Integrasi Aplikasi Monitoring dan Transaksi Pembayaran pada Kantin Sekolah

Authors

  • Suseno Ardiansyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Irwan Alnarus Kautsar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Uce Indahyanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Sumarno Sumarno Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/jte.v1i1.2476

Keywords:

Agile, Flask, Kantin, Monitoring, Python, Scrum, Web Service

Abstract

Kontrol dan peran orang tua terhadap makanan yang dikonsumsi oleh anak sangatlah penting karena berkaitan dengan pertumbuhan anak.  Banyaknya zat berbahaya yang mengancam metabolisme anak karena masih rentan penyakit akibat mengonsumsi makanan berbahaya tanpa pengawasan orang tua. Perlu adanya sistem informasi yang terintegrasi dengan transaksi pembayaran pada kantin sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sistem dengan mengoptimalkan pemantauan konsumsi makanan anak di lingkungan sekolah secara lebih efisien dan akurat menggunakan data hasil transaksi pembelian. Metode pengembangan Agile Development Scrum dan pengujian metode Blackbox pada proses penelitian kali ini. Dengan penelitian ini hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa dengan sistem tekomputerisasi orang tua dapat memonitoring transaksi pembelian makanan anak pada kantin sekolah. Integrasi aplikasi monitoring dan transaksi pembayaran diharapkan menjadi solusi untuk memonitoring transaksi pembelian makanan anak.

References

Afiksih, A. (2022). Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Web di Kantin PT. Pegadaian Kanwil I Medan. Journal of Computer Science and Informatics Engineering (CoSIE), 66–77. https://doi.org/10.55537/cosie.v1i2.61

Alzoubi, H. M. (2020). Investigating the mediating role of information sharing strategy on agile supply chain. Uncertain Supply Chain Management, 8(2), 273–284. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2019.12.004

Ariantara, I. G. M., Arwani, I., & Putra, W. H. N. (2020). Penerapan REST API dalam Pengembangan Aplikasi Pemesanan Rental Mobil berbasis Web dan Mobile (Studi Kasus: CV. Dwi Cipta Rent Car). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(8), Art. no. 8.

Ciccullo, F. (2018). Integrating the environmental and social sustainability pillars into the lean and agile supply chain management paradigms: A literature review and future research directions. Journal of Cleaner Production, 172, 2336–2350. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2017.11.176

Cooper, R. G. (2018). Agile–Stage-Gate for Manufacturers: Changing the Way New Products Are DevelopedIntegrating Agile project management methods into a Stage-Gate system offers both opportunities and challenges. Research Technology Management, 61(2), 17–26. https://doi.org/10.1080/08956308.2018.1421380

Ghezzi, A. (2020). Agile Business Model Innovation in Digital Entrepreneurship: Lean Startup Approaches. Journal of Business Research, 110, 519–537. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.06.013

Hariani, H. (2021). EKSPLORASI WEB BROWSER DALAM PENCARIAN BUKTI DIGITAL MENGGUNAKAN SQLITE. Jurnal INSTEK (Informatika Sains Dan Teknologi), 6(1), Art. no. 1. https://doi.org/10.24252/instek.v6i1.18638

Hwangbo, J. (2019). Learning agile and dynamic motor skills for legged robots. Science Robotics, 4(26). https://doi.org/10.1126/scirobotics.aau5872

Janssen, M. (2020). Agile and adaptive governance in crisis response: Lessons from the COVID-19 pandemic. International Journal of Information Management, 55. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102180

Kadarina, T. M., & Fajar, M. H. I. (2019). PENGENALAN BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON MENGGUNAKAN APLIKASI GAMES UNTUK SISWA/I DI WILAYAH KEMBANGAN UTARA. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 5(1), Art. no. 1. https://doi.org/10.22441/jam.2019.v5.i1.003

Kamel, M. (2018). The Voliro Omniorientational Hexacopter: An Agile and Maneuverable Tiltable-Rotor Aerial Vehicle. IEEE Robotics and Automation Magazine, 25(4), 34–44. https://doi.org/10.1109/MRA.2018.2866758

Kurniawan, M., & Kurniawan, B. (2020). Implementasi Pemrograman Python Menggunakan Visual Studio Code. Jurnal Informatika Dan Komputer (JIK), 11(2), Art. no. 2.

