Dampak Globalisasi Terhadap Sistem Pendidikan Menurut Perspektif Hukum dan Sosiologi
DOI:
https://doi.org/10.47134/ijlj.v2i2.3331Keywords:
Globalisasi, Pendidikan, TeknologiAbstract
Globalisasi memiliki dampak yang besar terhadap sistem pendidikan di seluruh dunia, membawa perubahan baik dalam aspek positif maupun tantangan. Di satu sisi, globalisasi memperluas akses informasi dan pengetahuan melalui teknologi digital, sehingga sistem pendidikan dapat mengikuti standar internasional. Penggunaan teknologi internet memungkinkan akses terhadap sumber daya pendidikan global, mendukung fleksibilitas pembelajaran, serta meningkatkan kesempatan kolaborasi global bagi siswa dan guru. Adaptasi kurikulum pun terjadi untuk memenuhi kebutuhan global, meliputi keterampilan teknologi, bahasa asing, dan kompetensi berpikir kritis, yang mempersiapkan siswa bersaing di pasar kerja global. Namun, globalisasi juga memunculkan tantangan dalam pendidikan, termasuk ketimpangan akses teknologi antara negara maju dan berkembang, serta antara wilayah urban dan rural. Selain itu, pengaruh budaya global berpotensi menggeser nilai-nilai lokal, menciptakan dilema antara mempertahankan identitas budaya dan mengikuti tren global. Oleh karena itu, kebijakan pendidikan yang adaptif, inklusif, dan sensitif terhadap keragaman budaya sangat dibutuhkan untuk memastikan bahwa dampak positif globalisasi dapat dioptimalkan tanpa mengesampingkan keunikan lokal. Globalisasi menuntut adanya sistem pendidikan yang dinamis, berbasis teknologi, dan berorientasi pada pengembangan sumber daya manusia berkualitas, namun tetap berakar pada nilai-nilai lokal
References
A, D. (2024). Dukung Prioritas Nasional, Kemendikbudristek Berhasil Tingkatkan Capaian Akses Layanan Pendidikan. Kemdikbud. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/03/dukung-prioritas-nasional-kemendikbudristek-berhasil-tingkatkan-capaian-akses-layanan-pendidikan
Abas, M., Rohman, M., Purnama, W. W., Hetharie, Y., Ramadianto, A. Y., Satria, F., Bagus, M., Hamdan, F. Z. Z., Aggraeni, R., Putri, N. E., Effendy, W., Munir, S., Hadi, M. N., Nurhayati, Prasetyo, M. H., & Ihsan, M. (2023). Konseptualisasi Epistimologi Prinsip Hukum Dalam Konstitusi Negara (I. Ritonga (ed.)). Balai Literasi Bangsa. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3297/1/Iskandar Ritonga_Ilmu hukum konseptualisasi epistemologi prinsip hukum dalam konstitusi negara.pdf
Abdul Karim, Usep Saepul Anwar, & Suherman. (2024). Transformasi Pendidikan Di Era Globalisasi: Integrasi DanTantangan Terhadap Sistem Pendidikan Indonesia. ALIGNMENT : Journal of Administration and Educational Management, 7(2), 602–609.
Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., Urfany, N., & Tangerang, U. M. (2020). Pengaruh globalisasi terhadap siswa sekolah dasar. 2(September 2020), 375–385.
Anis Aprianti, & Siti Tiara Maulia. (2023). Kebijakan Pendidikan : Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(1), 181–190. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i1.1507
Aprillia, E., Nurhayati, C., Putri, A., & Pandiangan, B. (2023). Perubahan kurikulum pada proses pembelajaran. I(4). https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.78
Aripin, A. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 121–142. https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.15222
Astomo, P. (2021). Politik Hukum Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional Yang Responsif Di Era Globalisasi. Masalah-Masalah Hukum, 50(2), 172–183. https://doi.org/10.14710/mmh.50.2.2021.172-183
Basri, H. (2023). Dampak Globalisasi Terhadap Sistem Pendidikan: Perspektif Sosiologi Pendidikan. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 128–143. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.446
Firmansyah, Amma, T., & Mudawamah, A. (2023). Dampak Globalisasi dan Tantangannya Terhadap Pendidikan Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 21(1), 43–54. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/1016
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(4), 1620. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26
Gunawan, R. G., Rozika, E., Rusdinal, Gistituati, N., & Ananda, A. (2024). Studi Komparatif Kurikulum Matematika Sekolah Dasar Indonesia Dan Australia. Jurnal …, 12(1), 401–407. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/5304%0Ahttps://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/5304/3192
Gusti, G., & Masduki, M. (2022). Regulasi Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v11i1.10724
Hermawan, R. (2014). Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Pada Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–18.
Juliannisa, I. A., Handayani, T. R., Rahmi, Maulana, R., Ambarwati, D., Ramadhani, R., Jati, P. S., Sholekhah, S. M., M.A, D. B., Haliansyah, H., N, R. B., Rahmah, A. M., Roswita, C., Chairunnisa, C., Nurain, H., Nadhifa, R., Ningsih, E. Y., & Reihana, A. (2022). Pendidikan & Bela Negara.
Kemendikbudristek, D. (2024). Rekapitulasi Data Pokok Pendidikan Nasional. Dapokemdikbud. https://dapo.kemdikbud.go.id/
Khudlori, N. (2022). Sekolah dan masyarakat dalam mengembangkan pendidikan di era globalisasi. J-PGMI : Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 17–22.
Nanti, S., & Fadriati, F. (2023). Analisis Dampak Globalisasi Sebagai Dasar Penentuan Arah Kebijakan Pendidikan di Sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2), 147–154. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.9667
Noprizal, L. (2024). Viral Isu Ganti Kurikulum, Kemendikbud Ungkap Nasib Kurikulum Merdeka. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20240305160451-192-1070731/viral-isu-ganti-kurikulum-kemendikbud-ungkap-nasib-kurikulum-merdeka
Oo, S., Iriantara, Y., & Handayani, S. (2022). Ancaman atau Peluang Globalisasi Pendidikan dalam Perubahan Kebijakan Pendidikan. AS-SALAM Jurnal Ilmiah Ilmu-IlmuKeislaman, 7(1), 14–24.
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.
Salim, K. (2014). Pengaruh Globalisasi terhadap Dunia Pendidikan. University Teknologi Malaysia, 9(1), 1–11. https://www.researchgate.net/publication/271205216
Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104–112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348
Sanusi. (2024). Dinamika Dan Pemecahan Permasalahan Hak Kekayaan Intelektual Di Era Digital (A. P. Hawari (ed.)). PT Media Penerbit Indonesia.
Setiyorini, S. R., & Setiawan, D. (2023). Perkembangan Kurikulum Terhadap Kualitas Pendidikan di Indonesia. 1, 1–12.
Shabur, A., & Amadi, M. (2023). Pendidikan di Era Global : Persiapan Siswa untuk Menghadapi Dunia yang Semakin Kompetitif. 17(2), 153–164. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9439
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Wang, C., Zhang, M., Sesunan, A., & Tolanda, L. (2023). Peran Teknologi Dalam Transformasi Pendidikan di Indonesia. In Pendidikan (Vol. 4, Issue 2). https://static.skm.kemdikbud.go.id/announcements/28942fb9-334d-4fb5-9ce2-56f7ddce4d48-Indonesias-K-12-Education-Quality-Improvement-Bahasa-05122023.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mia Amalia, Suci Rahma Lestari, Aji Mulyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.