Strategi Komunikasi Interpersonal PT Anugerah Pharmindo Lestari Cabang Palembang Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.47134/interaction.v2i1.3918Keywords:
Strategi Komunikasi Interpersonal, Loyalitas Pelanggan, PT Anugerah Pharmindo Lestari, Industri Farmasi, Hubungan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh PT Anugerah Pharmindo Lestari dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan merupakan faktor kunci dalam keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis, terutama dalam industri farmasi yang sangat kompetitif. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dengan manajer dan supervisor sales exclusive perusahaan dan para pelanggan , serta analisis dokumentasi terkait strategi komunikasi yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Anugerah Pharmindo Lestari menggunakan komunikasi interpersonal yang melibatkan pendekatan personal dalam interaksi dengan pelanggan, seperti pelayanan pelanggan yang responsif, pemberian informasi yang jelas, serta membangun hubungan yang saling percaya. Selain itu, perusahaan juga fokus pada pemberian nilai tambah melalui komunikasi yang konsisten dan mendengarkan kebutuhan serta masukan pelanggan. Temuan ini mengindikasikan bahwa komunikasi interpersonal yang efektif berperan penting dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dan menciptakan hubungan jangka panjang yang menguntungkan bagi perusahaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi perusahaan lain dalam mengembangkan strategi komunikasi yang lebih baik dalam mempertahankan loyalitas pelanggan.
References
Abubakar, R. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2021.
Adawiyah, R., & Taharuddin. (2024). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Keagenan Kapal Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Pelayaran PT. Hasnur Internasional Shipping Tbk.” Jurnal Bisnis Dan Manajemenan Pembangunan 13, no. 2 (2024): 170–80. https://journalmab.ulm.ac.id/index.php/jbp%0A.
Adhari. (2022). Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara, 2022.
Alpacare. (2024). “About,” 2024. https://www.aplcare.com/id/about.
Bharmawan, A. S., & Hanif, N. (2022). Manajemen Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jakarta: Scopindo Media Pustaka, 2022.
Damayanti. (2022). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Bey Kota Kediri.” IAIN Kediri, 2022.
Darya Varia Laboratoria. “Darya Varia Laboratoria,” 2024. https://www.darya-varia.com.
David. (2023). “Strategi Komunikasi Interpersonal Pada Barista Omalia Coffee Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan.” Universitas Buddhi Dharma, 2023.
Feliks, Y. A., & Fitriawat, D. (2023). “Komunikasi Interpersonal Karyawan PT. GMB Dalam Menarik Minat Gadai Dan Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM) 5, no. 1 (2023): 84–93.
Griffin, J. (2023). Customer Loyalty: How to Earn It, How to Keep It. New Jersey: John Wiley & Sons, 2023.
Haniza, N. (2019). “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Pola Pikir, Kepribadian Dan Kesehatan Mental Manusia.” Universitas Sahid, 2019.
Harahap, B. I., Nazer, M., & Andrianus, F. (2020). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Dalam Belanja Online Di Kota Solok.” Technology Acceptance Model (TAM) 11, no. 1 (2020): 1–9.
Hasanah, S. A., Nur, D. A., Ningsih, O., & Nopriyanti, I. (2024). “Teori Tentang Persepsi Dan Teori Atribusi Kelley.” CiDEA Journal 3, no. 1 (2024): 44–54. https://doi.org/10.56444/cideajournal.v3i1.1810.
Herdiansyah. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial : Perspektif Konvensional Dan Kontemporer. Jakarta: Salemba Humanika, 2019.
Homburg, C., & Giering, A. (2019). “Personal Characteristics as Moderators of the Relationship between Customer Satisfaction and Loyalty—an Empirical Analysis.” Psychology & Marketing 18, no. 1 (2019): 43–66. https://doi.org/10.1002/1520-6793(200101)
Kesumaputri, A. P., Bening, T. P., & Luqman, Y. (2022). “Hubungan Citra Merek Dan Tingkat Kepercayaan Merek Vaseline Dengan Tingkat Loyalitas Konsumen Hand And Body Lotion Vaseline.” Interaksi Online 10, no. 3 (2022): 128–40.
Lestari, H., Suadi, S. P., & Digdowiseiso, K. (2024). “Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Inovasi Produk, Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dua Coffee.” Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 6, no. 2 (2024): 1043–52. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i2.5566.
Mardarani, S., Sumiyati., & Syafuddin, K. (2022). “Strategi Komunikasi Interpersonal Restoran Marugame Udon Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Konsumen.” Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK) 1, no. 1 (2022): 146–53. https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.32.
Nawawi, M. I., Lubis, F. A., & Atika. (2023). “Pengaruh Komunikasi Pimpinan Terhadap Produktivitas Kerja Dan Prestasi Agen Pada PT. Sunlife Financial Cabang Kota Medan.” Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) 3, no. 2 (2023): 446–60.
Noprisanti, A. A. (2021). “Strategi Komunikasi Pemasaran Mekar Mulya Pacifik Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Di Kabupaten Bandung Barat.” Universitas Komputer Indonesia, 2021.
Putri, A. E. (2019). “Pengaruh Pelatihan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Anugerah Pharmindo Lestari Di Pekanbaru.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2019.
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kanisius, 2021.
Sasongko, S. Rio. (2021). “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 3, no. 1 (2021): 104–14. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707.
Tsalatsa, M. A., & Sudarwanto, T. (2021). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Diskusi Kopi Kafe Gresik.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 9, no. 3 (2021): 1464–71.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdur Rahman Nugraha, Nuraida, Selvia Assoburu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.