Analisis Faktor Akademis yang Memengaruhi Tingkat Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa

Authors

  • Aisha Rahma Fayyaza Universitas Pendidikan Indonesia
  • Halwa Haura Al-Jannah Indonesia University of Education image/svg+xml
  • Nafisa Aulia Chairina Indonesia University of Education image/svg+xml
  • Naila Sabrina Alyannisa Indonesia University of Education image/svg+xml
  • Sabrina Firda Amalia Indonesia University of Education image/svg+xml
  • Welsi Damayanti Indonesia University of Education image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjp.v2i4.4049

Keywords:

Kesejahteraan Psikologis, Depresi Mahasiswa, Tekanan Akademik, Stress

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor akademik yang memengaruhi tingkat kesejahteraan psikologis mahasiswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan penyebaran kuesioner daring kepada mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Angkatan 2024. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden mengalami gangguan suasana hati ringan, disusul kategori normal, depresi ringan dan sedang, serta sebagian kecil mengalami depresi berat. Tidak ditemukan kasus depresi sangat berat. Faktor dominan penyebab faktor akademik meliputi beban tugas yang tinggi, stres karena tenggat waktu, serta kecemasan saat menghadapi ujian. Tekanan dari dosen turut berkontribusi, sementara tekanan dari orang tua dan kesulitan menyeimbangkan kuliah dengan kehidupan pribadi menunjukkan hasil yang bervariasi. Temuan ini menunjukkan adanya hubungan nyata antara faktor akademik dan kesejahteraan psikologis mahasiswa. Oleh karena itu, penting bagi institusi pendidikan untuk menyediakan layanan pendampingan psikologis yang tepat guna membantu mahasiswa mengelola tekanan secara lebih sehat dan adaptif

References

Aisyaroh, N., Hudaya, I., & Supradewi, R. (2022). Trend Penelitian Kesehatan Mental Remaja Di Indonesia Dan Faktor Yang Mempengaruhi: Literature Review. Scientific Proceedings of Islamic and Complementary Medicine, 1(1), 41–51. https://doi.org/10.55116/spicm.v1i1.6

Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal, 2(2), 1–6.

Ardi, W. R., Dwidiyanti, M., Sarjana, W., & Indra Wiguna, R. (2021). Pengalaman Mahasiswa Dalam Mengatasi Depresi. Journal of Holistic Nursing Science, 8(1), 46–53. https://doi.org/10.31603/nursing.v8i1.3443

Azizah, A. H., Warsini, S., & Yuliandari, K. P. (2023). Hubungan Stres Akademik dengan Kecenderungan Depresi Mahasiswa Ilmu Keperawatan Universitas Gadjah Mada pada Masa Transisi Pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan Klinis Dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal), 7(2), 114. https://doi.org/10.22146/jkkk.84827

Desi, D., Felita, A., & Kinasih, A. (2020). Gejala Depresi Pada Remaja Di Sekolah Menengah Atas. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 8(1), 30. https://doi.org/10.33366/jc.v8i1.1144

Epifania M. Ladapase, & Anastasia Sona. (2023). Gambaran Stres Akademik Pada Mahasiswa Universitas Nusa Nipa Indonesia Di Maumere. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(2), 42–47. https://doi.org/10.36805/empowerment.v2i2.664

Fajrussalam, H., Hasanah, I. A., Asri, N. O. A., & Anaureta, N. A. (2022). Peran Agama Islam dalam Pengaruh Kesehatan Mental Mahasiswa. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 5(1), 22. https://doi.org/10.30659/jspi.v5i1.21041

Fitria Amalia Rochimah. (2020). Dampak Kuliah Daring Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Ditinjau Dari Aspek Psikologi. PsyArXiv Preprints, 7. https://psyarxiv.com/s5m9r/

Fitriah, A., & Hariyono, D. S. (2019). Hubungan Self Esteem terhadap Kecedenderungan Depresi pada Mahasiswa (Relationship of Self Esteem Against the Trend of Depression in Students). Psycho Holistic, 1(1), 8–16. http://journal.umbjm.ac.id/index.php/psychoholistic8

Ghatol, S. D. (2017). Academic Stress among Higher Secondary School Students: A Review. International Journal of Advanced Research in Education & Technology (IJARET), 4(1), 38–41.

