Komunikasi Pembangunan Berbasis Komunitas dalam Upaya Pemberdayaan Perempuan

Authors

  • Heni Setiawati Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Iqbal Firmansyah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Riesqa Marsya Salsabila Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Eko Purwanto Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.47134/interaction.v1i4.3586

Keywords:

Komunitas, Komunikasi, Pemberdayaan

Abstract

Pemberdayaan perempuan merupakan isu strategis dalam pembangunan berkelanjutan, terutama di tingkat komunitas lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas komunikasi pembangunan berbasis komunitas dalam mendukung pemberdayaan perempuan di berbagai daerah Indonesia, termasuk pedesaan dan perkotaan. Pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur digunakan untuk mengkaji berbagai hasil penelitian dan laporan terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa komunikasi pembangunan berbasis komunitas dapat meningkatkan kesadaran perempuan terhadap hak-hak mereka, memperkuat keterampilan, dan mendorong partisipasi aktif dalam kegiatan sosial, ekonomi, dan pengambilan keputusan. Pendekatan partisipatif menjadi kunci keberhasilan, di mana komunitas dilibatkan dalam setiap tahap perencanaan dan pelaksanaan program. Kesimpulannya, komunikasi pembangunan berbasis komunitas efektif dalam mendukung pemberdayaan perempuan, terutama jika melibatkan strategi yang inklusif dan berorientasi pada kebutuhan lokal. Studi ini merekomendasikan penguatan kebijakan berbasis komunitas untuk mempercepat pencapaian kesetaraan gender dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

References

Agustini, S., & Pramudya, R. (2022). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan dan Karakter, 19(3), 73-80.

Alfi, R. (2023). Evaluasi Program Kesejahteraan Sosial di Indonesia. Jurnal Kesejahteraan Sosial, 21(4), 79-87.

Amalia, R. (2022). Pemanfaatan media dalam pemberdayaan perempuan di perkotaan. Surabaya: Penerbit Zikrul, hal. 89.

Aminah, D. (2023). Pemberdayaan perempuan dalam sistem pemerintahan desa. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, hal. 98.

Amir, F. (2023). Analisis Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 15(4), 99-107.

Andini, S. (2019). Pemberdayaan perempuan dalam pembangunan sosial. Jakarta: Penerbit Gramedia, hal. 64.

Andini, T., Firmansyah, L., & Syafitri, E. (2019). Kajian literatur tentang akses perempuan terhadap informasi komunitas. Jurnal Informasi dan Komunikasi Sosial, 13(3), 10–18.

Arif, S. (2023). Tantangan Sosial dan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Sosial dan Ekonomi, 15(1), 104-111.

Astuti, P. (2019). Pemberdayaan perempuan dalam kerangka pembangunan. Bandung: Penerbit Alfabeta, hal. 89.

Aziz, I. (2023). Tantangan dan Peluang dalam Pembangunan Infrastruktur. Jurnal Pembangunan Infrastruktur, 17(1), 49-57.

Bintang, T. (2022). Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Pembangunan Sosial, 21(3), 59-67.

Budi, D., & Arum, L. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 18(3), 88-96.

Budiarti, I. (2022). Strategi pemberdayaan perempuan dalam masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Andi, hal. 56.

Cahyaningtyas, W. (2023). Komunikasi berbasis komunitas dalam pemberdayaan perempuan. Bandung: Penerbit Rosda, hal. 123.

Darmawan, F. (2019). Komunikasi pemberdayaan perempuan di desa-desa terpencil. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, hal. 49.

Dewi, I., Haryanto, J., & Nuraini, R. (2021). Kajian empirik komunikasi berbasis komunitas di wilayah rural. Jurnal Studi Komunikasi dan Gender, 52(2), 47–58.

Dewi, M. (2022). Kebijakan Pendidikan di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Indonesia, 16(2), 47-55.

Dewi, P. (2022). Pemberdayaan perempuan dan integrasi sosial-ekonomi. Malang: Penerbit Pustaka Pelajar, hal. 88.

Dini, R. (2019). Pemikiran Baru dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 56-64.

