Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Implementasi Program Magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Studi: Mahasiswa Mitra Kampus Merdeka PT. Bank BTPN Syariah)

Authors

  • Fathurrahman Arrasyid Universitas Gunadarma, Indonesia
  • Emilianshah Banowo Universitas Gunadarma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47134/converse.v1i3.3590

Keywords:

Magang Merdeka, Kampus Merdeka, Persepsi Mahasiswa, PT. Bank BTPN Syariah

Abstract

Program Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di perguruan tinggi merupakan langkah yang diambil pemerintah, khususnya oleh Menristekdikti, untuk menyiapkan mahasiswa yang responsif terhadap setiap perubahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap implementasi Program Magang Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, dengan fokus pada Mahasiswa Mitra Kampus Merdeka PT. Bank BTPN Syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Triangulasi sumber dan Teknik juga digunakan untuk memastikan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap program ini, dengan dukungan yang diberikan oleh Bank BTPN Syariah yang memberikan dampak signifikan terhadap pengalaman dan perkembangan mahasiswa selama program magang, terutama dalam hal peningkatan keterampilan praktis dan pemahaman industri. Salah satu bentuk dukungan utama adalah bimbingan intensif dari mentor yang berpengalaman, di mana setiap mahasiswa mendapatkan pendampingan langsung dari mentor untuk membantu memahami tugas dan tanggung jawab secara profesional. Mahasiswa juga mendapatkan pengalaman kerja nyata yang relevan dengan karir masa depan mereka, serta memperluas jaringan profesional. Meskipun demikian, terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki, seperti kurangnya orientasi yang komprehensif, ketidakjelasan dalam komunikasi, dan sistem pendaftaran yang dianggap kurang transparan. Teori Konstruksi Sosial digunakan untuk melihat bagaimana persepsi mahasiswa dibentuk melalui interaksi sosial selama program berlangsung.

References

Abdurrahman, D., Pambudi, A., & Nurhasanah, N. (2021). Persepsi Mahasiswa Universitas Esa Unggul Terhadap Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Aeshetika, N. M. (2018). Komunikasi interpersonal. Umsida Press.

Aminudin, A. (2021). Persepsi Masyarakat Dki Jakarta Tentang Pemberitaan Penanganan Wabah Covid-19 Di Wilayah Dki Jakarta.

Ananda, F. A., Pudjianto, S. Y., & Hanum, A. N. A. (2022). Persepsi mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas tanjungpura pontianak mengenai infodemi covid-19 di youtube.

Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi interpersonal.

Apriyanti, Y., Lorita, E., & Yusuarsono, Y. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah.

Asmanidar, A. (2021). Suluk dan Perubahan Perilaku Sosial Salik (Telaah Teori Konstruksi Sosial Peter L Berger dan Thomas Luckman).

Aswita, D. (2022, June). Merdeka belajar kampus merdeka (MBKM): inventarisasi mitra dalam pelaksanaan magang Mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.

Borel, D. A., Young, J. K., Martin, G. E., Nicks, R. E., Mason, D. D., & Thibodeaux, T. N. (2019). School Principal Interns' Perceived Level of Preparedness for Technology Leadership.

Deriyanto, D., & Qorib, F. (2019). Persepsi mahasiswa universitas tribhuwana tunggadewi malang terhadap penggunaan aplikasi tik tok.

Dharma, F. A. (2018). Konstruksi realitas sosial: Pemikiran Peter L. Berger tentang kenyataan sosial.

Fahrudin, A., & Fauziah, A. (2020). Persepsi Mahasiswa Iain Tulungagung Terhadap Pelaksanaan Program Magang Di Mtsn 2 Kota Blitar.

Guntara, I. R., Yazid, T. P., & Rumyeni, R. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK KELUARGA BERENCANA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN KAMPAR MENUJU KOTA LAYAK ANAK TINGKAT UTAMA.

Hadiwijaya, A. S. (2023). Sintesa Teori Konstruksi Sosial Realitas Dan Konstruksi Sosial Media Massa.

Haji, W. H., Ariestianie, R. A., Intikhobah, I., & Jalil, A. (2019). Buku Panduan Pelaksanaan Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi

Hermanto, L., Rosadi, A., & Kurniawan, D. (2023). Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Dalam Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pada Universitas Mbojo Bima

Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif.

Jayanti, F., & Arista, N. T. (2018). Persepsi mahasiswa terhadap pelayanan perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura.

Komarudin, M., & Aziz, I. A. (2022). Analisis persepsi mahasiswa terhadap implementasi kurikulum merdeka belajar kampus mredeka (MBKM).

Kumara, A. R. (2019). Komunikasi Antar Pribadi. Penerbit Buku Deepublish.

Leha, E., Nona, R. V., Banda, F. L., Meke, K. D. P., Suryani, L., Supardi, P. N., & Djou, A. M. G. (2024). Persepsi Mahasiswa Tentang Desain Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat.

Mulyani, E., & Natalliasari, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematik Batik Sukapura.

Nashrullah, M., Maharani, O., Rohman, A., Fahyuni, E. F., Nurdyansyah, N., & Untari, R. S. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan. UMSIDA Press.

Padilah, N. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Individu Berkebutuhan Khusus.

Putriana, A., Kasoema, R. S., Mukhoirotin, Gandasari, D., Retnowuni, A., Aminah, R. S., Wiyati, E. K., Kato, I., Akbar, M. F., Yani, A. L., & Sari, I. M. (2021). Psikologi komunikasi. Yayasan Kita Menulis.

Ratnawita, S. E., Tamtomo, T., Muksin, N. N., Gunarso, S., Nataly, F., Suminar, M., Rosalina, I. F., Ashfahani, S., Maduratna, E. S., Saktisyahputra, S., Sakti, S. R. M., Zahara, N., Mustikadara, I. S., & Asiah, N. (2024). Pengantar ilmu komunikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Romdani, L. (2021). Teori Konstruksi Sosial: Sebuah Teori Bagaimana Warga Negara memaknai Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Masa Pandemic.

Sugiharto, M. A. (2019). Persepsi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Tentang Kemacetan di Kota Malang.

Sumarandak, M. E., Tungka, A. E., & Egam, P. P. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kawasan Monumen Di Manado.

Ule, M. Y., Kusumaningtyas, L. E., & Widyaningrum, R. (2023). STUDI Analisis Kemampuan Membaca Dan Menulis Peserta Didik Kelas Ii.

Uluwiyah, S., & Aliyyah, R. R. (2024). Pengabdian kepada Masyarakat: Persepsi Mahasiswa Magang di Thailand.

Umanailo, M. C. B. (2019). Paradigma konstruktivis.

Wakarmamu, T. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Eureka Media Aksara.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method).

Waskito, B., Verawati, N., & Pienrasmi, H. (2022). Persepsi Mahasiswa Yang Menghambat Adopsi Inovasi Bentuk Kegiatan Pembelajaran Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Downloads

Published

2025-01-22

How to Cite

Arrasyid, F., & Banowo , E. (2025). Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Implementasi Program Magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Studi: Mahasiswa Mitra Kampus Merdeka PT. Bank BTPN Syariah). CONVERSE Journal Communication Science, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/converse.v1i3.3590

Issue

Section

Articles