IMC Iklan Remaja dan Citra Merek Memicu Pembelian Kompulsif Remaja di Indonesia

Authors

  • Mochammad Rifkie Fachriza Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Totok Wahyu Abadi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/jip.v1i1.2748

Keywords:

paparan iklan, komunikasi pemasaran terpadu, citra merek, pembelian kompulsif, remaja

Abstract

Studi ini menyelidiki pengaruh paparan iklan, komunikasi pemasaran terpadu (IMC), dan citra merek terhadap perilaku belanja kompulsif remaja dalam belanja online. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori, data dikumpulkan dari 180 responden remaja yang dipilih secara acak melalui kuesioner terstruktur. Analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan SPSS V20 mengungkapkan bahwa paparan iklan, IMC, dan citra merek secara signifikan dan positif mempengaruhi perilaku belanja kompulsif remaja. Hasil uji F (35.729) menunjukkan adanya pengaruh bersama antara variabel independen dan variabel dependen. Selain itu, hasil uji t menunjukkan pengaruh parsial yang signifikan dari paparan iklan (t = 4.764), IMC (t = 3.302), dan citra merek (t = 2.221) terhadap belanja kompulsif. Variabel independen berkontribusi efektif sebesar 35,1% (p < 0,005). Temuan ini menegaskan peran penting strategi pemasaran dalam membentuk perilaku konsumen remaja di era digital.

References

A. Ahdiat, "5 e-commerce dengan pengunjung terbanyak kuartal iv 2022," databoks katadata, 2023. [online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/31/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-iv-2022.

A. Fakri, "pengaruh online customer review dan rating terhadap kepercayaan dan minat pembelian pada online marketplace di indonesia," 2016. DOI: https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.19671

Bimantoro, "faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian online melalui aplikasi mobile shopee," unika soegijapranata semarang, 2019.

D. N. Gujarati, basic econometrics, prentice hall, 2022.

D. P. Mahendra, "perilaku konsumtif ditinjau dari harga diri dan citra merek pada remaja," universitas islam negeri raden intan bandar lampung, 2020.

D. Verolyna, "integrated marketing communication pada penguatan brand e-commerce: telaah imc pada platform shopee indonesia," ettisal journal of communication, vol. 6, no. 1, p. 147, 2021. DOI: https://doi.org/10.21111/ejoc.v6i1.5103

D. W. Ekoputro, "sekarputih lamongan di platform shopee," no. X, 1945.

E. R. M. Lukiani et al., "pengaruh instagram dalam membentuk perilaku konsumtif pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi universitas nusantara pgri kediri," jurnal pendidikan ekonomi akuntansi dan kewirausahaan, vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2021. DOI: https://doi.org/10.29407/jpeaku.v1i1.16285

E. S. Rismayanti, "pengaruh kontrol diri, e-money, literasi keuangan, citra merek, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa di yogyakarta," 2022.

E. T. Fajarsela and m. G. Yoedtadi, "pengaruh terpaan hoaks covid-19 di media sosial facebook terhadap tingkat kecemasan mahasiswa universitas tarumanagara," pp. 342–348, 2022. DOI: https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15694

G. Suhendra and k. Iwan, "kekuatan shopee sebagai e-commerce terpopuler di indonesia saat ini," no. 29, 2020.

L. Syahida, "pengaruh terpaan iklan promo gratis ongkos kirim shopee terhadap perilaku konsumtif remaja," gunahumas, vol. 4, no. 1, pp. 7–18, 2021. DOI: https://doi.org/10.17509/ghm.v4i1.37732

L. Tiarani and h. Haryanto, "hubungan empati dengan perilaku prososial pada mahasiswa di masa pandemi covid-19," 2020.

M. A. Rizki and p. Edriana, "pengaruh terpaan media sosial instagram terhadap citra destinasi dan dampaknya pada keputusan berkunjung (survei pada pengunjung kampung warna warni jodipan, kota malang)," jurnal administrasi bisnis, vol. 49, no. 2, pp. 157–164, 2017.

