Menganalisis Pesan Perawatan Lingkungan di Instagram @ecoton.id
DOI:
https://doi.org/10.47134/kebumian.v1i2.2489Keywords:
: Instagram, Kesadaran Lingkungan, Analisis Konten, Keterlibatan Masyarakat, Advokasi LingkunganAbstract
Studi kualitatif ini menggunakan pendekatan analisis konten untuk menyelidiki peran Instagram, khususnya akun @ecoton.id, dalam menyebarkan pesan kesadaran lingkungan. Berfokus pada konten edukatif dan kampanye terkait masalah lingkungan dan pengelolaan sampah, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Instagram dalam memupuk kesadaran lingkungan dan keterlibatan komunitas. Temuan mengungkap bahwa Instagram berfungsi sebagai platform yang kuat untuk menyebarkan pengetahuan lingkungan dan memobilisasi individu untuk berpartisipasi dalam inisiatif perawatan lingkungan. Fitur interaktif Instagram, termasuk like, komentar, dan berbagi, memfasilitasi jangkauan yang luas dan keterlibatan aktif. Akibatnya, studi ini menekankan efektivitas Instagram dalam mendorong gerakan kesadaran lingkungan dan menyoroti potensinya sebagai alat kunci untuk upaya advokasi lingkungan global.
References
Ahmad, J. (n.d.). Desain penelitian analisis isi (content analysis).
Ali, A. M. H., Fauziah, P. Y., & Latif, M. A. (2023). Eksplorasi lingkungan dalam pembelajaran anak di lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5575-5584. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5181
Aputri, R. A., & Tumangger, J. (2019). Hulu-hilir penanggulangan stunting di Indonesia. Journal of Political Issues, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.33019/jpi.v1i1.2 DOI: https://doi.org/10.33019/jpi.v1i1.2
Asmani, & Ma’mu, J. (2013). Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Butar, M. B., Cangara, H., & Wahid, U. (2022). Strategi komunikasi penggunaan Instagram dalam kegiatan promosi kuliner @Polkadotkitchen. Jurnal Komunikasi, 7(1), 17-33. DOI: https://doi.org/10.33376/ik.v7i1.1737
Dangelico, R. M. (2019). Green marketing: An analysis of definitions, strategy steps, and tools. Journal of Cleaner Production, 1264-1276.
Darmodjo, H. (1993). Pendidikan IPA 2. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. (2006). Peningkatan kualitas pembelajaran. Jakarta: Depdiknas Dtjen Dikti.
Dinda, G., Tahar, S., Farady, R., & Angreani, N. (2022). Telaah pesan kampanye #Bijakkelolasampah pada Instagram @Waste4Change mengenai program send your waste yang berdampak terhadap sikap followers mengelola sampah skincare. JCommsci: Journal Of Media and Communication Science, 5(2), 80-97.
Eriyanto. (2011). Analisis isi: Pengantar metodologi untuk penelitian ilmu komunikasi dan ilmu-ilmu sosial lainnya. Prenadamedia Group.
Fatimah, S. (2018). Kampanye sebagai komunikasi politik: Esensi dan strategi dalam pemilu. Jurnal Politik, 1(1). DOI: https://doi.org/10.32699/resolusi.v1i1.154
Gani, A. (2019). Penggunaan pendekatan eksplorasi lingkungan untuk meningkatkan pengetahuan sains anak. BINTANG, 1(1), 198-211.
Hamdi, A. (2023). Proceeding: The dream of millenial generation to grow (Vol. 2, No. 1).
Hanifah, W., Prananingrum, E. N., & Sutjipto, V. W. (2022). Pengaruh kampanye #PawaiBebasPlastik terhadap perilaku peduli lingkungan followers Instagram @iddkp. Jurnal Komunikasi dan Media, 5(2), 37-44. DOI: https://doi.org/10.35326/medialog.v5i2.1722
Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Utilization of Tik Tok social media as a campaign media for handwashing movement in Indonesia to prevent Covid-19. Communiverse: Journal of Communication Science, 5(2), 70-80. DOI: https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278
Huraerah, A. (2008). Pengorganisasian dan pengembangan masyarakat: Model dan strategi pembangunan berbasis kerakyatan. Humaniora.
Ilmiah, J., & Makna, K. (2022). Optimalisasi Instagram @Siapdarling sebagai media komunikasi sosial pembangunan untuk mengkampanyekan generasi muda sadar lingkungan. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 10(1), 17-27. https://doi.org/10.30659/jikm.10.1.17-27 DOI: https://doi.org/10.30659/jikm.v10i1.18511
Jhon, L. (2011). Teori komunikasi = Theories of human communication. Salemba Humanika.
Lavidge, R. J., & Steiner, G. A. (1961). A model for predictive measurements of advertising effectiveness. Journal of Marketing, 25(6), 59-62. DOI: https://doi.org/10.1177/002224296102500611
Lenggihunusa, A. Y., Sanadi, E., Auliana, L., & Hakim, M. A. (2024). Analisis penggunaan live shopping TikTok dalam mendorong minat beli konsumen Skintific. Jurnal Lentera Bisnis, 13(1), 359-369. DOI: https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i1.995
Macarthy, A. (2015). 500 social media marketing tips: Essential advice, hints and strategy for business: Facebook, Twitter, Pinterest,
Google+, YouTube, Instagram, LinkedIn, and more!. CreateSpace Independent Publishing Platform.