Dwi, P. (2023). Partisipasi perempuan dalam kebijakan pembangunan berkelanjutan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, hal. 35.

Fani, A. (2019). Meningkatkan kualitas hidup perempuan melalui pendidikan dan pelatihan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, hal. 44.

Farhan, N. (2022). Pemberdayaan ekonomi perempuan melalui kebijakan publik. Yogyakarta: Penerbit Gadjah Mada University Press, hal. 58.

Fauzan, A., Surya, M., & Lestari, D. (2022). Pendekatan holistik dalam komunikasi berbasis komunitas. Jurnal Komunikasi Pembangunan dan Gender, 66(3), 60–72.

Febriyanti, N., Prasetyo, H., & Wahid, M. (2020). Pemberdayaan perempuan dalam organisasi komunitas lokal. Jurnal Kajian Gender dan Komunikasi Sosial, 24(4), 18–30.

Firdaus, A., & Lestari, D. (2023). Pengaruh Digitalisasi terhadap Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Digital, 16(2), 118-126.

Fitria, A. (2022). Pemahaman perempuan terhadap hak-haknya dalam pembangunan. Semarang: Penerbit Semarang Press, hal. 78.

Gunawan, E., Rahmawati, T., & Hidayat, S. (2021). Implementasi teori komunikasi dalam pemberdayaan masyarakat. Jurnal Ilmu Komunikasi, 47(3), 40–53.

Hamzah, I., Sari, T., & Wijaya, R. (2022). Efek komunikasi berbasis komunitas pada pemberdayaan perempuan dalam sektor ekonomi. Jurnal Ekonomi Sosial dan Masyarakat, 99(2), 90–102.

Hanafi, M. (2023). Pendidikan Inklusif di Indonesia. Jurnal Pendidikan Inklusif, 19(4), 84-92.

Handayani, M., & Setiawan, F. (2019). Pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender. Malang: Penerbit Universitas Malang, hal. 34.

Hartanto, A., Dewi, S., & Utama, R. (2021). Kajian literatur tentang komunikasi berbasis komunitas. Jurnal Penelitian Sosial dan Humaniora, 92(4), 84–95.

Haryanto, P. (2023). Dinamika Sosial Ekonomi di Era Globalisasi. Jurnal Ekonomi dan Sosial, 23(1), 45-53.

Haryati, M. (2019). Peran perempuan dalam pembangunan sosial dan ekonomi. Jakarta: Penerbit RajaGrafindo, hal. 63.

Hasan, A. (2022). Pemberdayaan perempuan dan peranannya dalam pembangunan berkelanjutan. Bandung: Penerbit Pustaka Setia, hal. 95.

Hasan, R., Wulandari, N., & Sigit, T. (2022). Studi kasus: Peran organisasi perempuan dalam pemberdayaan ekonomi lokal. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Komunitas, 87(3), 80–92.

Hermawan, M. (2023). Pemberdayaan perempuan melalui pendekatan berbasis komunitas. Bandung: Penerbit Refika Aditama, hal. 50.

Indah, S. (2022). Pemberdayaan perempuan melalui program pemberdayaan ekonomi. Jakarta: Penerbit Kompas, hal. 120.

Indrawati, Y., Cahyadi, B., & Amelia, S. (2020). Transformasi sosial melalui pemberdayaan perempuan berbasis komunitas. Jurnal Transformasi Sosial, 43(2), 37–48.

Irawati, T. (2023). Transformasi sosial dan peran perempuan dalam pembangunan. Surabaya: Penerbit Airlangga, hal. 45.

Iskandar, T., Rahayu, S., & Fauzan, N. (2019). Peran media lokal dalam mengadvokasi perempuan desa. Jurnal Media dan Komunikasi, 18(3), 15–24.

Jaya, D. (2019). Peran komunikasi dalam membangun kesadaran gender. Surabaya: Penerbit Pustaka Pelajar, hal. 47.

Kabupaten Batubara.” JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study 8, no. 1 (2022): 26–34. https://doi.org/10.31289/simbolika.v8i1.5640.