M. Ali, psikologi remaja perkembangan peserta didik, jakarta: pt bumi aksara, 2011.

M. Camelia and b. Hartono, "citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian produk di masa pandemi covid-19 (studi kasus bs coffee & donuts)," competence journal of management studies, vol. 15, no. 2, pp. 186–203, 2021. DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i2.12516

N. M. W. N. D. Putra, i. W. E. Arsana, and p. A. N. K. Permatananda, "hubungan antara body image dengan perilaku diet pada mahasiswi fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan universitas warmadewa tahun angkatan 2020," aesculapius medical journal, vol. 1, no. 1, pp. 27–31, 2021.

N. Sapma apriliana and e. Priyo utomo, "pengaruh intensitas melihat iklan di instagram terhadap pengetahuan dan perilaku konsumtif remaja putri," jurnal komunikasi, vol. 13, no. 2, pp. 179–190, 2019. DOI: https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art5

O. Duralia, "integrated marketing communication and its impact on consumer behavior," studies in business and economics, vol. 13, no. 2, pp. 92–102, 2018. DOI: https://doi.org/10.2478/sbe-2018-0022

P. Munnawaroh, "pengaruh terpaan media pada akun instagram @exploresiak terhadap minat kunjungan wisata ke siak sri indrapura," vol. 5, no. 1, 2018.

P. O. Haliem and b. Utami, "pengaruh terpaan media line webtoon ‘wonderwall’ terhadap opini pembaca mengenai isu kesehatan mental," pp. 458–465, 2018. DOI: https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3730

P. Y. Santoso, "transformasi integrated marketing communication di era digital," jurnal pustaka komunikasi, vol. 1, no. 2, pp. 313–326, 2018.

R. Marwan and e. Farahdilla, "pengaruh terpaan iklan shopee di televisi dan citra merek terhadap perilaku konsumtif remaja kota tengerang selatan," kreatif jurnal ilmiah prodi manajemen universitas pamulang, vol. 7, no. 2, p. 52, 2020. DOI: https://doi.org/10.32493/jk.v7i2.y2019.p52-58

R. Sari, "pengaruh penggunaan paylater terhadap perilaku impulse buying pengguna e-commerce di indonesia," vol. 7, no. 1, pp. 44–57, 2021. DOI: https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058

S. D. Agustina, "pengaruh promosi ‘voucher gratis ongkir marketplace’ terhadap perilaku konsumtif (studi deskriptif kuantitatif terhadap perilaku konsumtif dalam belanja online pada kalangan mahasiswa di kabupaten garut)," pp. 1–15, 2020.

Sugiyono, metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d, bandung: cv. Alfabeta, 2017.

Sumartono, terperangkap dalam iklan: meneropong imbas pesan iklan televisi, bandung: alfabeta, 2002.

Sutisna, perilaku konsumen & komunikasi pemasaran, bandung: remaja rosdakarya, 2008.

W. A. Pratiwi and g. B. Rahanatha, "peran brand awareness memediasi daya tarik iklan terhadap brand attitude indomie di kota denpasar," e-jurnal manajemen unud, vol. 5, no. 12, pp. 7899–7928, 2016.

W. Ahmad and z. Mahmood, "an empirical investigation of the association between creative advertising and advertising effectiveness in pakistan," international journal of marketing studies, vol. 3, no. 2, pp. 32–52, 2011. DOI: https://doi.org/10.5539/ijms.v3n2p32

Z. A. Haq, "pengaruh iklan e-commerce shopee di youtube terhadap perilaku konsumtif mahasiswa," 2022.

Z. N. Ainy, "pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif masyarakat di kelurahan karang panjang kota ambon," vol. 4, no. 2, pp. 226–235, 2020. DOI: https://doi.org/10.29408/jpek.v4i2.2672

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Fachriza , M. R., & Abadi, T. W. (2024). IMC Iklan Remaja dan Citra Merek Memicu Pembelian Kompulsif Remaja di Indonesia. Journal of Library and Archival Science, 1(1), 51–64. https://doi.org/10.47134/jip.v1i1.2748

Issue

Section

Articles