https://journal.pubmedia.id/index.php/jbdi/issue/feed Jurnal Bahasa Daerah Indonesia 2024-04-26T23:47:21+07:00 Andri Putra Kesmawan [email protected] Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Bahasa Daerah Indonesia ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20240328570907542" target="_blank" rel="noopener">3047-3128 </a></strong>is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia publishes four issues annually in <span class="Y2IQFc" lang="en">February, May, August, November</span>. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not been published by other media. The focus and scope of Jurnal Bahasa Daerah Indonesi include regional language development, cultural and language preservation, regional language education, technology and regional languages. Authors are invited to electronically submit through the Journal Website <strong>no more than 15 pages</strong> of a full paper. The submitted paper should follow the author <a href="https://docs.google.com/document/d/109MWTtnOmtzg7rtLIrZNpXh1c8REZWxA/edit">FORMAT</a> available on the <a href="https://journal.pubmedia.id/index.php/jbdi/aguid">GUIDELINES.</a></p> https://journal.pubmedia.id/index.php/jbdi/article/view/2355 Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Pemasaran Digital E-Commerce : Studi Kasus Iklan Shopee 2024-04-02T14:54:22+07:00 Annisa Nur Fadhilah [email protected] Nur Fajriyah Alfinatun Nikmah [email protected] Arista Salsabila Hermanto [email protected] Amalia Balqis [email protected] Tsamarah Adilah Re Falda [email protected] Dewi Puspa Arum [email protected] <p>Artikel ini membahas pentingnya penggunaan Bahasa Indonesia dalam pemasaran e-commerce digital, khususnya dalam studi kasus iklan Shopee. Bahasa Indonesia digunakan untuk memfasilitasi komunikasi antara bisnis dan pelanggan, serta untuk memperkuat identitas merek sebagai perusahaan lokal yang peduli terhadap kebutuhan konsumen Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis penggunaan Bahasa Indonesia dalam iklan Shopee, melalui observasi dan kuesioner. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Bahasa Indonesia yang tepat dan benar dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, membangun kesadaran merek yang positif, dan menarik minat pelanggan. Responden dalam kuesioner mengharapkan perusahaan besar seperti Shopee untuk memberi contoh dengan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan aturan tata bahasa dan ejaan, yang mencerminkan profesionalisme dan kredibilitas perusahaan. Hal ini menekankan pentingnya bagi bisnis online untuk memperhatikan penggunaan Bahasa Indonesia dalam konten dan komunikasi mereka untuk berhasil di pasar regional dan meningkatkan interaksi positif dengan konsumen.</p> 2024-04-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bahasa Daerah Indonesia https://journal.pubmedia.id/index.php/jbdi/article/view/2346 Penggunaan Bahasa Indonesia yang Efektif Pada Label Kemasan Makanan Beku 2024-04-01T13:11:47+07:00 Carisa Amalia Sukmana [email protected] Nadia Hariadi Putri [email protected] Cicilia Niluh Deabona Sanjaya [email protected] Belva Arina Cahyani [email protected] Deva Putri Ramadhani [email protected] Dewi Puspa Arum [email protected] <p>Artikel ini membahas pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang efektif pada label kemasan makanan beku untuk meningkatkan pemahaman konsumen tentang informasi produk. Dalam konteks ini, aspek-aspek seperti kejelasan, keakuratan, dan keterbacaan bahasa yang digunakan dalam label kemasan menjadi fokus utama. Metode yang kami gunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif yang digunakan meneliti objek yang memiliki sifat alamiah atau eksperimen. Penelitian ini juga menyoroti peran Bahasa Indonesia dalam mencapai tujuan komunikasi yang optimal antara produsen dan konsumen. Analisis dilakukan melalui pendekatan linguistik dan psikologis untuk mengidentifikasi strategi yang dapat meningkatkan efektivitas komunikasi melalui label kemasan. