Pengaruh Media, Budaya, dan Pendidikan Karakter Lingkungan pada Anak Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.47134/converse.v2i1.4290Keywords:
Media Pendidikan, Budaya Lokal, Pembentukan Karakter, Pendidikan Lingkungan, Pengembangan Generasi MudaAbstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan memperkuat identitas budaya, terutama di tengah tantangan globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran media serta integrasi budaya lokal dalam membangun pendidikan karakter lingkungan pada anak usia sekolah. Dengan menggunakan metode studi literatur kualitatif, penelitian ini menyintesis hasil-hasil penelitian terkini yang relevan, baik dari jurnal nasional maupun internasional. Hasil kajian menunjukkan bahwa media, khususnya media sosial, memiliki efektivitas tinggi dalam meningkatkan kesadaran dan sikap pro-lingkungan, meskipun masih terdapat kesenjangan antara pengetahuan dan tindakan nyata. Di sisi lain, pengintegrasian budaya lokal dalam pendidikan karakter terbukti mampu memperkuat identitas budaya serta menanamkan nilai-nilai moral seperti tanggung jawab dan kerja sama. Studi ini menegaskan pentingnya pendekatan pendidikan yang holistik dan berbasis budaya untuk membentuk generasi muda yang berkarakter kuat dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan.
References
Çupi, D. (2023). The Contribution of the Media in Raising Public Awareness on the Environment. In Environmental Debates in Albania (pp. 235–244). Springer Nature Switzerland. https://doi.org/10.1007/978-3-031-39760-8_10
Mardhatillah, M. (2021). MEDIA LEARNING FOR EARLY CHILDHOOD IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION. Sensei International Journal of Education and Linguistic, 1(4), 861–871. https://doi.org/10.53768/sijel.v1i4.109
Murtako, M. (2015). CULTURE-BASED CHARACTER EDUCATION IN MODERNITY ERA. Ta’dib, 20(1), 149. https://doi.org/10.19109/td.v20i1.326
Nasaruddin, N., Maulana, I., & Safrudin, Moh. (2024). Analysis of the Implementation of Character Education Based on Local Culture in Indonesia. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2). https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.4799
Oktaviani, I., Triana, T., & Purwanto, E. (2024). Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Duta Abdimas, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.47701/abdimas.v3i1.3765
Pratiwi, D. P., Saniro, R. K. K., & Hawa, A. M. (2023). The Functions of Films for Children as Learning Media in Children’s Education. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 12–17. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6528
Rahman, T., Yufiarti, & Nuraini, Y. (2023). Analysis of the Use of Learning Media in Early Childhood Education. Scientia, 2(2), 146–149. https://doi.org/10.51773/sssh.v2i2.244
Silva, T. F. M. da, Rasinski, L. A., & Inglez, E. F. (2023). Indigenous education as cultural preservation and appreciation of past experiences. Seven Editora. https://doi.org/10.56238/sevened2023.006-002
Suhartono, S., Mawarti, N. S., Mawardi, A., Sukadi, S., Sujanto, S., & Pebriyanto, H. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kebudayaan Sekolah di Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Literatur). ANWARUL, 2(6), 498–508. https://doi.org/10.58578/anwarul.v2i6.733
Sulanam, S., & Huda, M. N. (2023). Preservation of Community Values: Study of the Samin Bojonegoro Teaching Transformation Model Through the Education Unit Curriculum. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 23(1), 41–64. https://doi.org/10.21580/dms.2023.231.13322
Suparjan, S., Tawakkal, T., Humairah, A. E., Harpina, H., Madjid, T., Ismiyani, N., & Syarif, I. (2024). Integrating Indigenous Traditions into Character Education: Insights from Primary School Teachers. Ta’dib, 27(2), 321. https://doi.org/10.31958/jt.v27i2.11967
Valkanova, V., & Mihailov, N. (2024). Perspective Chapter: Sustainability and Media Influence – The Role of Global Media in Creating a New Environmental Culture. https://doi.org/10.5772/intechopen.1005581
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lintang Larasati, Beirutina Hizbul Azis, Nayla Syifana Anasyahrie, Naysilya Azzahra Fitriani, Eko Purwanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.