Peran Negara, Masyarakat, dan Keluarga untuk menanggulangi Bullying dalam Perspektif Hukum Perlindungan Anak

Authors

  • Nirwasita Zada Paramesti Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Rio Nusa Prawira Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Musdalifah Azahra Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Farrel Farandy Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Immanuel Given Bintang Andhiyo Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Aulia Putri Izzati Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Diah Septi Haryani Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Agus Mahardika Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Wafiy Ahmad Ardhika Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Mulyadi Mulyadi Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/ijlj.v1i4.2545

Keywords:

Negara, Masyarakat, Keluarga, Bullying, Anak

Abstract

Bullying adalah tindakan seseorang atau kelompok yang melakukan kekerasan ataupun perilaku yang menyebabkan rasa takut atau tidak nyaman kepada korban yang mengalaminya baik secara lisan, fisik, maupun secara mental. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor terjadinya bullying, mengidentifikasi peran negara, masyarakat, serta keluarga dalam penanganan bullying pada anak dengan regulasi yang relevan. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan menganalisis peraturan perundang-undangan yang berlaku dan relevan dengan permasalahan pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seorang anak dapat menjadi pelaku bullying, penyebabnya adalah keluarga yang tidak harmonis, kesenioritasan dalam lingkungan sekolah, pengaruh dari teman sebaya, pengabaian sekolah terhadap pelaku bullying hingga ketidakmampuan anak untuk mengelola emosi. Negara dapat membuat kebijakan legislasi yang komprehensif mengatur tentang perlindungan anak, termasuk mengenai bullying. Masyarakat bisa menciptakan lingkungan yang ramah, dan damai serta memberikan edukasi dan dukungan sosial kepada anak. Sehingga anak merasa aman yang dampaknya memberikan rasa dicintai dan dihargai. Serta peran keluarga yang sangat penting karena apa yang orang tua ajarkan kepada anaknya maka akan langsung ditiru oleh sang anak. Keluarga harus bisa menjadi pendengar sekaligus teman bagi anak serta harus terbuka atas kritik dan saran dari anaknya. Keluarga harus memenuhi hak-hak anak supaya menimbulkan keharmonisan dalam keluarga yang berpengaruh terhadap perkembangan anak.

References

Andryawan, A., Laurencia, C., & Putri, M. P. T. (2023). Peran Guru dalam Mencegah dan Mengatasi Terjadinya Perundungan (Bullying) di Lingkungan Sekolah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2837–2850.

Annur, C. M. (2023). Jumlah Kasus Kejahatan di Indonesia Berdasarkan Jenisnya (Januari-November 2023).

Ato, S. (2022). Kasus Perundungan di Bekasi, Pelaku yang Masih Anak-anak Berulang Kali Beraksi.

Awad, E. (2021). Correlates of bullying perpetration among Lebanese adolescents: a national study. BMC Pediatrics, 21(1). https://doi.org/10.1186/s12887-021-02678-0 DOI: https://doi.org/10.1186/s12887-021-02678-0

Candrawati, R., & Setyawan, A. (2023). Analisis Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. PANDU: Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(2), 64–68. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i2.127 DOI: https://doi.org/10.59966/pandu.v1i2.127

Chen, J. K. (2021). Cyber deviance among adolescents in Taiwan: Prevalence and correlates. Children and Youth Services Review, 126. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106042 DOI: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106042

Cook, A. (2019). The impact of a school-based musical contact intervention on prosocial attitudes, emotions and behaviours: A pilot trial with autistic and neurotypical children. Autism, 23(4), 933–942. https://doi.org/10.1177/1362361318787793 DOI: https://doi.org/10.1177/1362361318787793

Dwi, A. (2024). Kronologi Dugaan Bullying oleh Anak Vincent Rompies Binus yang Viral di X.

Hadiman, & Laia, A. (2023). Hukum Pidana Mengarahkan Behavior Menuju Humanisme (R. Awahita, Ed.). CV Jejak.

Hartin, P. (2020). Bullying in nursing: How has it changed over 4 decades? Journal of Nursing Management, 28(7), 1619–1626. https://doi.org/10.1111/jonm.13117 DOI: https://doi.org/10.1111/jonm.13117

Herbyanti, D. (2015). Bentuk Dukungan Sosial Pada Korban Bullying. Selamatkan Generasi Bangsa Dengan Membentuk Karakter Berbasis Kearifan Lokal, 63.

