Teori Feminis dalam Dekonstruksi Representasi Perempuan di Media Sosial

Authors

  • Annisa Octavianti Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Eko Purwanto Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Anita Hidayati Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Helga Juwita Sari Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Zenicka Rachman Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.47134/converse.v2i1.4395

Keywords:

Teori Feminis, Dekonstruksi, Representasi Perempuan, Media Sosial, Kesetaraan Gender

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan teori feminis dalam menganalisis dan mendekonstruksi representasi perempuan di media sosial. Media sosial sebagai ruang publik baru memberikan kesempatan bagi perempuan untuk membentuk identitas dan citra diri mereka sendiri. Namun, representasi yang muncul sering kali masih terjebak dalam pola-pola patriarkis, stereotip gender, dan objektifikasi. Melalui pendekatan dekonstruktif berbasis teori feminis, penelitian ini mengkaji bagaimana makna-makna tentang perempuan dikonstruksi, dipertahankan, dan dapat diurai kembali untuk membuka peluang representasi yang lebih beragam dan memberdayakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendekonstruksi representasi perempuan yang ditampilkan di berbagai platform media sosial melalui pendekatan teori feminis. Secara khusus, penelitian ini berusaha untuk mengidentifikasi bagaimana media sosial membentuk dan mereproduksi citra serta peran perempuan dalam masyarakat digital kontemporer. Dengan menggunakan kerangka pemikiran feminis—baik dari perspektif feminisme liberal, radikal, maupun post-struktural—penelitian ini akan menganalisis konten- konten visual, verbal, dan simbolik yang memuat representasi perempuan, serta mengkaji bagaimana representasi tersebut mencerminkan relasi kuasa patriarkal, stereotip gender, dan hegemoni budaya populer. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa meskipun media sosial memiliki potensi sebagai sarana pembebasan, ia tetap menjadi arena pertempuran wacana antara reproduksi nilai-nilai tradisional dan upaya emansipasi perempuan. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan kritis dalam melihat dinamika representasi perempuan di era digital untuk mendorong perubahan sosial menuju kesetaraan gender.

References

Bai, A., Vahedian, M., Hessari, H., Bai, M., Ghahreman, R., & Piri, H. (2024). Digital Empowerment: Transformation of Women’s Body Display Norms in the Age of Social Media. Formosa Journal of Science and Technology, 3(8), 1935–1954. https://doi.org/10.55927/fjst.v3i8.10862

Han, Y. (2023). Women Image in Current Chinese Media and Its Consequences. Communications in Humanities Research, 6(1), 119–124. https://doi.org/10.54254/2753-7064/6/20230149

Nzombe, L. S., Makombe, R., & Nyambi, O. (2023). Virtual Disclosures and Self- emancipations: The Female Body and Self-identity on Online Platforms in Phuthaditjhaba (pp. 127–140). https://doi.org/10.1007/978-3-031-15773-8_9

Ortega Larrea, A. (2016). Liberación de los estereotipos sexistas: otra forma de manipular a las mujeres. Comunicación y Hombre, 12, 177–190. https://doi.org/10.32466/eufv-cyh.2016.12.204.177-190

Osborne, J., Kavanagh, E., & Litchfield, C. (2021). Freedom for Expression or a Space of Oppression? Social Media and the Female @thlete. In The Professionalisation of Women’s Sport (pp. 157–172). Emerald Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/978-1-80043-196-620211010

Reena, D. (2023). Media and Promotion of Gender Equality. International Journal of English Literature and Social Sciences, 8(1), 108–110. https://doi.org/10.22161/ijels.81.14

Shalaby, M., & Alkaff, S. N. (2019). A Cross-Cultural Study of the Representation of Women in Instagram Cosmetic Advertisements. INTERNATIONAL JOURNAL OF GENDER & WOMEN’S STUDIES, 7(2). https://doi.org/10.15640/ijgws.v7n2p6

Velez, D. A., & Pastrano, L. G. A. (2024). The influence of social media portrayal on the self-presentation of women in the digital era. Mujer Andina, 3(1), 29–40. https://doi.org/10.36881/ma.v3i1.890

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Octavianti, A., Purwanto, E., Hidayati, A., Sari, H. J., & Rachman, Z. (2025). Teori Feminis dalam Dekonstruksi Representasi Perempuan di Media Sosial. CONVERSE Journal Communication Science, 2(1), 12. https://doi.org/10.47134/converse.v2i1.4395

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.