Hamzah, H. B. and R. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Skripsi Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan. Indonesian Jurnal of Health Development, 5(2), 59–67.

Handayani, E. S. (2022). KESEHATAN MENTAL (MENTAL HYGIENE). Journal of Canadian Studies, 56(1).

Iqra. (2024). A systematic – Review of academic stress intended to improve the educational journey of learners. Methods in Psychology, 11(September), 100163. https://doi.org/10.1016/j.metip.2024.100163

Ma’rufa, N. H., Rumaisha, A. N., & Nashori, F. (2023). Pengaruh Terapi Zikir Istigfar Terhadap Depresi Pada Mahasiswa. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 7(1), 52–61. https://doi.org/10.36341/psi.v7i1.3319

Mandasari, L., & Tobing, D. L. (2020). Tingkat depresi dengan ide bunuh diri pada remaja. Indonesian Jurnal of Health Development, 2(1), 1–7. https://ijhd.upnvj.ac.id/index.php/ijhd/article/view/33

Maryam, S. (2017). Strategi Coping. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 101.

Mawaddah et al. (2020). FAKTOR PREDISPOSISI DAN PRESIPITASI TERJADINYA GANGGUAN JIWA DI DESA SUMBERTEBU BANGSAL MOJOKERTO. 12(February), 116–123.

Meliala, P. A. F. B. S. (2024). Kesehatan Mental Mahasiswa Menghadapi Tekanan. Psikologi, 1(4), 1–11.

Nugroho, F. T. (2025). TINGKAT DEPRESI MAHASISWA DITINJAU DARI INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL. Jurnal, 3(1), 268–281.

Putri, F. S., Nazihah, Z., Ariningrum, D. P., Celesta, S., & Kharin Herbawani, C. (2022). Depresi Remaja di Indonesia: Penyebab dan Dampaknya. Jurnal Kesehatan Poltekkes Kemenkes RI Pangkalpinang, 10(2)(2), 99–108.

Rahiman, H. U., Panakaje, N., Kulal, A., Harinakshi, & Parvin, S. M. R. (2023). Perceived academic stress during a pandemic: Mediating role of coping strategies. Heliyon, 9(6), e16594. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e16594

Rinawati, F., & Alimansur, M. (2016). Analisa Faktor-Faktor Penyebab Gangguan Jiwa Menggunakan Pendekatan Model Adaptasi Stres Stuart. Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(1), 38. https://doi.org/10.32831/jik.v5i1.112

Riswanto, D., & Marsinun, R. (2020). Perilaku Cyberbullying Remaja di Media Sosial. Analitika, 12(2), 98–111. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i2.3704

Rivaldi. (2024). Analisis Faktor Penyebab Stres Pada Mahasiswa dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Mental. Jayapangus Press Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 1–11. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/metta

Rohmah, N. R., & Mahrus, M. (2024). Mengidentifikasi Faktor-faktor Penyebab Stres Akademik pada Mahasiswa dan Strategi Pengelolaannya. J I E M Journal of Islamic Education and Management, 5(1), 36–43. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JAPI/article/view/2218

Supini, P., Gandakusumah, A. R. P., Asyifa, N., Auliya, Z. N., & Ismail, D. R. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental pada Remaja. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 2(1), 166–172. https://doi.org/10.57235/jerumi.v2i1.1760

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Zhang, J., Peng, C., & Chen, C. (2024). Mental health and academic performance of college students: Knowledge in the field of mental health, self-control, and learning in college. Acta Psychologica, 248(49), 104351. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2024.104351

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Fayyaza, A. R., Al-Jannah, H. H., Chairina, N. A., Alyannisa, N. S., Amalia, S. F., & Damayanti, W. (2025). Analisis Faktor Akademis yang Memengaruhi Tingkat Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 2(4), 11. https://doi.org/10.47134/pjp.v2i4.4049

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.