Irmayanti, N., & Agustin, A. (2023). Bullying Dalam Perspektif Psikologi (Teori Pelaku) (F. Dirga Dwatra, Ed.). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, U. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11134. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4204

Kaufman, T. M. L. (2021). The Systematic Application of Network Diagnostics to Monitor and Tackle Bullying and Victimization in Schools. International Journal of Bullying Prevention, 3(1), 75–87. https://doi.org/10.1007/s42380-020-00064-5 DOI: https://doi.org/10.1007/s42380-020-00064-5

Kelly, E. V. (2020). A Novel Approach to Tackling Bullying in Schools: Personality-Targeted Intervention for Adolescent Victims and Bullies in Australia. Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 59(4), 508–518. https://doi.org/10.1016/j.jaac.2019.04.010 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jaac.2019.04.010

Manafe, H. A., Kaluge, A. H., & Niha, S. S. (2023). Bentuk Dan Faktor Penyebab Bullying: Studi Mengatasi Bullying Di Madrasah Aliyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 481–491. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1968

Muñoz-Fernández, N. (2019). The efficacy of the “Dat-e Adolescence” prevention program in the reduction of dating violence and bullying. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(3). https://doi.org/10.3390/ijerph16030408 DOI: https://doi.org/10.3390/ijerph16030408

Norman, J. O. (2020). Tackling Bullying from the Inside Out: Shifting Paradigms in Bullying Research and Interventions: UNESCO Chair on Tackling Bullying in Schools and Cyberspace, Inaugural Lecture delivered on 7th October 2019 at Dublin City University. International Journal of Bullying Prevention, 2(3), 161–169. https://doi.org/10.1007/s42380-020-00076-1 DOI: https://doi.org/10.1007/s42380-020-00076-1

Novitasari, S., Ferasinta, F., & Padila, P. (2023). Faktor Media terhadap Kejadian Bullying pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Kesmas Asclepius, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.31539/jka.v5i1.5702 DOI: https://doi.org/10.31539/jka.v5i1.5702

Ntobuo, F. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying Di SMAN 1 Bolangitang. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/u9jc6

Pichel, R. (2021). Bullying, cyberbullying and the overlap: What does age have to do with it? Sustainability (Switzerland), 13(15). https://doi.org/10.3390/su13158527 DOI: https://doi.org/10.3390/su13158527

Pradhan, R. (2020). A review on offensive language detection. Lecture Notes in Networks and Systems, 94, 433–439. https://doi.org/10.1007/978-981-15-0694-9_41 DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-15-0694-9_41

Rosi, I. M. (2020). Newly graduated nurses’ experiences of horizontal violence. Nursing Ethics, 27(7), 1556–1568. https://doi.org/10.1177/0969733020929063 DOI: https://doi.org/10.1177/0969733020929063

Setiani, A. P., & Hidayah, L. N. (2024). Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Psikologis Siswa. 2(1), 41–50. https://doi.org/10.3287/ljpbk.v1i1.325

Soekanto, S., & Mamudji, S. (2001). Penelitian Hukum Normatif Suatu Tinjauan Singkat (P. R. G. Persada, Ed.).

Suib, S., & Safitri, A. (2022). Perilaku Bullying Remaja Dipengaruhi Lingkungan Sekolah dan Pengetahuan. Jkep, 7(2), 149–157. https://doi.org/10.32668/jkep.v7i2.710 DOI: https://doi.org/10.32668/jkep.v7i2.710

Supriyatno Tafiati, H., Syaifuddin, M. A., Sukesi, D. A., Sumarsono Bachtiar, G., Widiastuti, E., Widjiningsih, R., Rahma, A. N., & Arlym, R. U. (2021). Stop Perundungan/Bullying Yuk!

van Niejenhuis, C. (2020). Working with parents to counteract bullying: A randomized controlled trial of an intervention to improve parent-school cooperation. Scandinavian Journal of Psychology, 61(1), 117–131. https://doi.org/10.1111/sjop.12522 DOI: https://doi.org/10.1111/sjop.12522

Wahani, E. T., Isroini, S. P., & Setyawan, A. (2022). Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Remaja. EDUCURIO: Education Curiosity, 1(1), 198–203. https://doi.org/10.31957/cjce.v1i2.2642 DOI: https://doi.org/10.31957/cjce.v1i2.2642

Wang, L. (2021). Understanding the effects of personal factors and situational factors for adolescent cyberbullying perpetration: The roles of internal states and parental mediation. Journal of Adolescence, 89, 28–40. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2021.03.006 DOI: https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2021.03.006

Downloads

Published

2024-05-22

How to Cite

Paramesti, N. Z., Prawira, R. N., Azahra, M., Farandy, F., Andhiyo, I. G. B., Izzati, A. P., … Mulyadi, M. (2024). Peran Negara, Masyarakat, dan Keluarga untuk menanggulangi Bullying dalam Perspektif Hukum Perlindungan Anak. Indonesian Journal of Law and Justice, 1(4), 12. https://doi.org/10.47134/ijlj.v1i4.2545

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.