Kartika, L. (2022). Kewirausahaan perempuan dalam konteks pemberdayaan. Yogyakarta: Penerbit Andi, hal. 75.

Kemiskinan.” Jurnal Common 2, no. 2 (2018): 76–89. https://doi.org/10.34010/common.v2i2.1185.

Kewirausahaan (SNPK) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PEMASARAN DI DESA WISATA,” 2006, 105–11.

Kurniasih, T., Anwar, M., & Setiani, D. (2021). Pendekatan tematik dalam analisis komunikasi berbasis komunitas. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 63(4), 59–68.

Kurniawan, A. (2023). Pemberdayaan perempuan melalui komunikasi berbasis komunitas. Jakarta: Penerbit Sinar Abadi, hal. 45.

Kurniawan, A., & Budi, S. (2022). Analisis Sistem Pendidikan di Indonesia. Jurnal Sistem Pendidikan, 19(3), 76-84.

Kusuma, A., Nugraha, H., & Andini, N. (2022). Transformasi digital untuk pemberdayaan perempuan di desa. Jurnal Teknologi dan Masyarakat, 83(2), 77–89.

Kusuma, W., & Marlina, I. (2023). Pemberdayaan perempuan berbasis partisipasi masyarakat. Malang: Penerbit UM Press, hal. 78.

Lestari, H. (2019). Pemberdayaan perempuan berbasis komunitas di daerah pedesaan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, hal. 56.

Lestari, P., Firdaus, R., & Suryani, D. (2019). Konstruksi gender dalam komunikasi masyarakat lokal. Jurnal Kajian Gender, 11(2), 8–14.

Lestari, R. (2023). Perempuan dalam kebijakan pembangunan berkelanjutan. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya, hal. 102.

Lina, S. (2019). Perkembangan Ekonomi Mikro di Indonesia. Jurnal Ekonomi Mikro, 10(1), 91-98.

Mahfud, Y., Dewanti, S., & Pramana, T. (2021). Peran pemimpin komunitas dalam mendorong partisipasi perempuan. Jurnal Komunikasi dan Kepemimpinan, 34(1), 28–36.

Maksum, U. (2023). Strategi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 17(3), 83-91.

Marlina, I. (2022). Pendekatan komunikasi dalam pemberdayaan perempuan di kawasan perkotaan. Surabaya: Penerbit Airlangga University Press, hal. 67.

Maulana, A., Firdaus, F., & Wati, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Internet terhadap Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Psikologi Sosial, 18(4), 65-73.

Mulyani, E. (2022). Pemberdayaan perempuan dalam konteks pembangunan desa. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara, hal. 102.

Mulyani, T., Wijaya, S., & Anggraini, F. (2020). Peran komunitas dalam meningkatkan kesejahteraan perempuan. Jurnal Pembangunan Sosial, 32(3), 27–38.

Nirmala, H. (2022). Pendidikan untuk pemberdayaan perempuan di Indonesia. Malang: Penerbit UMM Press, hal. 68.

Nugraha, F., & Rini, S. (2022). Inovasi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Daring, 18(2), 66-74.

Nugraha, P., Rahayu, S., & Pramono, L. (2020). Pentingnya pendidikan literasi bagi pemberdayaan perempuan. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan, 15(1), 12–21.

Nugroho, P. (2022). Perempuan di dalam pembangunan sosial: Tinjauan teori dan praktik. Bandung: Penerbit Nuansa, hal. 78.

Nurul, H. (2019). Pemberdayaan perempuan melalui media massa. Surabaya: Penerbit Airlangga University Press, hal. 42.

Oktavia, F. (2023). Peran Pemerintah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Kebijakan Publik, 20(2), 42-50.

Partisipatif Untuk Pemberdayaan Buruh Migran.” Jurnal ILMU KOMUNIKASI 13, no. 2 (2017): 233–52. https://doi.org/10.24002/jik.v13i2.734.

Perlindungan Anak (KKPA).” Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi 12, no. 1 (2023): 59–72. https://doi.org/10.35508/jikom.v12i1.8111.

Prabowo, D. (2019). Pemikiran Baru dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 11(2), 64-72.

