Strategi Komunikasi Humas Yakesma Sumsel Dalam Meningkatkan Eksistensi Sebagai Lembaga Filantropi

Authors

  • Suryati Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Anita Trisiah Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Kgs M Fauzan Azima Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.47134/converse.v1i3.3687

Keywords:

Strategi Komunikasi, Humas, Lembaga Filantropi, Metode Kualitatif, Hambatan Komunikasi, Eksistensi Organisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh Humas Yakesma Sumatera Selatan dalam upaya meningkatkan eksistensinya sebagai lembaga filantropi di tengah masyarakat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Yakesma Sumsel telah menerapkan sejumlah kegiatan publik dan pelatihan yang dirancang untuk memperkuat keterlibatan masyarakat serta memperluas jaringan sosial. Strategi komunikasi yang diterapkan berfokus pada tiga elemen utama: pertama, memastikan bahwa pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh khalayak (to secure understanding); kedua, membina penerimaan pesan di kalangan target audiens (to establish acceptance); dan ketiga, memotivasi tindakan yang sesuai dengan tujuan organisasi (to motivate action). Model komunikasi Lasswell digunakan untuk menganalisis elemen-elemen komunikasi, mencakup komunikator, pesan, media, komunikan, dan efek yang diharapkan. Penelitian ini juga mengidentifikasi berbagai hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi komunikasi, seperti kesulitan dalam memberikan umpan balik kepada donatur anonim, terjadinya miskomunikasi dengan masyarakat, serta keterbatasan relevansi program yang ditawarkan terhadap kebutuhan organisasi lain di Sumatera Selatan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya strategi komunikasi yang efektif dan adaptif untuk Humas Yakesma Sumsel dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada dan mempertahankan eksistensinya sebagai lembaga filantropi yang kredibel serta berpengaruh. Temuan ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan strategi komunikasi lembaga filantropi lainnya dalam konteks yang serupa, serta kontribusi dalam meningkatkan praktik komunikasi yang lebih baik di sektor filantropi, dengan penekanan pada pentingnya adaptasi dan responsivitas dalam menghadapi dinamika lingkungan sosial.

References

Andika, R. (2018). “Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Suara Surabaya Dalam Mempertahankan Eksistensi”. Skripsi. Surabaya: Universitas 17 Agustus 1945.

Cangara, H. (2018). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung.

Faiza, A. & Firda, S. J. (2018). Arus Metamorfosa Milenial, Kendal: Ernest.

Fajar, M. (2009). Komunikasi Efektif dalam Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hakki, N. & Ahmad, S. R. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi, Yogyakarta: Deepublish.

Hasil Wawancara dengan sustaria selaku Humas Yakesma Sumsel, pada tanggal 13 Maret 2024 pukul 16.00 WIB.

Herlina, S. (2015). Strategi Komunikasi Humas dalam Membentuk Citra Pemerintahan di Kota Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 4, 493.

Kholisoh, N. (2015). Strategi Komunikasi Public Relations dan Citra Positif Organisasi (Kasus Public Relations Rumah Sakit “X” di Jakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi, 13, 208.

Kotaniartha, I. W.. & Wanda, Y. A. (2020). Strategi Manajemen Radio Republik Indonesia Dalam Membangun Eksistensi Sebagai Lembaga Penyiaran Publik. Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi, 20, 43

Kurnia, W. F. (2020). “Strategi Komunikasi Unit Kegiatan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Eksistensi di IAIN Purwokerto”. Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwekerto.

Masriani. (2021). “Eksistensi Barzanji Di Tengah Modernisasi (Studi Kasus Di Kelurahan Cabenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng)”. Skripsi. Makasar: Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat Universitas Islam Negeri Alauddin. DOI: https://doi.org/10.24252/sosioreligius.v6i2.27618

Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurdiant, S. R. (2014). Analisis Faktor-Faktor Hambatan Komunikasi dalam Sosialisasi Program Keluarga Berencana pada Masyarakat Kebon Agung-Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 2(2), 145-159. PT. Citra Aditya Bakti.

Ponco, D. K. (2018). Ilmu Komunikasi, Yogyakarta: Samudra Biru.

Sajidah, K, dkk. (2021), Strategi Kepemimpinan Dalam Islam, The First On-Publisher in Indonesia : Guepedia.

Salanggon, M. L. & Sitti, M. K. (2020). Peran Humas Pemerintah Kota Palu Dalam Menangani Isu Negatif Mengenai Penanganan Pasca Bencana di Kota Palu 2018. Jurnal Kinesik, 7, 254. DOI: https://doi.org/10.22487/ejk.v7i3.128

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprawoto. (2018). Government Public Relations, Jakarta: Prenadamedia Group.

Tanzeh, A. (2011). Metodologi Penelitian Praktis, Yogyakarta: Teras

Onong, U. E. (2015). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Onong, U. E. (2014). Dinamika Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wursanto, I. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Zaid, Hanif, dkk. 2021, Teori Komunikasi Dalam Praktik, Jawa Tengah: Zahira Media Publisher.

Downloads

Published

2025-02-03

How to Cite

Suryati, Trisiah, A., & Azima, K. (2025). Strategi Komunikasi Humas Yakesma Sumsel Dalam Meningkatkan Eksistensi Sebagai Lembaga Filantropi. CONVERSE Journal Communication Science, 1(3), 15. https://doi.org/10.47134/converse.v1i3.3687

Issue

Section

Articles