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang bernilai bagi produsen untuk tetap mengedepankan kaidah penulisan yang tepat dan mengetahui batasan-batasan yang tepat untuk menjaga pesan tetap jelas agar tidak kehilangan makna atau pesan yang disampaikan, mudah memahami dan sesuai tujuan komunikasi dan tidak melanggar kaidah bahasa. Bahasa yang digunakan untuk merangcang label pada makanan beku dapat mempengaruhi persepsi dan perilaku konsumen. Hal tersebut, sesuai dengan teori dikarenakan membaca informasi pada label makanan memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan masyarakat sebelum membeli atau mengonsumsi makanan olahan. Selain itu, label juga merupakan sarana periklanan yang digunakan oleh pelaku ekonomi untuk menarik minat konsumen dalam membeli produk tersebut.</p> 2024-04-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bahasa Daerah Indonesia https://journal.pubmedia.id/index.php/jbdi/article/view/2343 Strategi Toko Online Pada Platform Shopee Dalam Menarik Minat Konsumen Melalui Penggunaan Kalimat Persuasif 2024-04-01T10:57:33+07:00 Eva Lupitasari [email protected] Chris Louis Budiarto [email protected] Novem Puri Ramadhani [email protected] Desy Nirmala Sari [email protected] Dewi Puspa Arum [email protected] <p>Tujuan penelitian ini untuk ; 1) Mengetahui strategi toko online shopee untuk menarik minat konsumen melalui penggunaan kalimat persuasive; 2) Mengetahui pengaruh penggunaan kalimat persuasif pada iklan toko online shopee dalam menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan; 3) Mengetahui pentingnya penggunaan kalimat persuasif dalam iklan toko online shopee; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang berbasis literatur tentang strategi penggunaan kalimat persuasif oleh beberapa toko online shopee untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Hasil observasi tersebut akan ditemukan perbedaan bahasa iklan yang digunakan dalam toko online tersebut yaitu penggunaan kalimat persuasif. Kalimat persuasif yaitu kalimat ajakan (mengajak konsumen untuk membeli produk/jasa yang ditawarkan). Penggunaan kalimat persuasif dalam iklan toko online penting karena dapat dapaat mempengaruhi tindakan konsumen. Selain itu karena banyaknya toko online yang terdapat dalam shopee membuat persaingan semakin ketat untuk itu beberapa toko online shopee harus menerapkan strategi penggunaan kalimat persuasif.</p> 2024-04-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bahasa Daerah Indonesia https://journal.pubmedia.id/index.php/jbdi/article/view/2382 Strategi Penerapan Kalimat Persuasif dalam Membangun Relasi Bisnis 2024-04-26T23:47:21+07:00 Naufal Zaka P.G [email protected] Vidi Julius M [email protected] Harfi Ahmad N [email protected] Rendy Aditya A.W [email protected] Rio Bagus U [email protected] Dewi Puspa [email protected] <p>Persaingan dunia bisnis semakin ketat dan membutuhkan strategi yang kompleks dan bisa dikatakan kreatif. Banyak pelaku bisnis yang berlomba untuk mendapatkan posisi terbaik untuk mendapatkan atau memperoleh keuntungan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan Kalimat Persuasif dalam membangun relasi bisnis adalah untuk memberikan manfaat kepada pembaca bagaimana cara yang meyakinkan dan mempengaruhi mereka untuk mengambil tindakan tertentu, seperti membeli produk, menggunakan layanan, atau mendukung merek. dengan menggunakan strategi persuasif seperti logika, emosi, kredibilitas,&nbsp; kepentingan pribadi, dengan harapan mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan. Dengan menggunakan metode penelitian studi literatur, studi literatur merupakan sebuah metode penelitian yang serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengelolah bahan penelitian Penelitian studi literatur merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif (referensi) yang tidak melihat langsung dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan kalimat persuasif dalam membangun relasi bisnis dengan cara menerapkan berbagai prinsip