Prasetya, A., Ismail, R., & Rizal, F. (2023). Pengaruh Budaya terhadap Pendidikan Global. Jurnal Globalisasi dan Pendidikan, 22(3), 112-120.

Prasetyo, B., & Wulandari, D. (2023). Komunikasi pemberdayaan perempuan dalam perspektif kultural. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, hal. 44.

Pratiwi, H., & Sari, T. (2022). Keterlibatan perempuan dalam program pembangunan berbasis komunitas. Surabaya: Penerbit Airlangga, hal. 85.

Purnomo, I., Yuliani, T., & Maulana, K. (2022). Komunikasi berbasis komunitas sebagai media perubahan sosial. Jurnal Komunitas dan Pemberdayaan, 71(2), 66–75.

Puspaningrum, Diah, Joni Murti M Aji, Sri Subekti, and Diana Fauziah. “Komunikasi Pembangunan Dalam Program Desa Ramah Perempuan Dan Peduli Anak (Drppa) Dalam Upaya Pemberdayaan Perempuan Dan Anak.” INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian 7, no. 1 (2023): 255. https://doi.org/10.36841/integritas.v7i1.2948.

Putra, A. (2023). Model komunikasi dalam pemberdayaan perempuan di pedesaan. Surabaya: Penerbit Zikrul, hal. 102.

Putri, D. (2022). Pemberdayaan perempuan di era digital. Yogyakarta: Penerbit Andi, hal. 72.

Putri, H., & Hasan, D. (2022). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 20(3), 78-85.

Putri, S. (2023). Peran Pendidikan dalam Menanggulangi Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kesejahteraan Sosial, 16(4), 49-56.

Rahayu, I. (2022). Peran media dalam meningkatkan kesadaran perempuan. Jakarta: Penerbit Kompas, hal. 54.

Rahim, D. (2022). Pemberdayaan perempuan dalam perspektif pembangunan sosial. Malang: Penerbit Universitas Malang Press, hal. 89.

Rahma, F. (2023). Komunikasi pembangunan dalam pemberdayaan perempuan di daerah miskin. Jakarta: Penerbit Rajawali, hal. 39.

Rahmadi, S. (2022). Tantangan Pembangunan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Pembangunan Ekonomi, 20(2), 81-90.

Rahmani, A., Ningsih, T., & Firmansyah, J. (2019). Pengembangan kapasitas perempuan melalui pendidikan komunitas. Jurnal Pendidikan dan Gender, 22(2), 18–27.

Rahmawati, F, N Suryandari, and N Kurniasari. “Strategi Komunikasi Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Madura Berbasis Kearifan Lokal Madura.” Komunikasi VII, no. 1 (2013): 33–42.

Rani, Samsul, Fakultas Dakwah, Dan Komunikasi, and Iain Antasari. “Strategi Komunikasi Dalam Pembangunan Desa Berbasis Partisipatif.” Alhadharah Jurnal Ilmu Dakwah 15, no. 29 (2016): 45–53.

Reza, M., & Ika, S. (2022). Kebijakan Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 19(4), 74-81.

Rifki, M. (2023). Tantangan Sosial dan Ekonomi di Kota Besar. Jurnal Sosial dan Ekonomi, 19(3), 61-69.

Rini, A. (2022). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 19(3), 108-115.

Rizki, W. (2019). Pengaruh komunikasi dalam pemberdayaan perempuan. Malang: Penerbit UMM Press, hal. 110.

Rohman, F., Handayani, T., & Arifin, A. (2022). Inovasi komunikasi berbasis komunitas dalam pemberdayaan perempuan modern. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Gender, 81(4), 75–88.

Rohmawati, H., Iwan, A., & Sari, P. (2023). Pengaruh Pelatihan terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pemerintah. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 20(3), 119-127.

Rosita, M. (2022). Pengaruh Pendidikan Multikultural terhadap Toleransi Sosial. Jurnal Pendidikan Multikultural, 15(1), 94-102.

Ruslan, Murniati. “PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM DIMENSI PEMBANGUNAN BERBASIS GENDER Murniati Ruslan*.” Musawa 2, no. 1 (2010): 1–18.

