Analisis Faktor Akademis yang Memengaruhi Tingkat Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjp.v2i4.4049Keywords:
Kesejahteraan Psikologis, Depresi Mahasiswa, Tekanan Akademik, StressAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor akademik yang memengaruhi tingkat kesejahteraan psikologis mahasiswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan penyebaran kuesioner daring kepada mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Angkatan 2024. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden mengalami gangguan suasana hati ringan, disusul kategori normal, depresi ringan dan sedang, serta sebagian kecil mengalami depresi berat. Tidak ditemukan kasus depresi sangat berat. Faktor dominan penyebab faktor akademik meliputi beban tugas yang tinggi, stres karena tenggat waktu, serta kecemasan saat menghadapi ujian. Tekanan dari dosen turut berkontribusi, sementara tekanan dari orang tua dan kesulitan menyeimbangkan kuliah dengan kehidupan pribadi menunjukkan hasil yang bervariasi. Temuan ini menunjukkan adanya hubungan nyata antara faktor akademik dan kesejahteraan psikologis mahasiswa. Oleh karena itu, penting bagi institusi pendidikan untuk menyediakan layanan pendampingan psikologis yang tepat guna membantu mahasiswa mengelola tekanan secara lebih sehat dan adaptif
References
Aisyaroh, N., Hudaya, I., & Supradewi, R. (2022). Trend Penelitian Kesehatan Mental Remaja Di Indonesia Dan Faktor Yang Mempengaruhi: Literature Review. Scientific Proceedings of Islamic and Complementary Medicine, 1(1), 41–51. https://doi.org/10.55116/spicm.v1i1.6
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal, 2(2), 1–6.
Ardi, W. R., Dwidiyanti, M., Sarjana, W., & Indra Wiguna, R. (2021). Pengalaman Mahasiswa Dalam Mengatasi Depresi. Journal of Holistic Nursing Science, 8(1), 46–53. https://doi.org/10.31603/nursing.v8i1.3443
Azizah, A. H., Warsini, S., & Yuliandari, K. P. (2023). Hubungan Stres Akademik dengan Kecenderungan Depresi Mahasiswa Ilmu Keperawatan Universitas Gadjah Mada pada Masa Transisi Pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan Klinis Dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal), 7(2), 114. https://doi.org/10.22146/jkkk.84827
Desi, D., Felita, A., & Kinasih, A. (2020). Gejala Depresi Pada Remaja Di Sekolah Menengah Atas. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 8(1), 30. https://doi.org/10.33366/jc.v8i1.1144
Epifania M. Ladapase, & Anastasia Sona. (2023). Gambaran Stres Akademik Pada Mahasiswa Universitas Nusa Nipa Indonesia Di Maumere. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(2), 42–47. https://doi.org/10.36805/empowerment.v2i2.664
Fajrussalam, H., Hasanah, I. A., Asri, N. O. A., & Anaureta, N. A. (2022). Peran Agama Islam dalam Pengaruh Kesehatan Mental Mahasiswa. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 5(1), 22. https://doi.org/10.30659/jspi.v5i1.21041
Fitria Amalia Rochimah. (2020). Dampak Kuliah Daring Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Ditinjau Dari Aspek Psikologi. PsyArXiv Preprints, 7. https://psyarxiv.com/s5m9r/
Fitriah, A., & Hariyono, D. S. (2019). Hubungan Self Esteem terhadap Kecedenderungan Depresi pada Mahasiswa (Relationship of Self Esteem Against the Trend of Depression in Students). Psycho Holistic, 1(1), 8–16. http://journal.umbjm.ac.id/index.php/psychoholistic8
Ghatol, S. D. (2017). Academic Stress among Higher Secondary School Students: A Review. International Journal of Advanced Research in Education & Technology (IJARET), 4(1), 38–41.
Hamzah, H. B. and R. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Skripsi Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan. Indonesian Jurnal of Health Development, 5(2), 59–67.
Handayani, E. S. (2022). KESEHATAN MENTAL (MENTAL HYGIENE). Journal of Canadian Studies, 56(1).
Iqra. (2024). A systematic – Review of academic stress intended to improve the educational journey of learners. Methods in Psychology, 11(September), 100163. https://doi.org/10.1016/j.metip.2024.100163
Ma’rufa, N. H., Rumaisha, A. N., & Nashori, F. (2023). Pengaruh Terapi Zikir Istigfar Terhadap Depresi Pada Mahasiswa. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 7(1), 52–61. https://doi.org/10.36341/psi.v7i1.3319
Mandasari, L., & Tobing, D. L. (2020). Tingkat depresi dengan ide bunuh diri pada remaja. Indonesian Jurnal of Health Development, 2(1), 1–7. https://ijhd.upnvj.ac.id/index.php/ijhd/article/view/33
Maryam, S. (2017). Strategi Coping. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 101.
Mawaddah et al. (2020). FAKTOR PREDISPOSISI DAN PRESIPITASI TERJADINYA GANGGUAN JIWA DI DESA SUMBERTEBU BANGSAL MOJOKERTO. 12(February), 116–123.
Meliala, P. A. F. B. S. (2024). Kesehatan Mental Mahasiswa Menghadapi Tekanan. Psikologi, 1(4), 1–11.
Nugroho, F. T. (2025). TINGKAT DEPRESI MAHASISWA DITINJAU DARI INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL. Jurnal, 3(1), 268–281.
Putri, F. S., Nazihah, Z., Ariningrum, D. P., Celesta, S., & Kharin Herbawani, C. (2022). Depresi Remaja di Indonesia: Penyebab dan Dampaknya. Jurnal Kesehatan Poltekkes Kemenkes RI Pangkalpinang, 10(2)(2), 99–108.
Rahiman, H. U., Panakaje, N., Kulal, A., Harinakshi, & Parvin, S. M. R. (2023). Perceived academic stress during a pandemic: Mediating role of coping strategies. Heliyon, 9(6), e16594. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e16594
Rinawati, F., & Alimansur, M. (2016). Analisa Faktor-Faktor Penyebab Gangguan Jiwa Menggunakan Pendekatan Model Adaptasi Stres Stuart. Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(1), 38. https://doi.org/10.32831/jik.v5i1.112
Riswanto, D., & Marsinun, R. (2020). Perilaku Cyberbullying Remaja di Media Sosial. Analitika, 12(2), 98–111. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i2.3704
Rivaldi. (2024). Analisis Faktor Penyebab Stres Pada Mahasiswa dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Mental. Jayapangus Press Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 1–11. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/metta
Rohmah, N. R., & Mahrus, M. (2024). Mengidentifikasi Faktor-faktor Penyebab Stres Akademik pada Mahasiswa dan Strategi Pengelolaannya. J I E M Journal of Islamic Education and Management, 5(1), 36–43. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JAPI/article/view/2218
Supini, P., Gandakusumah, A. R. P., Asyifa, N., Auliya, Z. N., & Ismail, D. R. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental pada Remaja. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 2(1), 166–172. https://doi.org/10.57235/jerumi.v2i1.1760
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Zhang, J., Peng, C., & Chen, C. (2024). Mental health and academic performance of college students: Knowledge in the field of mental health, self-control, and learning in college. Acta Psychologica, 248(49), 104351. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2024.104351
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Aisha Rahma Fayyaza, Halwa Haura Al-Jannah, Nafisa Aulia Chairina, Naila Sabrina Alyannisa, Sabrina Firda Amalia, Welsi Damayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.