Analisis Peran Verrel Bramasta Sebagai Public Figure Dalam Kampanye Partai Amanat Nasional (PAN) Di Media Sosial TikTok

Authors

  • Marsya Zusrieka Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta image/svg+xml
  • Chifra Zeila Pramesyanti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta image/svg+xml
  • Andzi Salwa Salsabila Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta image/svg+xml
  • Firman Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/ijlj.v2i2.3397

Keywords:

Verrel Bramasta, Partai Amanat Nasioanl, Kampanye Politik, TikTok, Public Figure

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi kampanye Partai Amanat Nasional (PAN) melalui pemanfaatan Verrell Bramasta sebagai public figure di media sosial TikTok. Sebagai platform yang banyak diminati oleh generasi muda khususnya generasi Z, TikTok digunakan untuk membangun interaksi yang lebih personal dan menarik perhatian bagi generasi muda sebagai mayoritas dari pemilih pada pemilu 2024 ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menganalisis konten pada video kampanye Verrell Bramasta dan menggunakan tinjauan literatur dari jurnal serta artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Verrell Bramasta secara efektif mampu meningkatkan daya tarik visual dan emosional pada konten kampanye, serta gaya komunikasinya yang santai dan dekat dengan generasi muda, khususnya generasi Z. Namun, terdapat pula tantangan dalam memastikan relevansi pesan politik bagi masyarakat luas. Strategi Partai Amanat Nasional (PAN) bersama Verrel Bramasta ini menyoroti pentingnya sinergi antara public figure dan partai politik dalam membangun citra yang inklusif di era digital ini.

References

Abidin, C. (2020). "Politics, influencers, and digital culture in Southeast Asia". Media International Australia, 177(1), 97-111.

Audrezet, A., De Kerviler, G., & Moulard, J. G. (2020). Authenticity under Threat: When Social Media Influencers Need to Go beyond Self-Presentation. Journal of Business Research, 117, 557-569.

⁠Bramastavrl follower tracker: Growth insights. (2024, July 26). Your Ultimate Instagram Activity Tracker | DolphinRadar. https://blog.dolphinradar.com/instagram-tracking-blog/20164/bramastavrl-follower-tracker-growth-insights

Budi, M. (2023, February 9). Berjaket Biru, Artis verrel Bramasta Resmi Gabung PAN. detiknews. https://news.detik.com/pemilu/d-6560100/berjaket-biru-artis-verrel-bramasta-resmi-gabung-pan

Djafarova, E., & Rushworth, C. (2017). "Exploring the credibility of online celebrities' Instagram profiles in influencing the purchase decisions of young female users". Computers in Human Behavior, 68, 1-7.

Fitriana, S. N. (2023, October 28). Gabung Pan, Verrell Bramasta Ingin ubah stigma negatif Soal Politik. detiknews. https://news.detik.com/pemilu/d-7006884/gabung-pan-verrell-bramasta-ingin-ubah-stigma-negatif-soal-politik

Ibrahim Hasan. (2024, October 1). 23 Potret Artis Dilantik Jadi DPR 2024-2029, paling Muda Verrell Bramasta. liputan6.com. https://www.liputan6.com/hot/read/5716719/23-potret-artis-dilantik-jadi-dpr-2024-2029-paling-muda-verrell-bramasta

Katz, E., & Lazarsfeld, P. F. (1955). Personal Influence: The Part Played by People in the Flow of Mass Communications.

Lestari, V. D., Kumalasari, A., & Kasiami, S. (2024). Media Sosial Sebagai Alat Kampanye Pemilu 2024: Perspektif Pengguna Tiktok. Jurnal Komunikasi Nusantara, 6(1), 30-37. https://doi.org/10.33366/jkn.v6i1.442

Nadhif Aldenaf. (2024, September 4). Menguasai Algoritma TikTok untuk Bisnis: Awareness Dan engagement. MBTI Telkom University. https://bms.telkomuniversity.ac.id/menguasai-algoritma-tiktok-untuk-bisnis-meningkatkan-awareness-dan-engagement/

Ningsih, D. L. (2024, September 11). Rayakan Hari Ulang Tahun, Verrell Bramasta Dapat Dukungan Penuh Dari Keluarga soal Kariernya. https://www.viva.co.id/showbiz/gosip/1751114-rayakan-hari-ulang-tahun-verrell-bramasta-dapat-dukungan-penuh-dari-keluarga-soal-kariernya

Ridhwan, N., & Wibowo, E. A. (2023, February 13). 3 Alasan Verrell Bramasta merapat ke pan: Ingin Bantu Masyarakat hingga Terinspirasi Orang Tua. Tempo. https://www.tempo.co/politik/3-alasan-verrell-bramasta-merapat-ke-pan-ingin-bantu-masyarakat-hingga-terinspirasi-orang-tua-219622

Saputra, A. (2024, February 9). Verrell Bramasta Cerita pengalaman Seru Kampanye akbar Pan di Gbla, Dari Naik Angkot hingga ojek. liputan6.com. https://www.liputan6.com/showbiz/read/5524633/verrell-bramasta-cerita-pengalaman-seru-kampanye-akbar-pan-di-gbla-dari-naik-angkot-hingga-ojek

Schouten, A. P., Janssen, L., & Verspaget, M. (2019). "Celebrity vs. Influencer endorsements in advertising: The role of identification, credibility, and Product-Endorser fit". International Journal of Advertising, 39(2), 258-281.

Sekar, A. (2024, April 2). Pemasaran politik yang Dilakukan Verrell Bramasta. KOMPASIANA. https://www.kompasiana.com/alyasekar7607/660af57cc57afb7c691023f2/pemasaran-politik-yang-dilakukan-verrel-bramasta

Supriyanto. (2024, February 10). Pesan Verrel Bramasta Usai menjalankan kampanye untuk Pemilu 2024. Tabloidbintang.com. https://www.tabloidbintang.com/berita/193129-pesan-verrel-bramasta-usai-menjalankan-kampanye-untuk-pemilu-2024

Warsono, A., & Trianita, L. (2024, January 9). Ribuan Warga Hujan-Hujanan hadiri kampanye artis Caleg Verrell Bramasta di Bekasi. Tempo. https://www.tempo.co/arsip/ribuan-warga-hujan-hujanan-hadiri-kampanye-artis-caleg-verrell-bramasta-di-bekasi-100019

Downloads

Published

2024-12-10

How to Cite

Zusrieka, M., Pramesyanti, C. Z., Salsabila, A. S., & Firman. (2024). Analisis Peran Verrel Bramasta Sebagai Public Figure Dalam Kampanye Partai Amanat Nasional (PAN) Di Media Sosial TikTok. Indonesian Journal of Law and Justice, 2(2). https://doi.org/10.47134/ijlj.v2i2.3397

Issue

Section

Articles

Categories