Mardiana. (2020, November). Pengaruh edukasi terhadap pengetahuan siswa sekolah dasar di Kecamatan Muara Pawan Ketapang tentang penggunaan obat melalui program apoteker cilik.
Nadarsyah, N. N., & Priyanto, H. (2023). In cultural perspective: Sexuality and gender performance. In Handbook of research on diversity and gender differences in spiritual experiences (pp. 12). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-6826-5.ch004 DOI: https://doi.org/10.4018/978-1-6684-6826-5.ch004
Nafsyah, A. S., Maulidyah, S. R., Nurlia, A. S., & Adhyanti, W. P. (2022). Analisis konten media sosial Instagram BY.U sebagai media penyebaran informasi & komunikasi. Massive: Jurnal Ilmiah Komunikasi. 2(2), 1-11. https://massive.respati.ac.id DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v2i2.57
Nisa’Lu’Lu’Mafruchah, K. H. O. I. R. U. N. (2023). Anteseden niat pembelian online terhadap produk perawatan kulit merek Skintific pada platform social commerce TikTok Shop.
Noviana, N., & Priyanto, H. (2023). Proactive personality a transformational is consistent in maintaining organizational balance. Partners Universal International Research Journal, 2(02). https://doi.org/10.5281/zenodo.8051223.
Perdana, K. (2021). Analisa model komunikasi Lasswell pada halaman “@aswaja_sunda” dalam turut mempertahankan ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah di media Instagram. The International Journal of Pegon: Islam Nusantara Civilization, 5(01), 25-38. https://doi.org/10.51925/inc.v5i01.47. DOI: https://doi.org/10.51925/inc.v5i01.47
Permatasari, S. J. (2022). Pengembangan program desa wisata berbasis jejaring bisnis di Desa Tamansari Kabupaten Banyuwangi.
Governance: JKMP (Governance, Jurnal Kebijakan & Manajemen Publik), 12(2), 133-139. https://doi.org/10.38156/gjkmp.v12i2.107. DOI: https://doi.org/10.38156/gjkmp.v12i2.107
Poemarwoto, O. (2009). Analisis mengenai dampak lingkungan. Gajah Mada University Press.
Purnamasari, D. L., Septyani, A. D., & Rusydi, I. R. R. (2022). Pengaruh periklanan televisi dan duta merek terhadap pembentukan kesadaran merek pada Tokopedia seri Bangtan Sonyeondan. Jurnal EBI, 4(1), 1-13. https://doi.org/10.52061/ebi.v4i1.55 DOI: https://doi.org/10.52061/ebi.v4i1.55
Rahmadhani, P., et al. (2022). Pengaruh media sosial Twitter @Greenpeace.Id terhadap sikap peduli lingkungan. Jurnal Professional, 9(2004), 633-646.
Rahman, W., Herdiyanti, H., Azizah, J., Asir, M., & Wijayanto, G. (2024). Eksplorasi strategi pemasaran media sosial yang sukses dalam meningkatkan interaksi merek dengan konsumen di era digital. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(1), 355-363.
Ramadhan, M. A., Yudhistira, R., & Muhammadi, H. N. (2021). Komodifikasi simbol religi dalam iklan Marjan edisi bulan Ramadhan. Jurnal Audiens, 2(2), 180-191. https://doi.org/10.18196/jas.v2i2.11652. DOI: https://doi.org/10.18196/jas.v2i2.11652
Ramdani, M., & Arsyad, A. M. (2021). Penerapan metode eksplorasi lingkungan sekitar dalam peningkatan pengetahuan sains. Jurnal El-Audi, 2(2), 95-115. DOI: https://doi.org/10.56223/elaudi.v2i2.28
Resmi, D. U. C. (2021). Efektivitas layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (Lapor!) di Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskomsandi) Kota Ternate (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Rosyada, F. A. (2023). Pengaruh green marketing dan green product terhadap keputusan pembelian. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 305-312.
Salsabila, F., & Fitria, S. (2023). Analisis perkembangan bisnis skincare dengan menggunakan live streaming TikTok sebagai media promosi (Studi pada brand skincare lokal Alldays). Diponegoro Journal of Management, 12(6).
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: CV Alfabeta.
Sukma, R. A., Priyanto, H., & Kurniadi, H. (2023). Home review program in the interest of poverty reduction: Towards success or the verse? International Journal of Educational Review, Law and Social Sciences (IJERLAS), 3(6), 1870-1876. https://doi.org/10.54443/ijerlas.v3i6.1147.
Syafiie, I. K. (2002). Sistem pemerintahan Indonesia (Ed. rev., cet. 2). Jakarta: Rineka Cipta.
Triyanto, Y., Sari, R., Rahayu, S., Lubis, J. R., & Siregar, R. A. (2023). Cegah stunting melalui program diversifikasi dan ketahanan pangan masyarakat di Desa Nagasaribu Kecamatan Padang Bolak Tenggara Kabupaten Padang Lawas Utara. Jurnal SOLMA, 12(3), 1161-1171. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.12914.
Ulfa, G. S., et al. (2022). Pengaruh kampanye #PantangPlastik terhadap sikap ramah lingkungan (Survei pada pengikut Instagram @GreenpeaceID). Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 9(1), 40. https://doi.org/10.31504/komunika.v9i1.2387 DOI: https://doi.org/10.31504/komunika.v9i1.2387
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M Datar Tafakur Dharma Putra, Ainur Rocmaniah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.