salah satunya yaitu prinsip logos menyatakan bahwa untuk meyakinkan audiens, seorang pembicara harus secara konsisten menyajikan bukti dan mengikuti logika aturan penalaran yang teratur. pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip retorika dan penggunaan teknik-teknik persuasif yang tepat sangat penting untuk membangun kolaborasi yang sukses dan berkelanjutan. Dengan kesadaran akan pentingnya argumen yang logis, citra yang baik, dan komunikasi yang berkelanjutan, perusahaan dapat memperkuat posisinya dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam dunia bisnis yang kompetitif.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bahasa Daerah Indonesia https://journal.pubmedia.id/index.php/jbdi/article/view/2347 Penggunaan Gaya Bahasa Indonesia Dalam Pemasaran Produk Wafer Tango 2024-04-02T08:02:38+07:00 Intan Fairuz Hudiyah [email protected] Maria Clarissa Amadearaya [email protected] Eka Margi Lestari [email protected] Mutiara Putri Syafa [email protected] Endira Meiliana Radianto Putri [email protected] <p>Iklan adalah jenis informasi yang dibuat oleh seseorang, lembaga, atau perusahaan, dan ditujukan kepada khalayak dengan pesan menarik tentang barang atau jasa. Iklan dibuat dengan tujuan membujuk atau mendorong orang untuk menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Sakaria (2016). Penelitian ini akan menyelidiki pengaruh gaya bahasa pada iklan Wafer Tango. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana gaya bahasa berdampak pada iklan tersebut dan juga untuk memberikan contoh penggunaan gaya bahasa dalam iklan Wafer Tango. Metode simak dan catat digunakan. Iklan di akun wafer tango di YouTube dan media sosial diperoleh dari tahun 2014 hingga 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa repetisi, hiperbola, retoris, dan persuasif digunakan dalam iklan Wafer Tango.</p> 2024-04-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bahasa Daerah Indonesia https://journal.pubmedia.id/index.php/jbdi/article/view/2344 Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Terhadap Merek Indomie Ekspor Pada Industri Pangan 2024-04-01T11:29:42+07:00 Karina Risma P [email protected] Dea Kusumamurti [email protected] Idea Mutiara S [email protected] Kharina Nazwa W [email protected] M. Rama Mahesa P. [email protected] Dewi Puspa A. [email protected] <p>Penggunaan bahasa dalam branding produk menjadi semakin penting untuk memperkuat identitas merek dan mempengaruhi persepsi konsumen. Dalam dunia bisnis khususnya industri makanan pengemasan merupakan salah satu aspek yang tidak bisa diabaikan. Merek Indomie, salah satu merek makanan terkemuka di Indonesia, menjadi topik penelitian yang menarik dari sudut pandang penggunaan bahasa dalam ekspor. Penggunaan bahasa Indonesia pada merek Indomie berdampak pada ekspor produk dan meningkatkan kepercayaan serta kepuasan konsumen luar negeri terhadap produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan analisis mendalam mengenai penggunaan bahasa Indonesia pada merek Indomie dan dampaknya terhadap ekspor industri makanan ke pasar internasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif berdasarkan pengumpulan sumber data dari internet. Pengumpulan sumber data yang dilakukan penulis adalah tinjauan pustaka. Kemasan visual mie Indomie Goreng yang dijual di berbagai negara. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran dengan menggunakan bahasa Indonesia dapat meningkatkan daya tarik produk di pasar internasional dan menimbulkan kesan yang jelas bahwa produk mie goreng Indomie adalah buatan Indonesia. Oleh karena itu, penggunaan bahasa Indonesia pada kemasan produk Mie Goreng Indomie terbukti menjadi strategi efektif untuk menarik perhatian konsumen global dan memperkuat identitas produk buatan Indonesia. Hal ini juga akan mendorong industri pangan Indonesia untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk agar memenuhi standar global.</p> 2024-04-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bahasa Daerah Indonesia