Safitri, Priska Nur. “Peran Komunikasi Pembangunan Dalam Pemberdayaan Masyarakat Tani Di Rembang.” Islamic Communication Journal 4, no. 1 (2019): 46. https://doi.org/10.21580/icj.2019.4.1.3530.

Salim, M., & Nurul, H. (2022). Pengaruh Media Sosial terhadap Pola Konsumsi Masyarakat. Jurnal Sosial dan Budaya, 18(1), 68-76.

Santoso, H., Pratama, B., & Ramadhani, I. (2022). Pemberdayaan perempuan melalui komunikasi berbasis komunitas. Jurnal Sosial dan Budaya, 58(4), 51–61.

Sapto, D., Pratiwi, A., & Ramdani, N. (2021). Komunikasi berbasis komunitas dalam masyarakat adat. Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan, 76(1), 70–82.

Saputra, D., Anjani, F., & Pratama, W. (2021). Komunikasi untuk perubahan sosial: Studi pemberdayaan perempuan. Jurnal Sosial dan Transformasi Komunitas, 31(1), 28–37.

Sari, P. (2023). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 17(2), 91-99.

Sari, R., & Rahayu, D. (2023). Pemberdayaan perempuan di komunitas lokal. Yogyakarta: Penerbit Gadjah Mada University Press, hal. 67.

Sazali, Hasan, Mailin Mailin, and Nirwanti Harahap. “Komunikasi Pembangunan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Penanggulangan Stunting Oleh Dinas Kesehatan

Setiaman, Agus, Utami Chairany, and Kismiyati El Karimah. “Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Ibu Inspirasi ‘Kopernik’ Dalam Mengentaskan

Setiawan, S. (2023). Peran komunikasi dalam meningkatkan kesadaran perempuan. Semarang: Penerbit Pressindo, hal. 65.

Setyowati, Yuli, Fadjarini Sulistyowati, and Habib Muhsin. “Pemberdayaan Perempuan Di Bidang Komunikasi Melalui Komite Kesejahteraan Dan

SHELEMO, ASMAMAW ALEMAYEHU. No Title .ییییNucl. Phys. Vol. 13, 2023.

Sindangkempeng Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon).” Jurnal Ilmiah Administrasi 2, no. maret 2017 (2017): 28–35.

Siti, L. (2022). Keterlibatan perempuan dalam proses pengambilan keputusan sosial. Yogyakarta: Penerbit LKiS, hal. 87.

Situmeang, Ilona V. Oisina. “Beragam Isu Menyangkut Kebijakan Komunikasi Pembangunan Pertanian Dan Pedesaan.” Jurnal Komunikasi 11, no. 2 (2014): 126– .37

Sopiah, N. (2022). Peran Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(3), 105-112.

Suharto, B., Lestari, I., & Rahma, E. (2020). Komunikasi partisipatif untuk pembangunan masyarakat. Jurnal Komunikasi dan Partisipasi Publik, 29(2), 22–32.

Sujanto, H. (2023). Perubahan Sosial di Indonesia pada Era Digital. Jurnal Sosial Indonesia, 21(4), 56-64.

Sukma, R. (2023). Strategi pemberdayaan perempuan melalui pendidikan dan pelatihan. Bandung: Penerbit Pustaka Setia, hal. 112.

Sukmawati, E., Kartika, N., & Priyanto, D. (2019). Pola komunikasi komunitas lokal dalam pemberdayaan perempuan. Jurnal Komunikasi dan Transformasi Sosial, 17(3), 13–21.

Sulaiman, Adhi Iman, Toto Sugito, and Ahmad Sabiq. “Komunikasi Pembangunan

Suryani, M., Hidayah, R., & Setyawan, W. (2020). Partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan komunitas. Jurnal Studi Perempuan, 36(1), 30–42.

Susanti, A. (2023). Pemberdayaan perempuan di pedesaan melalui media lokal. Yogyakarta: Penerbit Gadjah Mada University Press, hal. 90.

