Pengaruh Service Excelence dan Akad Rahn terhadap Pinjaman Modal Usaha di BMT NU Cab. Socah Bangkalan Tahun 2022-2023

Authors

  • Adit Soyfi Sekolah Tinggi Agama Islam Daru Hikmah Bangkalan
  • Liwaul Hikmah Sekolah Tinggi Agama Islam Daru Hikmah Bangkalan
  • Holil Baita Putra Sekolah Tinggi Agama Islam Daru Hikmah Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjise.v1i2.2367

Keywords:

Service Excellence, Akad Rahn, Pinjaman Modal Usaha

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk menemukan pengaruh service excellence dan akad rahn terhadap pinjaman modal di BMT NU Cab. Socah Bangkalan. Service Excellence (Pelayanan Prima) adalah suatu pelayanan yang terbaik dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan agar memenuhi standar kualitas. Akad rahn yaitu menahan salah satu harta milik peminjam sebagai jaminan atas harta yang diterimanya, sedangkan pinjaman modal usaha adalah suatu barang (uang) atau jasa untuk menjalankan suatu usaha yang wajib dibayarkan kembali dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. Fokus dalam metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi lapangan, meliputi dokumentasi, wawancara dan penyebaran angket. Dalam menentukan sampel menggunakan teknik porposive sampling, selanjutnya dalam prosesi menganalisis menggunakan Skala Likert untuk menentukan hasil akhir menggunakan teknik analisis data yaitu dengan uji validitas, reabilitas, normalisasi, linieritas, regresi berganda, uji T, uji F. Dari hasil tersebut maka hipotesis service excellence dan akad rahn dinyatakan berpengaruh terhadap pinjaman modal usaha (diterima).

References

Arif, M. N. R. Al. (2019). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Altabeta.

Azrul Tunjung, M. (2017). Koperasi dan Perekonomian Indonesia. Erlangga.

Batool, S. (2024). Fostering entrepreneurship and development in rural mountainous regions: the role of SEZs and local economic dynamics in Gilgit-Baltistan. International Journal of Emerging Markets. https://doi.org/10.1108/IJOEM-08-2023-1310 DOI: https://doi.org/10.1108/IJOEM-08-2023-1310

Bracht, F. (2024). The signaling value of legal form in entrepreneurial debt financing. Journal of Business Venturing, 39(3). https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2024.106380 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2024.106380

Budisantoso, T., & Nuritomo. (2017). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Salemba Empat.

Crawford, J. (2023). Government finance, loans, and guarantees for small and medium enterprises (SMEs) (2000–2021): A systematic review. Journal of Small Business Management. https://doi.org/10.1080/00472778.2023.2246061 DOI: https://doi.org/10.1080/00472778.2023.2246061

Djuwaini, D. (2015). Pengantar Fiqh Muamalat. Pustaka Pelajar.

Ghazaly, A. R., & others. (2018). Fiqh Muamalat. PT Kharisma Putra Utama.

Jabeen, G. (2023). Combined role of economic openness, financial deepening, biological capacity, and human capital in achieving ecological sustainability. Ecological Informatics, 73. https://doi.org/10.1016/j.ecoinf.2022.101932 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ecoinf.2022.101932

Kasmir. (2017). Kewirausahaan. Rajawali Pers.

Kasmir. (2018). Etika Customer Service Excellence Service. Raja Wali Pers.

Maddy, K. (2016). Hakikat dan Pengertian Pelayanan Prima. Kata Buku.

Mahesti, A. (2018). Pembiayaan Mubarahah Untuk Modal Usaha Pada BMT Taqwamuammadiyah Cabang Bandar Buat Padang.

Malayu, S. P. H. (2017). Dasar-dasar Perbankan. PT Bumi Aksara.

Mardani. (2015). Lembaga Keuangan Syariah (2nd ed.). Kencana.

Nurlaela, E. (2021). Kontribusi Produk Pembiayaan Modal Usaha Barokah (MUB) Pada Perkembangan Usaha Dagang Pasar Tanah Merah Bangkalan.

Puspita, I. C. (2016). Pengembangan Konsep Rahn dalam Pegadaian syariah.

Rahmawati, N. (2016). Manajemen Pelayanan Prima. Graha Ilmu.

Rusydi, M. (2017). Customer Excellence. Gosyen Publishing.

Sukirno, S., & others. (2020). Pengantar Bisnis. Predana Media.

Sun, W. (2024). Access to capital and energy efficiency: How high-speed rail investments benefit high-tech firms. Journal of International Financial Markets, Institutions and Money, 91. https://doi.org/10.1016/j.intfin.2023.101912 DOI: https://doi.org/10.1016/j.intfin.2023.101912

Wangsawidjaja. (2020). Pembiayaan Bank Syariah. PT Gramedia.

Wu, L. (2023). State-owned venture capitals and bank loans in China. Pacific Basin Finance Journal, 77. https://doi.org/10.1016/j.pacfin.2022.101923 DOI: https://doi.org/10.1016/j.pacfin.2022.101923

Yang, X. (2023). The timing dilemma: understanding the determinants of innovative startups’ patent collateralization for loans. Small Business Economics, 60(1), 371–403. https://doi.org/10.1007/s11187-022-00645-2 DOI: https://doi.org/10.1007/s11187-022-00645-2

Zaenal, M., & Laksana, M. W. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. CV Pustaka Setia.

Zhang, H. (2024). Exploring the relationship between digital transformation and green innovation: The mediating role of financing modes. Journal of Environmental Management, 356. https://doi.org/10.1016/j.jenvman.2024.120558 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jenvman.2024.120558

Downloads

Published

2024-04-09

How to Cite

Soyfi, A. ., Hikmah, L., & Putra, H. B. (2024). Pengaruh Service Excelence dan Akad Rahn terhadap Pinjaman Modal Usaha di BMT NU Cab. Socah Bangkalan Tahun 2022-2023. Journal of Internet and Software Engineering, 1(2), 10. https://doi.org/10.47134/pjise.v1i2.2367

Issue

Section

Articles