Strategi Pemasaran Ponsel oleh @MMTECHNO di TikTok Surabaya

Authors

  • Bagus Herdinovian Wicaksana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nur Maghfirah Aesthetika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/converse.v1i2.2990

Keywords:

Pemasaran TikTok, Perdagangan Elektronik, Strategi Komunikasi Pemasaran, Penelitian Kualitatif,, Pengembangan Bisnis.

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas strategi komunikasi pemasaran untuk penjualan ponsel bekas di TikTok, dengan fokus pada akun penjual terkemuka. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi di Surabaya. Temuan menekankan peran penting dari campuran pemasaran yang komprehensif—termasuk periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, dan pemasaran langsung & interaktif—dalam meningkatkan pertumbuhan dan pengembangan bisnis. Strategi-strategi ini memberikan kontribusi signifikan terhadap ekspansi jaringan bisnis dan profitabilitas dalam lanskap digital yang berkembang pesat. Studi ini mengonfirmasi pentingnya komunikasi pemasaran yang adaptif dalam memaksimalkan potensi platform digital untuk perdagangan elektronik.

References

A. A. Usanputri and A. V. Alyasinta, “Pengaruh Iklan dan Program Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian,” Oru. Ekon., vol. 23, no. 4, 2021.

A. H. P. Yupitriani and S. F. Sidik, “Analisis Konten Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Aplikasi TikTok,” J. Komun. Univers., vol. 5, no. 1, 2023.

F. T. Yulieta, “Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental,” J. Penelit. Pendidik. Pancasila Dan Kewarganegaraan, vol. 1, no. 8, 2021.

J. Marpaung, “Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Kehidupan,” J. Couns. Guid. Study Progr., vol. 5, no. 2, 2018.

K. S. Ardiansyah and F. Farid, “TikTok sebagai Media Personal Branding Melinda Rohita,” J. Pustaka Komun., vol. 6, no. 1, 2023.

M. Azzahrani, “Strategi Komunikasi Pemasaran Kementerian Pariwisata Indonesia dalam Pesona Indonesia melalui YouTube,” J. Manaj. Komun., vol. 2, no. 2, 2018

M. H. Dwi Wijaya, “Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas TikTok,” J. Agama, Sos. Dan Budaya, vol. 3, no. 2, 2020.

S. Kusniadji, “Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus pada PT Expand Berlian Mulia di Semarang),” J. Komun., vol. 8, no. 1, 2016.

S. Sangputri and A. Hasrin, “Analisis Dampak Kebijakan Pembatasan Waktu Operasional Pasar di Kabupaten Minahasa Akibat Penanggulangan COVID-19,” J. Ilmu Sos. dan Pendidik., 2020.

S. Susilowati, “Pemanfaatan Aplikasi TikTok sebagai Personal Branding di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun @bowo_allpennliebe),” J. Komun., vol. 9, no. 2, 2018.

U. W. Hasiholan and T. P. Rezki Pratami, “Pemanfaatan Media Sosial TikTok sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan di Indonesia untuk Mencegah COVID-19,” J. Ilmu Komun., vol. 5, no. 2, 2020.

W. P. Oktavania, “Pengaruh Pemasaran Langsung dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Exclusive Matte Lip Cream di Tokopedia,” J. Ilmu Komun., vol. 2, no. 1, 2019.

Y. N. Eriesa, “Tinjauan Atas Social Media Marketing Mitra KARTARA pada PT. Solusi Media Ravel Teknologi,” J. Apl. Bisnis Kesatuan, vol. 2, no. 2, 2022.

Y. Sariwaty et al., “Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Calief melalui Implementasi Komunikasi Pemasaran,” J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, 2019.

Z. M. N. E. Asution and A. Munajah, “Pemanfaatan Sosial Media TikTok sebagai Strategi Promosi dalam Berwirausaha Persfektif Ekonomi Islam,” J. Ilmu Komputer, Ekon. dan Manaj., vol. 2, no. 2, 2022.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Wicaksana, B. H., & Aesthetika, N. M. (2024). Strategi Pemasaran Ponsel oleh @MMTECHNO di TikTok Surabaya. CONVERSE Journal Communication Science, 1(2), 89–102. https://doi.org/10.47134/converse.v1i2.2990

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.