Analisis Media Monitoring terhadap Brand Otomotif BYD pada Bulan Februari – Maret 2024
DOI:
https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i4.2714Keywords:
Brand24, Brand BYD, Media Monitoring, Industri OtomatifAbstract
Di era modern, kendaraan pribadi telah menjelma menjadi kebutuhan vital. Di sisi lain, kendaraan juga kerap kali dipandang sebagai simbol status sosial. Menyadari peluang ini, Build Your Dreams (BYD), produsen otomotif asal China, resmi memasuki pasar Indonesia pada 18 Januari 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis sentimen dan jangkauan merek BYD selama sebulan pertama kehadirannya di Indonesia. Data dikumpulkan melalui media monitoring tools Brand24 dari berbagai sumber berita online. Hasil penelitian menunjukkan fluktuasi menarik dalam sentimen publik terhadap BYD. Terjadi pasang surut sentimen positif dan negatif, dengan puncaknya terjadi pada tanggal peluncuran tiga produk BYD. Hal ini menunjukkan ketertarikan dan diskusi publik yang tinggi terhadap merek baru ini, sekaligus mencerminkan efektivitas strategi pemasaran BYD. Lebih lanjut, penelitian ini mengungkap bahwa peluncuran produk BYD menjadi momen penting dalam meningkatkan brand awareness dan engagement. Hal ini dibuktikan dengan lonjakan signifikan dalam jumlah sebutan dan jangkauan media pada periode tersebut. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam memahami lanskap industri otomotif Indonesia, khususnya terkait dengan penerimaan masyarakat terhadap merek baru seperti BYD. Fluktuasi sentimen dan lonjakan popularitas saat peluncuran produk menunjukkan bahwa BYD telah berhasil menarik perhatian publik dan membuka peluang untuk bersaing di pasar otomotif yang dinamis di Indonesia.
References
A Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/juwxn
Ahdiat, A. (2024, January 16). Penjualan Mobil Listrik di Indonesia Melonjak pada Akhir 2023. Databoks. Retrieved April 21, 2024, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/16/penjualan-mobil-listrik-di-indonesia-melonjak-pada-akhir-2023
Ahdiat, A. (2024, Februari 23). Penjualan Mobil Listrik di Indonesia Januari 2024 Cukup Tinggi. Databoks. Retrieved April 21, 2024, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/23/penjualan-mobil-listrik-di-indonesia-januari-2024-cukup-tinggi
Biro Komunikasi dan Informasi Publik. (2022, January 21). Pemerintah Terus Dorong Penggunaan Mobil Listrik Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Kementerian Perhubungan. Retrieved April 21, 2024, from https://dephub.go.id/post/read/pemerintah-terus-dorong-penggunaan-mobil-listrik
Catalani, V. (2021). The market of sport supplement in the digital era: A netnographic analysis of perceived risks, side-effects and other safety issues. Emerging Trends in Drugs, Addictions, and Health, 1. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S266711822100012X DOI: https://doi.org/10.1016/j.etdah.2021.100014
Dhahir, D. (2023). Keterlibatan Netizen pasca Insiden dalam Olahraga: Analisis Media Sosial pada Insiden Kanjuruhan. Jurnal Pekommas, 8(1), 73. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/pekommas/article/view/5395 DOI: https://doi.org/10.56873/jpkm.v8i1.5395
Elhaoussine, Y. (2023). Ingredient branding strategy to improve brand attitude for Chinese brands suffering from country-of-origin effect in foreign markets: An empirical study on BYD tang electric vehicle model. Origin and Branding in International Market Entry Processes, 161–191. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-6613-1.ch008 DOI: https://doi.org/10.4018/978-1-6684-6613-1.ch008
GAIKINDO. (2021). Hasil Sensus BPS: Jumlah Kendaraan Bermotor di Indonesia Tembus 133 Juta Unit. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia. Retrieved April 20, 2024, from https://www.gaikindo.or.id/data-bps-jumlah-kendaraan-bermotor-di-indonesia-tembus-133-juta-unit/
GAIKINDO. (2021). Jumlah Kendaraan di Indonesia 147 Juta Unit, 60 Persen di Pulau Jawa – GAIKINDO. Gaikindo. Retrieved April 20, 2024, from https://www.gaikindo.or.id/jumlah-kendaraan-di-indonesia-147-juta-unit-60-persen-di-pulau-jawa/
Hao, X. (2023). Light-duty Plug-in Electric Vehicles in China: Evolution, Competition, and Outlook. SAE Technical Papers. https://doi.org/10.4271/2023-01-0891 DOI: https://doi.org/10.4271/2023-01-0891
He, Z. (2022). Battery Electric Bus Selection Based on Entropy Weight Method and Road Operation Test: Using Nanjing Bus Company as an Example. Mathematical Problems in Engineering, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/1696578 DOI: https://doi.org/10.1155/2022/1696578
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. PT Rajagrafindo Persada.