Susilo, M. (2023). Peran perempuan dalam pembangunan sosial-ekonomi Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga, hal. 71.

Sutrisno, H. (2022). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(3), 109-116.

Syafira, A., Kurniawan, D., & Putri, R. (2021). Pengaruh media digital terhadap pemberdayaan perempuan di Indonesia. Jurnal Komunikasi dan Pemberdayaan, 14(1), 12–18.

Syafira, L. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Pendidikan dalam Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(4), 73-81.

Tari, S. (2023). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Modern. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(2), 40-48.

Teguh, D. (2023). Inovasi dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 16(1), 51-58.

Teknik, Jurusan, and Mesin Fakultas. “Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Menyelesaikan Program Studi Strata I Pada Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik,” 2016.

Tjiptaningsih, Wahyu. “Pemberdayaan Perempuan Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha Perempuan Di Desa

Utami, I. (2023). Pengaruh pelatihan dan pendidikan terhadap pemberdayaan perempuan. Bandung: Penerbit Pustaka Setia, hal. 91.

Viona, F. (2019). Pengaruh komunikasi pembangunan terhadap kesetaraan gender di Indonesia. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya, hal. 45.

Wahyuni, F., Putra, A., & Indah, Y. (2021). Pemberdayaan perempuan dalam perspektif budaya lokal. Jurnal Budaya dan Perempuan, 54(1), 50–61.

Wayan, Ni, Giri Adnyani, and Marlinda Irwanti. “Seminar Nasional Pariwisata Dan

Widodo, M. (2019). Keterlibatan perempuan dalam pembangunan berbasis masyarakat. Jakarta: Penerbit Rajawali, hal. 75.

Widya, N. (2022). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(1), 85-92.

Wijaksana, A., Kusnadi, H., & Sari, R. (2022). Dampak komunikasi komunitas terhadap perubahan sosial perempuan di pedesaan. Jurnal Perubahan Sosial dan Gender, 91(2), 85–97.

Wijaya, P., et al. (2023). Komunikasi berbasis komunitas dalam pemberdayaan perempuan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, hal. 108.

Wijayanti, F., Sutrisno, D., & Kusnadi, P. (2019). Analisis peran komunitas lokal dalam pemberdayaan perempuan. Jurnal Pembangunan Wilayah, 28(3), 20–30.

Wulandari, Ai Namira, and Neng Rini. “Strategi Pemberdayaan Perempuan Berbasis Ekonomi.” Proceeding Seminar & Call For Papers, 2021, 176–81.

Wulandari, T. (2019). Perempuan dan peranannya dalam pembangunan ekonomi. Jakarta: Penerbit Gramedia, hal. 111.

Yohana, Nova. “Perencanaan Komunikasi Pemerintah Daerah Kabupaten Siak Dalam Implementasi Kebijakan Pembangunan Kabupaten Layak Anak (Kla).” Jurnal Riset Komunikasi 1, no. 1 (2018): 170–79. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.23.

Yuliana, R. (2022). Evaluasi Sistem Pendidikan di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 19(2), 77-85.

Yulianto, W. (2023). Pengaruh komunikasi pembangunan terhadap pemberdayaan perempuan. Yogyakarta: Penerbit Gadjah Mada University Press, hal. 49.

Yuniar, D., Saputra, R., & Kurniawan, L. (2020). Kajian literatur: Hubungan komunikasi komunitas dengan pemberdayaan gender. Jurnal Kajian Gender dan Media, 40(4), 35–46.

Yunita, M. (2023). Komunikasi sosial untuk pemberdayaan perempuan di desa. Semarang: Penerbit Semarang Press, hal. 27.

Yusra, S. (2023). Pendidikan Berbasis Teknologi: Peluang dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Berbasis Teknologi, 22(1), 92-99.

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

Heni Setiawati, Firmansyah, I., Salsabila, R. M., & Purwanto, E. (2025). Komunikasi Pembangunan Berbasis Komunitas dalam Upaya Pemberdayaan Perempuan . Interaction Communication Studies Journal, 1(4), 20. https://doi.org/10.47134/interaction.v1i4.3586

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.