Naully, P. G., & Mathilda, F. (2018). PENCEGAHAN PENYAKIT AKIBAT JAJANAN SEKOLAH DENGAN EDUKASI KESEHATAN DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. GEMASSIKA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), Art. no. 2. https://doi.org/10.30787/gemassika.v2i2.277

Ngantung, R. K., & Pakereng, M. A. I. (2021). Model Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis User Centered Design Menerapkan Framework Flask Python. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 5(3), Art. no. 3. https://doi.org/10.30865/mib.v5i3.3054

Ningtyas, D. F., & Setiyawati, N. (2021). Implementasi Flask Framework pada Pembangunan Aplikasi Purchasing Approval Request. J. Janitra Inform. Dan Sist. Inf., 1(1), Art. no. 1. https://doi.org/10.25008/janitra.v1i1.120

Peng, X. B. (2020). Learning Agile Robotic Locomotion Skills by Imitating Animals. Robotics: Science and Systems. https://doi.org/10.15607/RSS.2020.XVI.064

Rizaldi, R., & Syah, A. Z. (2019). Monitoring Orang Tua Terhadap Pembayaran Uang Kuliah Dan Absensi Mahasiswa Berbasis SMS Gateway. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 6(4), Art. no. 4. https://doi.org/10.30865/jurikom.v6i4.1332

Shams, R. (2021). Strategic agility in international business: A conceptual framework for “agile” multinationals. Journal of International Management, 27(1). https://doi.org/10.1016/j.intman.2020.100737

Sjödin, D. (2020). An agile co-creation process for digital servitization: A micro-service innovation approach. Journal of Business Research, 112, 478–491. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.01.009

Sukarmin, S., Abbas, A., & Talib, A. (2022). SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA KANTIN STUDIO ANIMASI (STUASI) AIKOM BERBASIS WEBSITE. JAMINFOKOM - Jurnal Manajemen Informatika Dan Komputer, 3(2), Art. no. 2.

Tam, C. (2020). The factors influencing the success of on-going agile software development projects. International Journal of Project Management, 38(3), 165–176. https://doi.org/10.1016/j.ijproman.2020.02.001

Tan, J. (2018). Sim-to-Real: Learning Agile Locomotion For Quadruped Robots. Robotics: Science and Systems. https://doi.org/10.15607/RSS.2018.XIV.010

Tiara, D., & Syukron, A. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING PERKEMBANGAN ANAK BERBASIS WEBSITE PADA RUMAH PINTAR INDONESIA (RPI) YOGYAKARTA. Bianglala Informatika, 7(2), Art. no. 2. https://doi.org/10.31294/bi.v7i2.6691

Veza, O., Hanafi, & Maghfiroh, N. (2020). SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BISNIS PADA KANTIN PT. SAT NUSAPERSADA BATAM: BUSINESS MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM AT THE CANTINE OF PT. SAT NUSAERSADA BATAM. Engineering and Technology International Journal, 2(01), Art. no. 01.

Yli-Ojanperä, M. (2019). Adapting an agile manufacturing concept to the reference architecture model industry 4.0: A survey and case study. Journal of Industrial Information Integration, 15, 147–160. https://doi.org/10.1016/j.jii.2018.12.002

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Ardiansyah, S. ., Kautsar, I. A., Indahyanti, U., & Sumarno, S. (2024). Integrasi Aplikasi Monitoring dan Transaksi Pembayaran pada Kantin Sekolah. Journal of Electrical Engineering, 1(1), 21. https://doi.org/10.47134/jte.v1i1.2476

Issue

Section

Articles