Huang, M. (2022). Plasma generated ozone and reactive oxygen species for point of use PPE decontamination system. PLoS ONE, 17(2). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0262818 DOI: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0262818
Humas. (2024, February 15). Buka Pameran IIMS 2024, Presiden Jokowi Tekankan Mobil Listrik Masa Depan Otomotif Indonesia. Sekretariat Kabinet. Retrieved April 21, 2024, from https://setkab.go.id/buka-pameran-iims-2024-presiden-jokowi-tekankan-mobil-listrik-masa-depan-otomotif-indonesia/
Hutagalung, S. S. (2023). Analisis Media Monitoring Citra Pemerintah dalam Pembangunan Infrastruktur di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 15(1), 213. http://repository.lppm.unila.ac.id/52740/1/14.%2B20605-editing%2B1.pdf DOI: https://doi.org/10.24912/jk.v15i1.20605
Kurniawan, D. (2024, February 8). 8 Dealer BYD Pertama di Indonesia Resmi Beroperasi, Simak Lokasinya. Otomotif. Retrieved April 21, 2024, from https://otomotif.tempo.co/read/1831172/8-dealer-byd-pertama-di-indonesia-resmi-beroperasi-simak-lokasinya
Putra, N. (2024, February 15). BYD Rilis Tiga Mobil Listrik di IIMS 2024, Harga Mulai Rp425 Juta. Otomotif. https://otomotif.bisnis.com/read/20240215/46/1741312/byd-rilis-tiga-mobil-listrik-di-iims-2024-harga-mulai-rp425-juta
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. PENERBIT KBM INDONESIA.
Sidabutar, V. (2020). Kajian Pengembangan Kendaraan Listrik di Indonesia: Prospek dan Hambatannya. Jurnal Paradigma Ekonomika, 15(1), 22. https://online-journal.unja.ac.id/paradigma/article/view/9217 DOI: https://doi.org/10.22437/paradigma.v15i1.9217
Smith, S. (2021). DIGITAL TRANSFORMATION IN MARKETING: A BYD CASE STUDY". Academic Journal of Current Practice in Business and Management, 6(1), 17. http://topjournals.org/index.php/AJCPBM/article/view/467
Sudjoko, C. (2021). Strategi Pemanfaatan Kendaraan Listrik Berkelanjutan Sebagai Solusi Untuk Mengurangi Emisi Karbon. Jurnal Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, 2(2), 55. https://jurnal.ugm.ac.id/paradigma/article/view/70354/pdf
Utami, I., Yoesgiantoro, D., & Sasongko, N. (2022). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KENDARAAN LISTRIK INDONESIA UNTUK MENDUKUNG KETAHANAN ENERGI NASIONAL. Jurnal Ketahanan Energi, 8(1), 50. https://jurnalprodi.idu.ac.id/index.php/KE/article/view/1149
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2898.
Xu, J. (2024). How social media expedites the crisis spillover effect: A case study of Tesla’s recall event. Public Relations Review, 50(1). https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2024.102432 DOI: https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2024.102432
Yang, Z. (2022). Examining influence factors of Chinese electric vehicle market demand based on online reviews under moderating effect of subsidy policy. Applied Energy, 326. https://doi.org/10.1016/j.apenergy.2022.120019 DOI: https://doi.org/10.1016/j.apenergy.2022.120019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raisa Saabira Parsa Rosfaputri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.