A. E., & N.I, A. P. (2020). Pengaruh Promosi, Atmosfer Toko, Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Ritel Modern Di Kota Batam. Journal of Applied Business Administration, 4(1), 18–22. https://doi.org/10.30871/jaba.v4i1.1938 DOI: https://doi.org/10.30871/jaba.v4i1.1938

Nurhikma, T., Fauzi, A., Putri, S. C. T., Asmarani, D., Damayanti, V., & Thalitha, R. F. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Layanan Transportasi Online (Go-Jek) : Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 646–656.

Nurjaya, N., Dutawaskita, N. I., Erlangga, H., Hastono, H., & Sunarsi, D. (2022). Pengaruh Personal Selling Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Pada PT. Lautan Surga di Jakarta. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 80–92. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.107 DOI: https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.107

Pertiwi, A. B., Ali, H., & Sumantyo, F. D. S. (2022). Faktor-faktor Yang Mempengarui Loyalitas Pelanggan; Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan (Literature Revie Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 582–591. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jimt.v3i6

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Alih Bahasa oleh Diah Tantri Dwiandani. Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat

Ridha Maisaroh, & Maulida Nurhidayati. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Toko Stars Madiun 2. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 1(2), 197–216. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v1i2.282 DOI: https://doi.org/10.21154/niqosiya.v1i2.282

Rissalah, T. A., & Sulistyawati, L. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Shopee di Mojokerto pada Masa Pandemi. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(5), 1163–1180. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i5.1069 DOI: https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i5.1069

Rizkya, S. N., Sarah, S., & Wijaya, F. (2024). Pengaruh Flash Sale , Gratis Ongkos Kirim , dan Live Streaming terhadap Impulsive Buying pada pengguna Shopee. 5(1). DOI: https://doi.org/10.47747/jismab.v5i1.1629

Rusni, A., & Solihin, A. (2022). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Diskon Harga Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Di Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 167–179. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3841 DOI: https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3841

Sari, A., E. (2014). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Spontan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Volume XIII, No.1, Mei 2014, Halaman 55-73.

Siregar Srianjelina. (2022). Pengaruh Persepsi Harga Dan Tagline “ Gratis Ongkir ” Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Pada Masyarakat Pengguna Aplikasi Shopee Di Desa online yang dirumuskan sebagai berikut : ( 1 ) Apakah Persepsi Harga berpengaruh Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 2(2), 65–81. DOI: https://doi.org/10.51622/jispol.v2i2.1153

Sombe, R., Pongtuluran, A. K., & Pagiu, C. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Diskon Harga terhadap Online Impulsive Buying Pengguna Shopee. 1(4).

Tesalonika, V. A., Salim, J. P., Wijaya, V., Buying, I., & Me, D. (2024). 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Sales Promotion dan Online Customer Review ’ s Terhadap Impulsive Buying Dazzle Me Pada Fitur Tiktok Shop 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline. 2(1), 439–447.

Utami. 2017. Manajemen Ritel Dan Strategi Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern. Jakarta: Salemba empat.

Downloads

Published

2024-02-24

How to Cite

Khotimah, K. ., & Syafwandi, S. (2024). Analisis Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gratis Ongkir, dan Consumer Review terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Online Shop. Journal of Internet and Software Engineering, 1(2), 14. https://doi.org/10.47134/pjise.v1i2.2274

Issue

Section

Articles